Masjid Al-Irsyad, Terinspirasi dari Ka’bah

By | August 15, 2011

image

image

image

Kamis (11/8) kemarin saya di ajak ke Living World oleh teman-teman untuk menonton Trasnformers 3D. Karena sebelumnya saya sudah menonton film ini meski tidak dalam format 3D, saya lebih tertarik untuk menonton Harry Potter 3D saja.

Saya sendiri meski sering lewat di depan Living World setiap berangkat kerja, ini merupakan kunjungan pertama ke Mal baru di Alam Sutera. Setelah memesan tiket untuk jadwal setelah shalat maghrib, kami bergegas mencari tempat buka puasa. Saat pencarian inilah mata saya tertuju pada sebuah pameran foto di lantai 1.

The Mosque, tajuknya. Pameran ini menyajikan bangunan – bangunan masjid termegah di dunia. Mulai dari Masjidil Haram sampai Masjidil Aqsa. Tak ketinggalan dari Indonesia sendiri ada 2 masjid yang masuk kategori.

Masjid pertama adalah Masjid Kubah Emas di Depok, sedangkan yang kedua adalah sebuah masjid yang menarik kekaguman saya.

Masjid Al-Irsyad namanya. Masjid ini terletak di Kota Baru Parahyangan. Sangat unik sehingga saya cukup lama mengamatinya. Keunikannya bermula dari bentuknya yang sangat berbeda dengan masjid pada umumnya di Indonesia.

Masjid ini tampak seperti kotak, namun sangat istimewa. Pada dinding masjid terdapat kaligrafi dua kalimat syahadat dalam bentuk 3 dimensi yang tersusun dari bata yang berlubang. Dari sela -sela lubang itulah berembus angin dan cahaya matahari.

Meski bangunan masjidnya hanya memiliki luas sekitar 1.100 meter persegi dengan daya tampung sekitar 1.500 jemaah, namun memiliki 99 buah lampu yang bertuliskan 99 nama suci Allah SWT atau Asmaul Husna. Pada malam hari, jika semua lampu itu menyala akan terlihat kemegahannya.

Yang makin membuat saya kagum adalah halaman dan bagian mimbar dan mihrab (Tempat Imam memimpin shalat). Mihrab Masjid ini sangat berbeda dengan masjid lainnya yang tertutup. Mimbar dan mihrab terbuka jelas serta dibangun di atas kolam ikan. Sunggu eksotis, ditambah lagi view pemandangan hijau pegunungan menambah kesejukan mata yang memandang.

Yang membanggakan, masjd yang dirancang oleh arsitek Indonesia, Ridwan Kamil ini masuk dalam 5 besar “Building of The Year 2010” untuk kategori rumah ibadah mengalahkan ribuan bangunan rumah ibadah lainnya di seluruh dunia.

Sampai saat ini sejak dibangun pada bulan September 2009 dan diresmikan pada bulan Agustus 2010 lalu, masjid Al-Irsyad menjadi salah satu wisata religi baik dari turis lokal, nasional, maupun mancanegara.

Insya Allah di lain kesempatan saya akan berkunjung kesana πŸ™‚

Sumber Foto : Indonesia Proud

6 thoughts on “Masjid Al-Irsyad, Terinspirasi dari Ka’bah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *