Cara Mudah Bagi Guru Menambah Skill Bahasa Asing

By | September 17, 2023

Dalam dunia pendidikan, guru merupakan pilar yang sangat penting. Sekolah tanpa bangunan dan sarana prasarana yang megah tidak menjadi masalah jika di dalamnya terdapat guru-guru yang bermutu. Sebaliknya, tanpa guru yang bermutu semegah apapun sebuah sekolah, sulit untuk berkembang.

Pentingnya Guru Menguasai Bahasa Asing

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Bagi Guru

Memiliki penguasaan bahasa Asing menjadi sebuah tuntutan baru bagi seorang guru. Terlebih di era digital dan globalisasi seperti sekarang ini. Kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris menjadi sebuah kewajiban. Tidak hanya agar bisa berkomunikasi dengan orang ataupun guru dari berbagai negara, memiliki kemampuan berbahasa asing akan membantu para guru mengakses informasi atau peluang yang lebih luas.

Seperti yang saya rasakan, dengan minimal menguasai skill Bahasa Inggris pasif banyak sekali buku-buku referensi dan artikel-artikel dari luar negeri yang akan membantu guru memiliki banyak wawasan baru tentang dunia pendidikan. Apalagi jika guru mampu berkomunikasi secara aktif sehingga membuka peluang untuk mampu berdiskusi di berbagai forum guru secara daring.

Selain alasan di atas, setidaknya ada 3 hal lain yang menjadi alasan mengapa seorang guru harus menambah skill bahasa asing :

Baca juga : Kenapa Harus Bangga Jadi Guru?

1. Membuka Peluang Baru

Dengan kemampuan berbicara dalam bahasa asing, guru dapat membuka peluang baru dalam karier mereka. Mereka bisa menjadi penerjemah atau tutor bahasa, yang menghasilkan penghasilan tambahan.

2. Menyampaikan Materi dengan Lebih Baik

Kemampuan untuk memahami bahasa asing membantu guru dalam menyampaikan materi dengan lebih baik kepada siswa yang berbicara bahasa asing. Misalnya saat ini di SMP tempat saya mengajar kedatang murid pindahan dari Sekolah Internasional yang terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam aktivitas kesehariannya. Tentunya guru yang menguasai bahasa Inggris akan membantu murid tersebut lebih memahami pelajaran.

3. Menginspirasi Siswa

Guru yang berbicara dalam bahasa asing dapat menginspirasi siswa untuk mengejar pembelajaran bahasa juga. Ini dapat memicu minat belajar bahasa yang lebih besar di kalangan siswa.

3 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Melalui Smartphone

Ada banyak cara yang dapat dilakukan guru untuk menambah skill bahasa asing. Salah satu cara yang paling mudah dan terjangkau adalah dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa melalui smartphone.

Dua tahun terakhir ini saya menggunakan berbagai alternatif belajar bahasa melalui smartphone baik itu melalui aplikasi maupun dengan mengikuti berbagai kursus bahasa secara daring misalnya melalui platform kursus seperti Udemy.

Tapi memang dari sekian banyak cara, menggunakan berbagai aplikasi langsung di smartphone adalah cara yang paling mudah. Saya telah mencoba 3 (tiga) aplikasi berikut yang powerful untuk menambah skill bahasa asing. Tiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan dan mungkin akan cocok bagi beberapa orang tertentu saja.

1. Busuu

Aplikasi pertama yang saya pakai untuk belajar bahasa adalah Busuu. Saya mengenalnya dari googling dua tahun yang lalu. Yang menarik dan menjadi kelebihan dari Busuu adalah aplikasi ini berbasis media sosial. Jadi selain belajar bahasa asing, kita juga bisa menambah teman dari berbagai negara.

Materi belajar yang disajikan aplikasi Busuu juga sangat terstruktur. Setiap unit materi dimulai dengan kosakata, latihan, hingga praktik berbicara maupun menulis. Saya belajar hiragana, menulis bahasa mandarin, dan bercakap dengan bahasa Jerman menggunakan aplikasi ini.

Karena berbasis jejaring pertemanan, Busuu memungkinkan kita berintraksi dengan penutur asli. Misalnya praktik bebicara saya dalam bahasa Jerman dinilai atau diberikan komentar dan masukan oleh teman penutur bahasa tersebut sehingga koreksinya menjadi pelajaran penting bagi saya.

Yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah harus membayar sejumlah biaya tahunan agar dapat menggunakan semua fitur dan semua layanan bahasa yang tersedia.

2. Duolingo

Duolingo menyajikan pembelajaran bahasa asing dengan lebih fun sehingga cocok buat kamu yang ingin bermain game tapi tetap bermanfaat. Selain gratis aplikasi ini memiliki UI (antarmuka) yang menyenangkan karena disajikan dalam beberapa level persis seperti permainan.

Yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah kurangnya fokus belajar pada kemampuan berbicara. Di Duolingo kita lebih banyak melatih kemampuan mendengar, memperbanyak kosakata, dan pemahaman kalimat. Itulah kenapa Duolingo selalu menyarankan kita untuk menulis setiap frasa yang kita ingat setelah mempelajari satu lesson/ pembelajaran terentu.

Selain itu pilihan bahasa yang ada di aplikasi ini memang tidak sebanyak aplikasi Busuu.

3. Memrise

Saya baru menggunakan aplikasi ini beberapa bulan terakhir setelah membaca blog dari penulis Amerika. Aplikasi Memrise ini cocok untuk kita yang ingin melatih memori mengingat banyak kosakata. Latihan mengingat ini disajikan juga dengan hint atau clue yang memudahkan kita untuk mengingat.

Di versi terbarunya, Memrise sudah dilengkapi dengan AI sehingga kita bisa berlatih bercakap-cakap dengan robot yang tersedia di aplikasi. Robot adaptive berbasis chatGPT ini sangat membantu karena bisa merespon pertanyaan dan jawaban kita secara langsung. Sangat bermanfaat bagi kita yang ingin latihan berbicara.

Selain AI, Memrise menyediakan video pengucapan oleh native atau penutur asli sehingga kita bisa mendengar pengucapan dengan benar untuk situasi yang tepat.

Kekurangannya aplikasi ini adalah kurang terstrukturnya materi yang disajikan. Jadi untuk teman-teman yang membutuhkan keteraturan aplikasi ini kurang cocok. Selain itu tidak ada fitur koreksi dari native jika kita salah dalam pengucapan.

Baca juga : Ayo Menulis RPP (Lesson Plan) Kreatif!

3 Aplikasi ini cukup membantu bagi siapa saja termasuk para guru yang ingin menambah skill Bahasa Asing. Meskipun tersedia dengan mudah di smartphone kita, yang lebih penting lagi adalah bagaimana agar kita konsisten dalam berlatih dan belajar. Dengan konsistensi, tujuan kita mempelajari bahasa asing pun bisa tercapai.

Selamat belatih bapak ibu guru hebat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *