Banyak Tradisi Menyambut Ramadhan

By | July 31, 2011

image

image

image

image

Banyak tradisi yang khas menyambut datangnya bulan puasa layaknya tradisi padusan di daerah Jawa. Di daerah saya sendiri di Pulau Bangka, meski tidak dengan Padusan, menjelang Ramadhan biasanya diadakan pawai ta’aruf keliling kota sambil membawa poster2 dan juga membagikan jadwal Imsakiyah (jadwal puasa, beserta jadwal shalat).

Tradisi Pawai Tarhib ternyata tidak hanya dilakukan di daerah kelahiran saya, tapi juga di tempat tinggal saya yang sekarang yakni Kota Tangerang. Selain di komplek perumahan, saya juga terlibat aktif di pawai Tarhib di sekolah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sekolah tempat dimana saya mengajar juga mengadakan pawai Tarhib. Dan ini menjadi pawai tarhib pertama saya disini.

Untuk tahun ini, pawai dilakukan keliling perumahan diiringi dengan tim Marching Band dari kelas 6. Meskipun persiapannya hanya satu pekan, anak-anak Marching Band ini cukup tampil baik meski beberapa kali temponya sempat kacau:-D

Siang harinya setelah sarapan dengan spaghetti seluruh guru dan staff di semua sekolah di Yayasan yang sama diajak makan-makan di Rumah Makan Pondok Lauk Tangerang. Tak lupa menjelang puasa, kami semua bermaaf-maafan.

Kalau di daerah kalian, apa tradisinya?

*segera diupdate foto-foto pawainya di Picasa πŸ™‚

8 thoughts on “Banyak Tradisi Menyambut Ramadhan

  1. Rusa

    selamat menunaikan ibadah puasa. semoga lancar dan berkah yaaa. Aminnn

    postingan ini tak dianjurkan dibaca pas puasa, untung berkunjung malam ini πŸ˜€

    *fotonya itu lohhh πŸ˜€

    Reply
  2. a

    weeheeeeee seru seru,,, klo di tempat saya sepi,,, karena semua sibuk nyiapin kegiatan agustus tapi rasa juli haha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *