Inilah Manfaat Berjalan Kaki untuk Diri dan Lingkungan

By | March 12, 2016

Sudah empat hari ini memilih jalan kaki ke warung atau minimarket dekat rumah. Jaraknya dibilang dekat juga ngga. Tapi lumayan bisa jalan kaki 5-15 menit untuk sekali jalan sampai balik ke rumah.

Pilihan berjalan kaki diambil karena sudah hampir sebulan ini saya kurang olahraga. Terasa benar ketika dua kali menjelajah Singapura dan Malaysia di Bulan Februari kemarin. Lelahnya luar biasa. Sehingga, sejak pulang dari sana awal bulan Maret ini saya sudah bertekad untuk memperbanyak berjalan kaki dan mulai merutinkan olahraga lagi.

Selain sebagai olahraga yang ‘murah’, berjalan kaki saya pilih juga dikarenakan memiliki efek yang baik untuk lingkungan. Toh tak terlalu jauh. Dari pada menggunakan kendaraan bermotor yang akan menambah emisi gas serta polusi udara, berjalan kaki lebih bersih dan bagus untuk bumi yang semakin menua ini. Lagi pula, ini menghemat penggunaan bahan bakar yang berimbas juga pada penghematan pengeluaran bulanan ?.

Jalan Kaki (Ilustrasi by www.dumblittleman.com)

Jalan Kaki (Ilustrasi by www.dumblittleman.com)

Selain manfaat yang sudah saya rasakan, ada banyak manfaat lain dari berjalan kaki, diantaranya :

Manfaat Bagi Kesehatan Fisik

Bagi kesehatan, sudah barang tentu berjalan kaki memiliki efek yang positif. Dengan berjalan kaki secara teratur membuat sistem pernapasan kita terjaga secara signifikan. Efek selanjutnya tentu kebugaran tubuh menjadi terjaga. Selain bagi sistem pernapasan, berjalan kaki juga bagus untuk tulang. Kerapuhan tulang atau osteoporosis di usia tua diakibatkan oleh massa tulang yang rendah serta kualitas jaringan tulang yang mempengaruhi kepadatannya. Pencegahannya memang harus rutin mengkonsumsi susu berkalsium tinggi. Namun juga harus dibarengi dengan rutin berjalan kaki, persis seperti iklan susu tinggi kalsium di televisi.

Bagi sistem peredaran darah, berjalan kaki sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Berjalan kaki membantu proses metabolisme tubuh agar berjalan lancar yang berimbas pada stabilnya tekanan darah. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja jantung lebih baik.

Manfaat Bagi Kesehatan Psikologis

Saya rasakan sendiri berjalan kaki membuat otak saya rileks. Padahal saya lebih sering berjalan kaki di sore atau malam hari. Apalagi kalau aktivitas ini dilakukan pada pagi hari di saat udara sedang segar-segarnya. Jalan kaki bisa menjadi sarana relaksasi, mengurasi rasa cemas, dan depresi.

Manfaat Bagi Kehidupan Sosial

Berjalan kaki terlebih di pagi hari jika dilakukan bersama-sama tentu akan mengeratkan hubungan sosial. Dalam lingkungan keluarga, kebiasaan berjalan kaki bersama pasangan dan buah hati sembari bercengkerama dapat meningkatkan rasa sayang antar anggota keluarga.

Manfaat Bagi Lingkungan Sekitar

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain bermanfaat untuk diri berjalan kaki juga memiliki dampak positif bagi lingkungan. Membiasakan berjalan kaki untuk jarak yang bisa ditempuh dengan berjalan ketimbang mengendarai kendaraan bermotor sudah pasti akan mengurangi polusi udara yang disebabkan asap kendaraan.

Dari sekian banyak manfaat berjalan kaki, sudah seharusnya ini menjadi sebuah rutinitas yang harus kita jalani demi hidup yang lebih baik saat ini dan di masa mendatang. Mulailah dari diri sendiri, dari yang kecil, dan mulai sekarang juga 😉

Clip to Evernote

4 thoughts on “Inilah Manfaat Berjalan Kaki untuk Diri dan Lingkungan

  1. Hastira

    aku mah dari dulu pejalan kaki maniak, setiap ahri jalan kaki keliling stadion, kemana2 pergi naik angkot dan banyak jalan kaki.

    Reply
  2. Blogger Indonesia

    Ini juga salah satu alasan kenapa banyak anak sekolah di pinggiran atau pelosok sehat-sehat mas. karena mereka biasa berjalan kaki, menariknya, mereka tidak merasa berat menjalaninya karena telah terbiasa..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge