Cara Mudah Stem Gitar dengan Handphone Android

By | January 25, 2016

Salah satu resolusi awal tahun saya yang sudah ditulis selama dua tahun terakhir adalah membuat lagu anak-anak. Tahun kemarin memang sempat menulis lagu. Setidaknya ada 4 lagu yang rampung sampai lirik dan musiknya. Nah, tahun ini saya kembali membuat target untuk menulis paling sedikit 6 lagu anak.

Yang namanya resolusi kan harus dicapai ya. Oleh karena itu perlu dijaga konsistensinya agar tercapai. Cara menjaga konsistensi ini macam-macam, salah satunya dengan membuat sarana pendukung agar resolusi kita tersebut bisa dicapai. Berhubung saya suka ngeblog, sepertinya saya memilih untuk mengupload lagu-lagu ciptaan saya tersebut ke Youtube dan membaginya melalui blog khusus yang memuat lagu anak-anak yang insya Allah sedang saya persiapkan.

Rasanya tak lengkap kalau bernyanyi tanpa diiringi alat musik. Minimal gitar lah. Itu pun saya bisanya cuman genjrang genjreng saja kok. Bukan ahlinya macam gitaris papan atas. Kebetulan lagi anak-anak kelas 7 di sekolah saya semester ini ada materi kunci dasar gitar, jadinya ada alasan untuk membeli gitar baru :-D. Muter-muterin Tangerang nyari gitar yang promo murah karena tergoda sama postingan harga gitar murah di Tokopedia. Ternyata semua masih di atas satu juta. Pilihan terakhir adalah Gramedia. Jadinya beli gitar sejuta lebih disana.

Sudah punya gitar, modal untuk ngeksis pun sudah lumayan *dilempar senar. Tapi masih ada satu PR buat saya. Sejak dibawa ke sekolah, gitarnya jadi tidak stem alias ada beberapa senar yang ngga pas. Artinya harus tuning gitar lagi. Kalau dulu-dulu saya pakai feeling saja. Berhubung biar kuncinya pas sesuai tangga nada (karena gitar juga akan dipakai anak-anak untuk belajar), maka kali ini saya harus menyetemnya dengan benar.

Enaknya di zaman serba digital begini kita bisa langsung tanya mbah Google. Dengan setianya si embah menjawab dengan benar setiap jawaban. Tapi kalau ingin menyetem gitar dengan pas, perlu alat yang disebut Tuner. Dulu sih emang punya alat ini buat latihan nyanyi-nyanyi bareng teman Nasyid Tirta. Namun sejak pindah, barang yang juga berfungsi untuk mengatur tempo (sebagai metronome) ini entah nyangkut dimana.

Eits, ini kan zaman Google ya. Di Google Playstore kita bisa mendapatkan aplikasi Tuner yang langsung bisa diinstal di handphone Android kita. Saya sendiri memilih Tuner-gString :

Cari Aplikasi Tuner yang Ikonnya begini ya 😉

Berbekal aplikasi tersebut, mulailah saya menyetem gitar dari senar pertama yang paling bawah :

Stem Gitar

Bunyikan senar nomor satu di depan Tuner. Pastikan jarum tuner sampai ke nada E dengan tepat. Jika sudah, baru pindah ke senar-senar berikutnya. Senar kedua harus senada dengan nada B. Senar ketiga, nada G. Senar keempat nada D. Senar kelima nada A. Sedangkan senar yang paling atas sama bunyinya dengan senar pertama.

Pastikan jarumnya di tengah ya

Cukup mudah bukan menyetem gitar bermodal hanpdhone Android kamu. Kalau kamu punya cara lain, silahkan share di kolom komentar yaa 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *