Mengelola Banyak Blog dengan Niche Blog

By | September 20, 2013
Ketika mengikuti kegiatan Blogilicious tahun kemarin, salah satu pengisi materi membicarakan tentang Niche blog. Saat itu sebagai blogger saya hanya ‘asyik’ menulis saja tanpa memikirkan bagaimana mengelola blog yang ramai dikunjungi banyak orang dan bermanfaat bagi banyak orang. Niche blog merupakan blog dengan tema tertentu. Ibaratnya, blog yang kita kelola memberikan informasi dengan tema yang sama. 
Meskipun secara teori saya sudah tahu lama tentang Niche Blog ini dari beberapa tahun lalu, namun sampai sekarang saya juga belum serius untuk mengelola Nhice Blog. Saya memang memiliki satu blog lama saya di Blogspot yang bertema khusus tentang belajar mandiri, namun itu belum di-update dengan rutin dan hampir terbengkalai saat ini.
Mengelola banyak blog memang cukup sulit. Seperti kata salah seoarang sahabat blogger Kak Zizy, memiliki blog di banyak tempat ibarat beranak dimana – mana :-D. Belum lagi memikirkan bahan tulisan untuk di-posting setiap hari. Apalagi kalau isi blognya hampir sama (seperti tentang keseharian layaknya diary online), blogger seperti ini akan sulit membangun personal branding.
Nah, untuk menyiasatinya Niche Blog adalah pilihan tepat. Tak hanya bermanfaat bagi seorang Internet Marketer, blog dengan tema tertentu cocok untuk mereka yang mengelola banyak blog. Blog seperti ini akan menolong seorang blogger untuk lebih fokus dan mudah dalam mencari bahan tulisannya. Selain itu, dengan Niche Blog kita akan mendapatkan segmentasi pengunjung yang sesuai dan lebih spesifik karena pengunjung yang datang adalah pengunjung dengan minat yang sama.
Setelah mempertimbangkan masak – masak, saya pun akhirnya memutuskan blog saya lainnya di Blogdetik yang dipakai untuk mengikuti kontes #30HariNonStopNgeblog kemarin akan diisi dengan tema khusus. Biarlah blog yang ini menjadi blog bertema umum yang menjadi lahan curahan hati yang juga memuaskan hati penggemarnya *halah.
sumber gambar : afrid-fransisco.blogspot.com

4 thoughts on “Mengelola Banyak Blog dengan Niche Blog

  1. Fauzie

    Moga2 blog nichenya berjalan sukses.
    Numpang nanya, di blogdetik apa boleh memasang google adsense seperti blogspot ya ..

    Reply
  2. Wahyu Blahe

    Kesasar hingga ke blog bangsaid, karena blog dari kawan-kawan banyak di komentari si bangsaid, hehehe, salam kenal.. *blogger pemula yang ingin memperkenalkan diri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *