Menentukan Ide Bisnis UKM Rumahan yang Menguntungkan

By | April 7, 2016

Bisnis yang dimulai dan ditekuni dari dalam rumah atau bisnis rumahan menjadi salah satu jenis bisnis UKM yang sering dijadikan pilihan. Pelakunya pun tidak terbatas kepada ibu rumah tangga bahkan suami pun bisa terjun sendiri untuk menekuninya. Usaha rumahan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan terlebih dengan segala kelebihan yang dimiliki. Seseorang bisa tetap menjadi pebisnis disamping itu mampu menata dan mengatur rumah dengan baik.

Berpenghasilan dari dalam rumah memang terdengar sangat menyenangkan dan mudah saja untuk dilakukan. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa menyediakan meja di depan rumah sudah bisa menjadi lapak usaha. Namun sesederhana itukah bisnis rumahan? Ternyata jawabannya tidak, ada trik tersendiri supaya bisnis rumahan benar-benar menghasilkan. Tidak sedikit bisnis yang dimulai dari rumah sendiri tidak berkembang sesuai harapan dan memutuskan gulung tikar.

Perlunya Memilih Bisnis Menguntungkan

Menjalankan bisnis rumahan ternyata perlu perencanaan yang baik supaya bisa dikembangkan dan semakin besar. Pertumbuhan usaha rumahan tidak terlepas dari pemilihan ide bisnis yang mumpuni dan memiliki masa depan. Ada kriteria berikut yang menjadikan ide bisnis rumahan menjanjikan atau sebaliknya:

  1. Menyesuaikan dengan keahlian,
    Mengetahui keahlian yang dimiliki sangat penting sebab bisnis UKMrumahan menuntut pebisnis tersebut mengelola usaha sekaligus rumah. Ketika menyesuaikan dengan keahlian maka nyaris tidak ada kendala berarti, misal yang ahli membuat kue. Maka bisa berkreasi tanpa batas membuat kue yang enak dan sedap dipandang sehingga laku keras.

    Bisnis Katering atau Jualan Kue Basah, selain sesuai hobi juga cukup menguntungkan

    Bisnis Katering atau Jualan Kue Basah, selain sesuai hobi juga cukup menguntungkan

  2. Bisnis yang tidak menyita banyak waktu,
    Bekerja dan berpenghasilan sembari memperhatikan rumah dan anak-anak tentunya perlu mengatur waktu dengan cermat. Maka supaya bisnis rumahan yang dijalankan tidak mudah tumbang di tengah jalan pilih saja yang tidak memakan banyak waktu. Sehingga ada waktu tersendiri untuk mengurus rumah, mengurus anak-anak, dan waktu khusus untuk menekuni bisnis tersebut. Jika mengambil bisnis yang membutuhkan waktu secara total maka efeknya akan sama dengan bekerja kantoran yang sulit memperhatikan kebutuhan anak dan rumah.
  1. Sebuah bisnis yang memberikan keuntungan lumayan,
    Bisnis rumahan yang menyita semua energi sebab mengurus rumah sembari bisnis membuat waktu pribadi semakin langka. Akan sangat merugi bagi pelakunya jika bisnis tersebut tidak kunjung memberikan penghasilan. Maka pilih ide bisnis rumahan yang mampu mendatangkan keuntungan besar, misal berjualan produk rumahan secara online. Sehingga setelah produknya ready tinggal diupload dan menunggu adanya respon baru kemudian mengurus pesanan yang masuk. Pengorbanan modalnya terbatas namun keuntungannya bisa dirasakan dengan cepat.
  1. Kebutuhan modal yang cukup terbatas,
    Bisnis rumahan juga sebaiknya idenya dipilih berdasarkan kebutuhan modal yang tidak terlalu besar dan memberatkan. Modal yang kecil sehingga bisa dimulai kapan saja kemudian tidak membuat kepala pusing memikirkan modal diambil darimana. Bisnis rumahan yang dikelola sembari menata kesibukan khas rumahan lainnya akan lebih mudah dijalankan. Ketika modal pengerjaan dan pengadaan barang dagangan tidak membutuhkan seluruh isi tabungan.

    Bisnis PPOB selain tak perlu modal besar, juga minim resiko

    Bisnis PPOB selain tak perlu modal besar, juga minim resiko

  1. Sebaiknya bisnis yang resikonya terbatas,
    Semua bisnis tentu memiliki resiko, termasuk juga bisnis UKM seperti bisnis rumahan yang tetap saja ada resikonya. Kesibukan yang padat membuat pelaku bisnis rumahan harus teliti memilih bidang bisnis yang dilakoni. Salah satunya memperhatikan faktor resiko yang sebaiknya lebih kecil atau terbatas sehingga jika ada resiko tidak terlalu terbebani. Salah satunya dengan menjadi reseller yang tidak ada resiko barang menumpuk dan sulit laku.

2 thoughts on “Menentukan Ide Bisnis UKM Rumahan yang Menguntungkan

  1. Maullana

    Nice artikel gan.. Informasi dan panduan yang bermanfaat ketika kita ingin menjalankan bisnis ukm rumahan. Terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.