Berani Bermimpi …

By | January 3, 2013

Ini adalah postingan pertama di tahun 2013. Ya, harusnya ini ditulis atau diposting di awal tahun kemarin. Namun, karena sejak 31 Desember 2012 hingga hari ini 3 Januari 2013 saya harus ikut Rapat Kerja sekolah di Puncak, saya baru berkesempatan menulisnya hari ini.

Ini soal resolusi, mimpi yang ingin saya wujudkan di tahun 2013 ini. Jika sebelumnya di tahun 2012 kemarin saya tidak mempublish rencana hidup setahun saya di blog, tahun ini saya ingin kembali menuliskannya seperti tahun – tahun sebelumnya. Pencapaian yang saya peroleh memotivasi saya untuk yakin bahwa ketika kita berpikir bisa, kita pasti bisa.

Dari sekian banyak aspek yang ingin diwujudkan adalah keinginan saya menorehkan tulisan tidak hanya diblog. Mimpi menerbitkan buku sudah lamaaa sekali digaung – gaungkan. Tapi karena memang tidak fokus dan sering patah semangat, buku tersebut tak kunjung terbit. Lantas kemudian saya bertanya kepada adik saya yang sudah menerbitkan bukunya serta membuat banyak orang di Indonesia membaca bukunya lewat training motivasi yang mereka berikan.

“De, tolong berikan abangmu ini semangat supaya bisa nulis buku seperti kalian.”

Lalu dia tersenyum (Padahal lewat chatting di Facebook, koq bisa tau ya sedang senyum :-D).

“Harus punya target, bang. Abang harus punya target waktu, kapan buku itu akan selesai.”

Saya pun mengangguk – angguk dan berusaha menerjemahkan pesannya dengan versi saya, bahwa saya harus punya target bulan apa atau bahkan tanggal berapa buku saya akan selesai ditulis.

Mimpi lainnya tentu tentang pekerjaan. Selain ingin menginspirasi anak didik saya, saya ingin sekali menginspirasi para guru bahwa menjadi guru itu adalah tugas mulia. Namun profesi guru adalah profesi yang tidak boleh berhenti belajar. Sehingga membaca adalah rutinitas yang diwajibkan. Menulis adalah kebutuhan. Saya berharap, teman – teman guru menjadi model anak didiknya dengan rajin membaca, serta suka menulis. Karena dengan menulis, misalnya di blog, mereka dapat menginspirasi guru – guru di luar sana.

Soal rohani, tentu saya ingin ada perbaikan dibandingkan dengan tahun 2012. Kadang saya iri dengan kakenya istri yang bisa rutin bangun di awal pagi. Iri pada Ustadz Abu Syauqi yang sungguh disiplin setiap malam menyempatkan shalat malam, bermunajat pada Tuhan. Jujur, saya melihat mereka yang rajin menghabiskan malamnya dengan ber-tahajud jauh lebih sehat dan bahagia.

Karena berat badan saya semakin berlebih, untuk jasmani saya akan merutinkan berolahraga setiap hari atau minimal 3 hari dalam seminggu. Sebenarnya sekarang juga sudah rutin seperti itu. Mudah – mudahan bisa ditingkatkan lagi di tahun ini. Minimal berat badan kembali kepada kondisi ideal. Jujur, banyak yang bilang gemuk itu jelek. Heheh, semoga mereka yang gemuk tidak tersinggung.

Saya memang ingin sekali melanjutkan kuliah S2. Peluang beasiswa dari kampus sebenarnya terbuka lebar. Sayang saya harus ikatan dinas menjadi dosen dengan pola 2n+1 alias 5 tahun :-(. Sementara ini keinginan melanjutkan S2 ditunda dulu sambil berkonsentrasi penuh pada pekerjaan.

Mengenai ilmu yang ingin saya kuasai di tahun ini adalah pemrograman Android. Mudah – mudahan ada 1 aplikasi yang bisa saya buat yang bermanfaat bagi banyak orang. Tahun kemarin saya berhasil membuat aplikasi SMS Gateway yang bisa dimanfaatkan sekolah tempat saya mengajar sebagai gerbang komunikasi antara orang tua dan sekolah secara jarak jauh.

Mungkin yang saya tulis kebanyakan. Mimpi sekalipun itu sedikit tidak ada artinya jika tidak diiringi dengan semangat dan kerja keras untuk mewujudkannya. Bismillah… mudah – mudahan satu persatu mimpi – mimpi saya bisa terwujud.

APa mimpi kalian di tahun ini, kawan?

 

sumber gambar : quickfuture.blogspot.com

12 thoughts on “Berani Bermimpi …

  1. SDN 22 Talang kelapa

    Kalo ngintip Tulisannya "profesi guru adalah profesi yang tidak boleh berhenti belajar."
    Prakteknya kalo Mendekati Di Usia pensiun dah Banyak Halangan nya Bang"

    Oyah
    Ajarin Dunk Bang buat SMS "Gateway" nya hhehe

    Reply
  2. bangsaid

    Bukannya kalo dalam agama Islam itu, menuntut ilmu sampe liang lahat?
    Kan banyak cara utk belajar, tidak sekedar di bangku formal 🙂

    Soal SMS gateway, sebenerya banyak tutorialnya koq. Bahkan ada bukunya. ( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)๏ђέђέђέђέ๏( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)

    Reply
  3. MdarulM

    Mimpi yang sulit akan tetapi Insya Allah bisa….bisa rutin update blog, meski tidak setiap hari yang pasti bisa update blog 🙂

    Reply
  4. arif

    untuk resolusi s2, banyak sekali beasiswa kok mas, rajin2 nyari aja, semoga mimpi2nya tercapai, selamat menikmati awal tahun baru 🙂

    Reply
  5. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Makasih mba Myra

    Reply
  6. bangsaid

    Ya, memang sedang hunting beasiswa S2. Erasmus Mundus sih, cuman keknya belom tahun ini.
    Terima kasih mas Arif supportnya

    Reply
  7. ibnu ch

    Semoga semuanya segera terkabul dn terealisasi bangsaid…bukunya saya tunggu untuk segera terbit…
    untuk sms gateway, wuih keren..pengen bikin…tutorialnya dong bang??h ehhee

    Reply
  8. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Terima kasih support dan doanya

    Tutorial SMS Gateway sebenernya sih banyak di internet. Mungkin nanti ditulis deh, kapan ya? Semoga terealisasi

    Reply
  9. Pingback: Refleksi Akhir Tahun 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *