Gaya Hidup Sehat ala @abidabidin

By | June 28, 2015

Sewaktu Al, anak saya, terkena flu singapura beberapa waktu lalu saya sempat sharing dengan beberapa teman saya. Salah satunya adalah Zainal Abidin atau yang lebih dikenal dengan @abidabidin (di twitter). Sahabat yang sekarang tinggal dengan keluarga kecilnya di Bandung ini berbagi tentang tips hidup sehat yang mereka jalani sekeluarga sehingga baik dia, isteri, maupun anaknya jarang sekali sakit.

Betul, tubuh yang sehat adalah dambaan setiap insan. Sehingga banyak cara yang ditempuh untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Namun pada dasarnya, kesehatan berkaitan erat dengan imunitas. Tubuh yang sehat bermula dari imunitas yang baik. Sistem imun yang dimiliki oleh tubuh bekerja dengan maksimal merupakan sistem alami perlindungan tubuh dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Inilah yang kemudian disarankan oleh sahabat saya tersebut. Jikalau ingin sehat, sistem yang sudah Allah Swt berikan ini dijaga dengan baik sehingga dapat bekerja optimal pada waktunya (saat zat asing masuk ke dalam tubuh).

Berikut ini ikhtiar yang diterapkan oleh teman saya untuk menjaga imunitas tubuhnya sekeluarga :

* Minum madu dan Lemon hangat di pagi hari

Lemon maupun madu bila dikonsumsi secara bersamaan maupun terpisah, sangat bermanfaat bagi tubuh. Lemon dan madu bersifat antibakteri dan antioksidan yang juga bermanfaat bagi kulit. Selain itu, mengkonsumsi air hangat bercampur lemon dan madu dipagi hari membantu membuang racun dari dalam tubuh yang masuk bersamaan dengan makanan berlemak atau berminyak yang kita makan di malam hari.

* Makan buah, 30 menit sebelum makan besar

Dulu mungkin makan buah sebelum makan nasi bisa dibilang aneh. Kebanyakan orang memang lebih memilih buat sebagai dessert atau penutup. Padahal kebiasaan demikian justru tidak aman bagi pencernaan karena buah yang dikonsumsi keburu busuk di dalam lambung.

Nah, yang baik adalah makan buah 10-30 menit sebelum makan nasi. Karena, nutrisi buah bisa diserap tubuh lebih sempurna jika dibandingkan mengkonsumsi buah setelah makan nasi.

* Olahraga minimal 3 jam seminggu

Tidak dipungkiri kalau olahraga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Jadi jangan lupa berolahraga sesering mungkin. Tidak perlu yang berat, cukup jadikan kebiasaan. 3 jam dalam hitungan teman saya ini tidak harus diporsir seminggu sekali dengan waktu 3 jam. Namun bisa dilakukan minimal setengah jam sehari selama 6 hari.

* Gunakan minyak zaitun

Minyak Zaitun atau Olive Oil

Minyak Zaitun atau Olive Oil

Memang harganya lebih mahal dibandingkan minyak goreng. Tapi manfaatnya jauh lebih besar. Minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menyehatkan jantung. Utamakan penggunaan minyak zaitun untuk aneka masakan seperti oseng-oseng, tumis, membuat telur mata sapi atau telur dadar.

* Minum air putih

Memperbanyak konsumsi air putih sangat menyehatkan tubuh. Minum 2 liter air setiap hari adalah kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi agar tubuh tetap bugar.

Demikian tips hidup sehat ala teman saya, Zainal Abidin. Kalau teman-teman yang lain boleh tambahkan gaya hidup sehat yang teman-teman jalani setiap hari di kolom komentar. 🙂

11 thoughts on “Gaya Hidup Sehat ala @abidabidin

      1. bangsaid Post author

        【✖サⅰ..サⅰ..サⅰ..✖】
        Pinjem kisahnya yaa

        Reply
    1. bangsaid Post author

      :D°˚˚°º»(y);)Sïïïρ:DŠïïïρ:D(y)º°˚˚°º;)

      Reply
  1. Keke Naima

    Kalau saya problemnya itu suka kurang konsisten. Kalau lagi rajin pola hidup sehat, semangat banget. Tapi nant kendor lagi semangatnya 🙂

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Sama sih sebenernya mba. Tapi menyiasatinya bisa dengan saling mengingatkan suami-isteri.
      Makanya hal kayak gini enaknya diobrolin berdua 🙂

      Reply
  2. Nadira Aliya

    Mantap tips gaya hidup sehatnya, Bang Said. Tambahan dari saya adalah pikiran yang sehat seperti berpikir positif dan bebas stres agar kita bersemangat menjalani hidup sehat. Betul, gak?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *