Rekening Bersama (RekBer) Solusi Belanja Online

By | June 23, 2011

Hari ini ada jadwal kuliah. Di sela mengerjakan Laporan Kerja Praktek (KP) mau tidak mau saya tetap harus mengerjakan tugas kuliah lainnya. Dan seharusnya hari ini saya akan presentasi di hadapan dosen dan teman – teman saya di mata kuliah E-Commerce. Tugas dari bapak dosen pekan kemarin sudah saya kirim 2 hari yang lalu meskipun batas pengiriman tadi malam. Saya sih berusaha untuk mengumpulkan lebih dulu agar lebih konsen mengerjakan laporan KP.

Oya, saya mengambil sub tema Rekening Bersama. Tema utama dari bapak dosen adalah Analisa Binis E-Commerce (Barang/Jasa).

Mengapa saya memilih untuk menganalisa tentang Rekening Bersama (RekBer) ? Tak lain karena RekBer semakin populer di kalang Online Seller (penjual Online) maupun Online Customer (pelanggan online). RekBer juga dapat menjadi solusi aman bertransaksi jual beli di internet. Sebagaimana kita ketahui, akhir – akhir ini marak sekali Penipuan berkedok Jual Beli Online.

Like To Pay dengan Brand Ambassador Choky Sitohang

Like To Pay dengan Brand Ambassador Choky Sitohang

Analisa Bisnis Jasa E-Commerce di LikeToPay.com

Oleh

SAIDURROHMAN (2008140084)

Rekening Bersama (RekBer) merupakan sebuah solusi pembayaran dalam transaksi jual beli online baik menggunakan sarana Internet maupun bukan. RekBer selanjutnya dapat membantu mengurangi maraknya penipuan jual beli di dunia maya. Melalui RekBer pembeli dapat merasa aman berbelanja sedangkan penjual sekalipun belum mempunyai reputasi yang baik sebagai Online Seller dapat merasa aman mempromosikan barang dan jasanya lewat internet.

Solusi Pembayaran melalui RekBer ini menggunakan jasa pihak ketiga dimana pembeli mentransfer uang kepada penyedia jasa RekBer dan penyedia jasa RekBer meneruskannya kepada penjual setelah barang yang dibeli diterima oleh pembeli.

LikeToPay.com adalah salah satu penyedia RekBer dari sekian banyak penyedia jasa serupa di dunia maya. LikeToPay mempunyai banyak keunggulan diantaranya bebas biaya transfer bank, serta mendukung banyak bank di Indonesia.

Alur Transaksi di LikeToPay

Alur Transaksi di LikeToPay

Nama Perusahaan : LikeToPay.com (PT. Samardhika Trans Secure)

Model Bisnis Jasa :

LikeToPay merupakan layanan Rekening Bersama (RekBer) yang dikelola secara resmi, profesional dan terpercaya. LikeToPay memberikan perlindungan khusus kepada pembeli dan penjual dengan menjadi pihak ketiga untuk mengurangi resiko terjadinya kecurangan atau penipuan berbelanja online.

Sebagai pihak ketiga, LikeToPay menyediakan rekening yang dapat diakses oleh penjual dan pembeli sehingga memungkinkan untuk mengurangi penipuan berbasis e-Commerce di Internet.

Target Konsumen :

Pelaku jual beli Online secara personal, meliputi Online Seller (Penjual Online) dan Online Buyer (Pembeli Online).

Segmentasi konsumen jelas dan terfokus pada pelaku jual beli online yang ingin menghindari penipuan e-Commerce berkedok jual beli melalui internet yang akhir – akhir ini marak terjadi.

Sumber Keuntungan :

LikeToPay (Perusahaan) mendapatkan keuntungan melalui biaya layanan sebesar Rp.20.000,-/ transaksi member regular atau biaya administrasi bulanan maupun tahunan yang dibayar oleh member premium.

Prospek Bisnis :

Prospek bisnis ini akan terus berkembang mengingat tren transaksi jual beli online akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin cepat serta kecenderungan menjamurnya transaksi bisnis online.

Dari sisi Model Bisnis, Rekening Bersama seperti yang disediakan oleh LikeToPay cukup unik. Pasalnya bisnis ini pintar menarik peluang yang ada dimana saat ini banyak penjual online baik menggunakan website, blog, maupun melalui Social Media semacam facebook dan twitter banyak yang merupakan akun palsu atau penipuan. Oleh karenanya, Rekening Bersama menjadi solusi bagi pembeli untuk melakukan pembayaran secara online tanpa takut ditipu oleh penjual.

Persaingan bisnis Rekening Bersama pun tergolong belum ramai. Penyedia berbasis perusahaan seperti LikeToPay.com hanya segelintir saja. Di Forum jual beli Online, Rekening Bersama dikelola perorangan yang sudah mempunya kredibilitas yang baik. Mengingat LikeToPay dikelola sebuah perusahaan berbadan hokum tentunya kepercayaan pelanggan dapat dengan mudah diperoleh.

Perbandingan LikeToPay dengan RekBer Lainnya

Perbandingan LikeToPay dengan RekBer Lainnya

15 thoughts on “Rekening Bersama (RekBer) Solusi Belanja Online

  1. sibair

    Iya nih bener mas rekber cocok baget buat e-commerce.. kemarin saya abis beli disalah satu toko online.. tinggal nuggu barangnya dan di posting deh πŸ˜€

    Reply
  2. bangsaid

    RekBer sebenarnya sudah ngga asing buat pengguna FJB (Forum Jual Beli) Kaskus.

    LikeToPay sendiri sudah satu tahun lebih. Kebetulan CEO-nya itu kakak kelas teman dekat saya.

    Kalo paypal & Google CheckOut kan kita harus punya sejumlah rekening berikut nilainya pak. Kalo RekBer tidak. Pembeli hanya mentransfer sejumlah pembayaran ke LikeToPay. Kemudian LikeToPay akan meneruskannya

    Reply
  3. Joko Sutarto

    Saya tadi awalnya mengartikan Rekening Bersama itu saya pikir rekening dengan akun bersama. Itu lho rekening tabungan/giro yang untuk pencairan uangnya harus melibatkan lebih dari satu orang yang harus tanda tangan. Gak tahunya broker/perantara jual beli di internet. πŸ™‚

    Saya, kok baru dengar Like To Pay ini, Mas. Apa ini masih baru? Selama ini saya sudah menggunakan jasa Paypal dan Google

    Reply
  4. adi

    ikut sharing,,.
    Td d katakan bahwa akan diteruskan oleh perantara dengan ketentuan bahwa barang telah diterima pembeli, bagaimana jika barang telah diterima tetapi dengan alasan tertentu (ato alasan barang tidak ada) dan si pembeli ingin uang kembali. jika uang bisa dikembalikan, bukankan malah yang menipu sipembeli,.

    Reply
  5. Said Rahman

    Emang ada sih yg seperti itu kasusnya di kaskus.
    Sebenernya kalo barang g diterima kan sudah dijamin sama provider.pengirimah yg punya tracking data yg bagus.
    Spt JNE, memastikan barang sudah diterima oleh pembeli.

    Kalo alasan barang rusak toh. Uang sudah diperantara. Yg bisa mengembalikan uang jg hrs persetujuan yg jualan

    Emang sih ya selalu ada peluang penipuan di dunia maya

    Reply
  6. rudy

    bang mau tanya, saya udah buat akun sebagai pembeli di liketopay tetapi setelah mengisi data transfer bank ke liketopay, setelah log out dan saya check gak ada transaksi ?, apakah ini dihapus datanya oleh si penjual ?

    Reply
  7. Said Rahman

    Mungkin lupa disimpan kali mas.
    Kalo memang merasa sudah mengisi dengan benar tapi data tetap ngga ada, saya sarankan untuk menghubungi CS LikeToPay

    Reply
  8. teguh

    tolong postingan ini di respon boz,,saya daftar registrasi ke http://www.liketopay.com dan melakukan pembelian barang ( handphone BB ) setelah setelah transfer ke like to pay yaitu Bank Mandiri An PT.Smardhika Trans Secure,,dan mendapat email dari mere sbb

    Telah terdapat aktivitas pada transaksi anda, dengan Transaction ID: 121

    Untuk melihat dan menyelesaikan transaksi anda, silahkan

    Reply
  9. Said Rahman

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih infonya mas.

    Nanti saya coba kroscek jg apa layanan LikeToPay.com msh berjalan atau tidak.
    Kalau memang sudah berhenti sejak kapan, agar tidak perlu ada lagi yg menggunakannya

    Untuk kasus mas Teguh, bisa melaporkan ke yg berwajib jika memang terindikasi positif penipuan. Mas Teguh bisa membawa bukti2nya agar cepat diproses

    Reply
  10. crowguard

    Buat info aja, buat transaksi Rekber sekarang paling oke CROWGUARD.com, Terbaik #1 di Indonesia. Transaksi aman ga pake ribet, fee dari 0 rupiah, udah ditangani profesional dan atas nama perusahaan juga. Langsung aja ke tkp πŸ™‚

    Reply
  11. stephanie

    saya tertipu dr berry elektronik jln ilham no.25-27 kota baru pontianak

    bank A/n : arief budiman

    rek 0550-0101-2488-584

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *