Ke Luar Negeri, Bawa Uang Tunai atau ATM saja?

By | March 18, 2016

Nah, ini pertanyaan galau ketika berangkat ke luar negeri. Mana yang lebih efektif dan efisien, membawa uang cash atau cukup membawa atm saja?

Bagi teman-teman yang memiliki kartu kredit memang tidak jadi masalah. Kebanyakan kartu kredit berjenis Visa maupun Mastercard diterima hampir di seluruh dunia. Menurut pengalaman saya berbelanja dengan kartu kredit pinjem temen, penggunaannya untuk berbelanja terhitung lebih simpel dan murah. Namun masalahnya bagi backpacker yang senang mencari makanan maupun barang dengan harga murah (baca : kere), tak banyak merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Paling merchant besar saja.

Kembali kepada pilihan membawa uang tunai atau cukup kartu atm saja, menurut saya jawabannya juga fleksibel ya. Tergantung kebutuhannya.

Berangkat ke Singapura lalu lanjut ke Malaysia pertengahan bulan Februari kemarin, saya membawa uang cash saja (tapi di dompet tetap ada ATM sebagai back up). Kenapa? Karena memang saya tidak membawa uang banyak. 3 hari 3 malam keliling negara Singapura dan Malaysia saya hanya menghabiskan uang tak lebih dari sejuta rupiah. Jadi uang dollar maupun ringgit yang saya bawa masih cukup untuk bekal saya selama tiga hari tersebut.

Lain lagi ketika awal bulan Maret. Berhubung saya harus membawa uang lebih banyak karena bepergian bersama rombongan dan saya yang bertanggung jawab, saya memilih tidak membawa uang tunai disini. Ga kebayang kalau uang puluhan juta rupiah harus saya tukar dan bawa keliling-keliling. Akan lebih praktis disetorkan saja ke rekeking kita di Indonesia. Lalu tinggal tarik tunai di negara tujuan.

Syukurnya karena sudah punya pengalaman ke Singapura dan Malaysia sebelumnya saya jadi tahu ketersediaan ATM di dua negara tersebut. Di Singapura misalnya, atm OCBC cukup banyak. BNI dan BRI juga ada mesin ATMnya di Singapura. Hanya saja terbatas.

Lain lagi dengan Malaysia. Berhubung sudah ada kerjasama antara bank di Indonesia dan Malaysia lewat jaringan ATM Bersama, membawa kartu ATM ke negara ini lebih mudah dan praktis. Biaya tarik tunainya pun persis seperti tarik tunai di ATM Bersama di negara kita. Namun ada dua Bank di Malaysia yang ATM nya bisa ditemukan di hampir semua SPBU disana. Dan dua bank ini juga punya afiliasi di Indonesia, yakni CIMB Bank dan Maybank. Sebelum berangkat, saya membuka rekening di CIMB Niaga. Saya memilihnya karena selain di Indonesia, CIMB juga punya jaringan global di ASEAN yakni di Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sehingga kita bisa bebas tarik tunai di jaringan CIMB tersebut secara gratis. Ini jauh lebih mudah daripada membawa uang tunai. Selain gratis, rate-nya pun bersaing dengan money changer di dalam negeri.

upload_-1

Tarik Tunai dengan ATM CIMB lebih mudah karena mesin ATMnya banyak di Malaysia

Dari pengalaman saya tersebut, dapat disimpulkan mana yang lebih baik membawa uang tunai atau cahsless :

  • Tetap sediakan uang tunai sesuai negara tujuan. Ini buat berjaga-jaga (emergency) atau untuk jajan dipingir jalan.
  • Membawa uang tunai lebih disarankan jika daerah yang kita kunjungi jauh dari keramaian atau pusat kota.
  • Tukar uang sesuai negara tujuan. Atau jika tidak memungkinkan bawalah mata uang yang universal semacam USD atau Euro. Tapi ini berdampak pada harus dua kali ketemu money changer.
  • Membawa ATM lebih disarankan jika kita ingin lebih aman ketika membawa uang dalam jumlah banyak yang riskan.
  • Kartu kredit memang simpel. Tapi jika tidak kepepet sebaiknya pilih opsi menggunakan ATM atau Kartu Debit. Kartu Kredit kan ngutang. Digunakan sebagai backup saja.

Demikian tips traveling dari saya. Semoga bermanfaat ya…

Clip to Evernote

14 thoughts on “Ke Luar Negeri, Bawa Uang Tunai atau ATM saja?

  1. Dudung KS

    Untuk tarik tunai CIMB Niaga di luar negeri, kursnya berpatokan ke kurs di Indonesia atau negara setempat?

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Berdasarkan pengalaman saya sesuai sama kurs cimb niaga. Tapi saya juga ga ngecek kurs cimb bank Malaysia apakah juga sama dengan kurs di CIMB Niaga

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Di website cimbclicks.co.id ada kok Mas atau di web cimbniaga

      Reply
  2. Rush

    kalau saya lebih tertarik bawa uang tunai sih kalo traveling.. ATM juga wajib bawa..

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Kalau saya seperlunya saja bawa cash mas. Minimal buat jajan-jajan

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Kalau di Malaysia dan Singapura, ada ATM BRI juga kok

      Reply
  3. Rahmawati

    Kalo misal ke Thailand bawa kartu atm bca kira2 bisa nggak mas?

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Bisa.
      Tarik tunai di ATM berlogo Cirrus dikenakan biaya 25ribu rupiah per sekali tarik tunai.
      Saran saya jika ingin tarik tunai di ATM CIMB Thai atau Thai Islamic Bank

      Reply
  4. Enggi

    Mau nanya nih gan, kl misalnya saya buka rekening CIMB apakah dikenakan biaya adm bila saya melakukan penarikan uang tunai di malay?

    Reply
    1. bangsaid Post author

      kalao tarik tunai di CIMB Malaysia, nggak kena adm tambahan.
      Kalau di ATM Bersama (di Malaysia juga ada atm bersama), akan kena biaya 7500. Kecuali tabungan on Account CIMB itu udah free tarik tunai di ATM mana saja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge