Refleksi Akhir Tahun 2013

By | December 31, 2013

Menjelang detik – detik terakhir tahun 2013, rasanya tak lengkap jika belum melakukan evaluasi rutin tahunan mengenai apa yang sudah tercapai di tahun 2013. Penting bagi saya, selain sebagai usaha refleksi juga sebagai cara untuk bersyukur atas karunia yang Tuhan berikan pada saya sepanjang tahun ini. Sehingga saya pun perlu menengok ke belakang, apa yang saya ingin capai.

Ini pencapaianku, kamu ?

Jasmani

Keinginan kuat saya untuk lebih kurus di tahun 2013 ini tercapai. Alhamdulillah, meski diawali dengan sakit tipus berat badan saya kembali ke berat Ideal. Tak tanggung – tanggung turun sebanyak 10 Kg dari di awal tahun beratnya 70 Kg. Banyak yang memberikan komentar ‘agak kurusan’ di pertengahan tahun. Ada juga yang menanyakan resepnya apa walaupun sebenarnya tak ada resep khusus. Saya yakin teman – teman pun bisa melakukannya asal : Konsisten. Cara saya menurunkan berat badan bisa dilihat disini.

Rohani

Ramadhan tahun ini, saya berhasil mengkhatamkan Qur’an. Dan Sepertinya sepanjang tahun ini hanya khatam 3 kali saja. Frekuensi shalat malam pun mulai bertambah meski akhir – akhir ini saya sering terlambat bangun pagi :-D. Sayangnya, hafalan Qur’an saya belum juga bertambah sejak awal tahun :'(

Pekerjaan

Karena belum melanjutkan sekolah, saya bisa lebih fokus pada pekerjaan. Sebagai guru, tahun ini saya senantiasa menemukan ide – ide baru dalam pembelajaran dan mulai terbiasa menyiapkan lesson plan (meski kadang masih suka bolong). Namun yang saya syukuri, saya dan teman – teman guru sudah terbiasa membuat rencana pembelajaran setiap hari Sabtu. Teman – teman guru pun semakin bersemangat dan rajin membaca. Karena tanpa membaca, mustahil mereka bisa mengajar mengingat sekolah kami tidak menggunakan buku teks sama sekali. Selain itu, Saya juga sudah dan terus menerapkan ilmu yang saya dapatkan selama pelatihan guru di sekolah Al-Falah di tahun kemarin.

Sayangnya saya belum bisa menginspirasi teman – teman guru untuk gemar menulis.

Di bidang web, proyek website sebuah perusahaan yang saya buat dengan pemrograman PHP Codeigniter akhirnya tuntas. Belum ada proyek lain, hanya maintenance beberapa web yang sudah saya buat. Seorang kakak kelas waktu kuliah, juga mengamanahkan saya mengelola web perusahaannya.

Tentang ngemsi, tahun ini terhitung hanya sebanyak 5 kali menjadi MC atau menjadi moderator di acara seminar parenting dan juga di beberapa akad dan resepsi pernikahan.

Keuangan

Memang ada kenaikan gaji tahunan dari yayasan tempat saya bekerja. Alhamdulillah tahun ini cukup dan tidak meninggalkan hutang sama sekali. Bahkan saya bisa menabung sedikit untuk bekal dede bayinya lahir nanti. Penghasilan dari kerja sampingan sebagai web programmer memudahkan saya membeli laptop baru (menyedekahkan laptop lama ke adik) serta satu gadget baru :-D.

Pendidikan

Tahun ini untuk meningkatkan skill sebagai guru, saya mengikuti beberapa training kependidikan seperti Magang Guru SD di sekolah Al-Falah, Pelatihan Guru Menulis di UNJ, serta Workshop Manajemen Sekolah yang diselenggarakan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) Bekasi. Untuk menambah wawasan saya juga hadir di Festival Gerakan Indonesia Mengajar serta beberapa kegiatan bedah Gerakan Indonesia Mengajar.

Meskipun di awal tahun saya bermimpi untuk menguasai pemrograman Android, namun nyatanya saya gagal. Saya sempat membuat dua aplikasi Android, satu untuk blog ini dan yang lainnya untuk aplikasi tim nasyid saya. Tapi itu tanpa menggunakan bahasa pemrograman sama sekali. Sedih nian… mungkin tahun 2014 nanti saya harus lebih fokus, atau bisa jadi mengganti fokusnya.

Blogging

Senangnya di tahun 2013 ini, saya berhasil mendapatkan 2 sertifikat dari Blogdetik karena telah berhasil menyelesaikan tantangan 30 Hari Nonstop nge-blog. Yah, meskipun tanpa gelar juara ๐Ÿ˜€ Setidaknya ini pencapaian luar biasa mengingat belum sekalipun dalam perjalanan saya nge-blog, berhasil menulis setiap hari. Namun sayangnya, saya sempat absen ngeblog akibat permasalahan hosting serta masalah fitnah sehingga saya pernah bermaksud untuk berhenti nge-blog.

Seperti tahun kemarin, ada event yang berkaitan dengan blog di dunia nyata yang saya ikuti. Kopdar Blogger Nusantara mempertemukan saya dengan teman – teman blogger yang sebelumnya hanya saya kunjungi blognya saja.

Demikian sedikit perjalanan saya selama tahun 2013. Sebenernya ada satu lagi resolusi yang belum tercapai : Menerbitkan Buku. Lagi – lagi saya menunda keinginan yang satu ini. Ternyata menulis non fiksi tidak semudah yang dibayangkan. Namun, selama tahun 2013 kemarin saya sudah menyicil menyiapkan bahan – bahan tulisan untuk buku saya nantinya. Mudah – mudahan tahun 2014 menjadi tahun yang tepat bagi buku saya tersebut.

Lalu, apa pencapaian teman – teman di tahun 2013?

 

10 thoughts on “Refleksi Akhir Tahun 2013

    1. bangsaid Post author

      ุขู…ููŠู‘ู†ู’โ€ฆ ุขู…ููŠู‘ู†ู’โ€ฆ ูŠูŽ ุฑูŽ ุจู‘ูŽู„ู’ ุนูŽู„ูŽู…ููŠู‘ู†ู’
      terima kasih ya

      Reply
  1. Pingback: 2014 dalam Impian

    1. bangsaid Post author

      Amin… selamat tahun baru juga mas Cum.
      Moga makin sukses dan eksis di blantika traveler se-Dunia

      Reply
    1. bangsaid Post author

      โ˜บHรซโ€ขโŒฃโ€ขhรซโ€ขโŒฃโ€ขHรซโ€ขโŒฃโ€ขhรซโ˜บ :p.. โ™“รฉยฒ :p.. โ™“รฉยฒ :p.. โ™“รฉยฒ :p

      ini yg baek2 aja. Yg ga tercapai jg ada.
      Intinya aih bersyukur mas Helga.

      Saya yakin jg pencapaian2 Mas Helga di tahun kemarin luar biasa ๐Ÿ˜‰

      Reply
  2. Penablog

    Wah hebat mas ternyata bukan cuma blogger tapi penulis buku juga, keren deh & semoga bisa cepat nulis buku lagi ๐Ÿ™‚

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *