CrossPress, Posting Blog Bisa Ikut Tampil di Multiply

By | June 21, 2011

Berapa blog yang anda kelola ?

Kebanyakan blogger punya lebih dari satu blog. Terlepas yang lainnya hanya digunakan sebagai backup saja. Saya sendiri punya banyak rumah di dunia maya. Ada di Multiply, Blogspot, Kompasiana (Yang ini baru beberapa hari bikin akun) serta di beberapa social media.

Untuk SocMed tentunya tidak menjadi masalah. Karena hanya beberapa karakter, posting di SocMed cukup intens. Tapi bagaimana dengan di Blog?

Seperti yang saya tulis sebelumnya disini, bahwa punya banyak blog cukup merepotkan. Tapi ya itu lho, punya satu repot. Punya Banyak ya juga repot. Lalu kenapa ngga pilih punya banyak aja? Begitulah jawaban mas @kurniasepta waktu saya tanyakan repotkah dia mengelola banyak blog.

Menyambung tulisan saya yang itu, akhirnya saya memutuskan bahwa Multiply saya akan menjadi Cross Blog dari blog utama saya ini. Kenapa demikian? Tentunya setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya bahwa komunitas pembaca di dua blog ini (Blog utama saya bangsaid.com serta blog multiply) berbeda. Teman – teman non Multiply User akan sangat kesulitan untuk berbagi komen di blog Multiply, tidak dengan sebaliknya. Selain itu, teman – teman saya di Multiply tentu juga punya hak menikmati tulisan saya di blog utama dan mendapatkan update di Inbox Multiply mereka tanpa harus membuka blog ini.

Karenanya saya iseng gugling (bertanya pada mbah Google) bagaimana caranya cross posting dari blog utama ini ke blog Multiply. Sayangnya, Multiply tidak menyediakan fasilitas cross-posting khusus dari WordPress.com maupun blog ber-CMS WordPress.

Ubek – ubek sana sini akhirnya saya menemukan plugin yang kemungkinan bisa digunakan untuk cross-post. Nama pluginnya CrossPress. Dengan plugin ini kita bisa meneruskan postingan blog kita ke blog lain di Live Journal, Blogspot, maupun Multiply. Lalu, bagaimana cara menggunakannya ?

Setelah mengisntall Plugin tersebut, masuklah ke halaman setting. Nah, ternyata plugin ini memungkinkan kita menggunakan fasilitas PIN Post by email yang disediakan oleh Multiply, Blogspot, maupun LiveJournal. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menge-set PIN tersebut di Multiply.

Klik My Account di Dashboard Multiply kemudian klik Posting via Email sampai muncul tampilan berikut :

Setting Multiply Post by Email

Setting Multiply Post by Email

Setelah selesai dan meng-klik tombol Save, saatnya untuk kembali ke setting CrossPress di Dashboard WordPress kita. Lalu masukkan PIN tersebut di bagian Secret PIN. Klik tombol Save, selesai.

crosspress

crosspress

Nah, selanjutnya kita tinggal menunggu tampilnya posting blog kita di Multiply.

5 thoughts on “CrossPress, Posting Blog Bisa Ikut Tampil di Multiply

  1. CrossPress, Posting Blog Bisa Ikut Tampil di Multiply - Bang Said

    CrossPress, Posting Blog Bisa Ikut Tampil di Multiply – Bang Said…

    […]Kenapa demikian? Tentunya setelah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya bahwa komunitas pembaca di dua blog ini (Blog utama saya bangsaid.com serta blog multiply) berbeda. Teman � teman non Multiply User akan sangat kesulitan untuk berbagi …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *