Konsisten Itu Penting Untuk Resolusi

By | December 14, 2011

image

Ini merupakan bulan terakhir di tahun ini. Hanya tinggal menghitung hari perjalanan menuju tahun yang baru. Biasanya, akhir tahun begini sudah banyak yang mulai merancang resolusi akhir tahun.

Saya sendiri selalu membuat resolusi akhir tahun, dan beberapa tahun terakhir ini mempublishnya di blog. Namun sayangnya, tahun ini saya belum kepikiran untuk mempublishnya lantaran resolusi tahun ini yg dibuat pada akhir tahun lalu tidak terealisasi dengan baik.

Jujur, banyak yang tidak kesampaian hingga saya berniat untuk tidak membuat reSolusi. Tapi setelah dipikirkan, saya tetap harus membuatnya karena Resolusi bisa jadi ‘guide’ hidup setahun mendatang. Perkara dipublikasikan atau tidak, itu urusan belakangan.

Dari hasil evaluasi ternyata yang terpenting bukan hasilnya, tapi prosesnya. Dan konsisten pada proses sungguh sangat sulit dilakukan. Padahal, konsisten menjadikan semua proses berjalan lebih baik dan terarah.

Alhamdulillah, Jum’at kemarin mendapatkan materi seminar kedua di sekolah dari rangkaian materi “Muslim Dilarang Miskin”. Dan materi yang kedua ini membahas “Peta Usia Rasulullah Saw” yang membuat kita tahu betapa Rasul membuat rangkaian usianya berarti tidak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga buat orang lain. Dan semua butuh konsistensi dalam mencapainya.

Lalu bagaimana agar bisa konsisten mencapai resolusi yang kita buat? Berikut tips dari trainer yang mengisi :

1. Tekun Berdoa
2. Fokus dlm bekerja ( Fokus pada proses tidak terlalu mementingkan hasil krn hasil urusan Allah)
3. Bergaul dg orang – orang yang tepat

Semoga tahun depan bisa jadi lebih baik dari tahun ini. Kan sudah tahu resepnya πŸ˜‰

Clip to Evernote

17 thoughts on “Konsisten Itu Penting Untuk Resolusi

  1. tristy

    Tulis apa yang kau kerjakan dan kerjakan apa yg kau tulis,
    Kebiasaan ini..membuat perubahan besar dalam hidup sy..
    Lebih fokus&terarah,,

    Reply
  2. wien

    jadi inget waktu ngeblog di akhir tahun lalu pak, banyak temen2 yg membuat resolusi…hanya saya yg tidak πŸ™‚

    Reply
  3. Andy

    resolusi aku 10tahun sekali mas,soalnya punya plan panjang yang harus dikejar untuk masa depan bukan cuma 1 tahun sekali,hehehe

    Reply
  4. hesty

    ya amplop,, saya bener2 lupa lho bikin resolusi buat taon depan plus lupa jugak ngecek apakah taon ini resolusinya udah kecapai semuah, makasi mas mengingatkan πŸ˜€ #bukacatatan

    Reply
  5. Said Rahman

    Sama2…. Parahnya kita evaluasinya akhir tahun. Artinya baru sadar tercapai atau nggaknya saat akan membuat resolusi baru.

    Padahal idealnya tiap hari πŸ˜‰

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge