Lembah Anai, Air Terjun Unik dengan Pemandangan Fantastis

By | June 24, 2015

Wilayah yang berbukit bukit dan memiliki banyak gunung menyebabkan Indonesia juga kaya akan air terjun. Tercatat di wikipedia, negeri kita ini memiliki ratusan air terjun yang tersebar di pulau Sumatera hingga Papua. Saya sendiri sangat menyukai wisata air terjun karena di tempat saya yang saya tahu satu-satunya air terjun ada di Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah. Dan saya baru dua kali kesana. Tentang berwisata ke air terjun, terakhir baru-baru ini saya dan istri mengajak Al berwisata ke salah satu air terjun di Bogor, Jawa Barat.

Air terjun juga dikenal dengan nama Curug. Di Sumatera Selatan nama lainnya adalah Curup.

Nah, kalau air terjun di Bogor sudah beberapa kali tampil di Blog ini. Kali ini saya akan bercerita tentang sebuah air terjun yang unik. Bukan di Pulau Jawa, namun nun jauh di Sumatera Barat sana. Namanya Air Terjun Lembah Anai (Wah… orang minang pasti kenal ya :-D).

Kenapa saya sebut unik? Karena air terjun ini terletak persis di pinggir jalan. Persisnya di jalan lintas Sumatera yang menghubungkan kota Padang dan Bukit Tinggi. Nah, jikalau mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Sumbar dan berniat ke kota Bukit Tinggi, pasti akan melewati air terjun Lembah Anai ini.

Lembah Anai ~ diambil dari dalam mobil yang saya tumpangi

Lembah Anai ~ diambil dari dalam mobil yang saya tumpangi

Karena persis di pinggir jalan, pecikan air terjun setinggi 35 meter ini mengembun dan membasahi kaca depan setiap kendaraan yang melintas di dekatnya. Saya pun tak mau ketinggalan mengabadikannya dari dalam mobil. Syukur alhamdulillah, saat perjalanan pulang dari Padang Panjang saya berkesempatan singgah dan ber-selfie ria di air terjun ini.

Di sekitar air terjun terdapat banyak warung dan lahan parkir yang cukup. Disini juga kita bisa membeli aneka oleh-oleh khas minang mulai dari makanan hingga hasil kerajinan. Untuk mencapai lubuk tempat jatuhnya air, kita sebelumnya harus membayar tiket masuk kawasan wisata. Kalau tidak salah waktu itu (Juni 2014) sekira Rp 7.000,00. Cukup murah. Setelah membayar tiket, kita akan berjalan menapaki batu-batuan bertingkat mirip anak tangga.

Tidak Lupa : Selfie

Tidak Lupa : Selfie

Kita juga diijinkan untuk mandi di lubuknya lho. Disana juga disediakan kamar bilas dan kamar ganti bagi mereka yang menghabiskan waktunya dengan mandi di lubuk. Airnya sangat dingin karena memang sumber mata airnya berada di Gunung Singgalang. Seperti tempat wisata pada umumnya, disana juga banyak orang yang menawarkan jasa foto langsung jadi berlatar Lembah Anai.

Foto lainnya bisa dilihat disini :


Photo Gallery by QuickGallery.com

6 thoughts on “Lembah Anai, Air Terjun Unik dengan Pemandangan Fantastis

    1. bangsaid Post author

      Saya kalau ada kesempatan juga mau kesana lagi. Mungkin nanti sama anak-istri

      Reply
    1. bangsaid Post author

      DI Garut juga banyak wisata yang bagus kan? Kapan waktu saya kesana deh

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Ngga.. cuman kucek-kucek kaki aja disini. Sama cuci muka. Sapa tau bikin awet muda :))

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *