Spa Ikan, Sensasi Gigitan Ikan yang Menyehatkan

By | June 22, 2011

Spa (solus per aqua) Ikan, pernah dengar kan? Saya sebenarnya sudah tahu tentang spa ikan sejak 2 tahun terkahir. Paling sering sih lihat di Mall meski tak tertarik untuk mencobanya.

Spa sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno sebagai rahasia kecantikan dan kesehatan. Spa ikan sendiri sudah biasa dilakukan di Turki dan China. Tentunya tidak dengan sembarang ikan ya. Jenis ikan yang digunakan untuk spa ikan adalah piranha Ikan Garra Rufa. Ikan ini mempunyai kemampuan memakan sel kulit mati. Ikan ini sengaja diimpor dari Turki dan tidak akan bisa ditemukan di sungai – sungai di Indonesia, apalagi sungai Ciliwung. 😀

Akhir tahun kemarin saat libur natal, saya dan teman – teman berkesempatan mengunjungi Taman Wisata Matahari di Puncak, Bogor. Tak ada yang benar – benar spesial dari tempat wisata ini selain Rafting di sungai bebatuan (Saya lupa nama sungainya). Selebihnya permainan – permainan anak – anak tersebar di beberapa titik.

Tak pantas disebut tempat bermain, di Taman Matahari juga terdapat Spa Ikan. Nah, kali ini karena diajak oleh teman – teman saya akhirnya tertarik mencobanya. Lalu dengan gagahnya saya coba memasukkan kaki saya ke dalam air.

Oh No!!! Saya berteriak histeris begitu juga dengan ibu – ibu di dekat saya.

Serbuan Ikan Garra Rufa

Serbuan Ikan Garra Rufa

Geli, hihihi. Baru juga memasukkan kaki ke dalam air, ratusan entah mungkin lebih ikan Garra Rufa langsung menyerbu kaki saya. Rasanya seperti apa? Persis seperti orang kesemutan bercampur geli karena digelitik 😀

Lama kelamaan saya pun terbiasa dan ikut memasukkan tangan saya ke dalam air. Untunglah saya tidak kepikiran untuk memasukkan muka (supaya mulus maksudnya) karena tak bisa dibayangkan jika mulut bahkan hidung saya rame – rame diserbu Garra Rufa.

Spa Ikan yang Menyehatkan

Spa Ikan yang Menyehatkan

Sayangnya petugas Spa Ikan di Taman Matahari kelihatan seperti abal – abal. Ketika saya bertanya banyak tentang Garra Rufa, saya hanya disarankan membaca Giant Banner di bagian depan kios. Padahal sepengatahuan saya, ada prosedur khusus sebelum melaksanakan Spa Ikan. Contohnya, Petugas harusnya bertanya apakah pengunjung menderita penyakit tertentu karena ada beberapa penyakit tertentu yang penderitanya dilarang untuk melakukan Spa Ikan. Selain itu, sebelum memasukkan anggota tubuh ke air, bagian yang mempunya luka harus ditutup dengan plester.

Manfaat Spa Ikan

Manfaat Spa Ikan

Di tempat Spa Ikan Taman Matahari juga berkeliling liar pemijat tradisional. Jadi sembari menikmati sensasi gigitan ikan, badan hingga kepala kita dipijat dengan mesra.  Hanya saja biayanya cukup mahal, sekali pijat dikenakan biaya 15 ribu rupiah. Bisa kurang asal pintar menawar sekaligus merayu pemijatnya :D.

Tak perlu menunggu lama karena seiring berjalannya waktu dan habisnya sel kulit mati di kaki atau anggota badan yang lain, Ikan Garra Rufa pun akan meninggalkannya dan segera mencari ‘mangsa’ baru 😀

4 thoughts on “Spa Ikan, Sensasi Gigitan Ikan yang Menyehatkan

  1. iam

    Wahaha padahal coba aja mas, masukin wajahnya. Siapa tau tambah ganteng, terus bisa ngegaet cewek lagi deh :p

    Reply
  2. bangsaid

    Ownernya itu yang punya Matahari dept store jg ya pak?
    Maklum saya rada kuper. Liat logonya sih sama

    Reply
  3. Joko Sutarto

    Waktu ke puncak pertengahan februari 2011 kemarin saya lewat di depan Taman Matahari. Sayang sekali tak sempat mampir. Owner Taman Matahari adalah bapak Hari Darmawan. Dia dulu pemilik perusahaan tempat saya bekerja.

    Di mal di Jogja saya lihat juga ada spa ikan. Tapi saya belum pernah mencoba sensasinya. Gitu, ya rasanya, Mas? Boleh nanti sesekali saya tak coba. Pingin juga merasakan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *