Pantai Tanjung Bunga yang Diselamatkan

By | January 27, 2011
Eksotisme Tanjung Bunga

Eksotisme Tanjung Bunga

Beberapa waktu lalu, Pantai Tanjung Bunga yang terletak di Ibu Kota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sempat menjadi kawasan tambang inkonvensional (TI), penambangan timah yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri. Akibatnya, berbagai kerusakan terjadi di pantai ini. Seperti penambangan ilegal lainnya, di daerah ini kemudian muncul lubang – lubang bekas galian timah.

Atas desakan pemerhati lingkungan, kemudian lokasi yang ternyata memang mengalami sengketa karena ada pribadi yang merasa memiliki lahan di pantai tersebut, dilakukan relokasi. Pemprov melalui dinas Pariwisata akhirnya melakukan penyelamatan dengan membuat site plan kawasan Wisata Tanjung Bunga mengingat potensinya yang lumayan besar.

Pantai ini terletak diantara pantai pasir padi, yang sudah terkenal lebih dahulu, dengan pantai Sampur. Jika ditempuh dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, tidak begitu jauh. Cukup dengan menumpangi taksi, sekitar setengah jam kita sudah tiba di Pantai yang memiliki karakteristik unik ini.

Pantai ini di dominasi oleh bebatuan berwarna kemerahan. Inilah yang memebedakan dengan pantai Pasir Padi yang landai dengan pasir kekuningan, maupun pantai Sampur. Di lokasi ini sesuai site plan nya akan dibangun TAC TOS ( Tanjung Bunga circuit and town square). Lokasi Pantai Tanjung Bunga juga sangat cocok dalam petualangan dengan menyusuri pantai dan alam berbukit.

Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga 2

Kondisi Bebatuan Eksotis

Kondisi Bebatuan Eksotis

Bebatuan Merah

Bebatuan Merah

12 thoughts on “Pantai Tanjung Bunga yang Diselamatkan

  1. vie

    jalan kepantainya lewat pasir padi y bang?? teruz aj or da jalan laen… πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *