Cara Mendapatkan Akun Canva for Education Gratis untuk Guru

By | February 21, 2021

Sejak masa pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19, semua guru dipaksa beradaptasi dengan berbagai teknologi digital. Guru-guru yang tadinya masih acuh dan telah berada di zona nyaman sebelum pandemi, pelan-pelan harus membuka dirinya dan mulai masuk ke kondisi dimana dia mau tidak mau harus belajar lagi.

Mengapa harus belajar lagi? Dengan kondisi pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini, inovasi guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran bagi anak-anak di rumah. Ditambah keterbatasan waktu dan kemampuan para orang tua mendampingi anak-anak, guru-guru harus menyajikan pembelajaran secara kreatif dan menyenangkan.

Salah satu aplikasi yang mulai banyak digunakan para guru untuk membuat pembelajaran jarak jauhnya menjadi lebih inovatif adalah Canva.

Canva for Distance Learning
Menggunakan Canva dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Canva merupakan platform untuk mendesain secara kreatif dan mudah. Jika dulu seseorang harus memiliki skill mumpuni untuk membuat berbagai desain kreatif seperti flyer, banner, cover buku, atau slide presentasi, dengan canva yang sudah menyediakan berbagai template menarik kekinian, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Saya sendiri sebagai guru sudah banyak memanfaatkan Canva dalam proses pembelajaran, utamanya mendesain flyer, lesson plan, infografis, dan berkas presentasi.

Canva menyediakan semuanya secara gratis, meskipun juga menyediakan alternatif berbayar dengan fitur yang komplit seperti berbagai macam font premium, foto-foto, dan elemen desain seabrek. Bahkan menariknya, mendukung online learning, Canva menyediakan Canva for Education.

Baca Juga : 7 Solusi Dilema Kamera On-Off Saat Belajar Daring

Apa itu Canva for Education?

Canva for Education adalah canva dengan akses freemium (premium gratis) untuk para guru. Seperti akun premium atau pro berbayar, Canva memberikan fasilitas pro tersebut secara cuma-cuma untuk guru. Sehingga guru dapat membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana pelajaran, dan banyak lagi secara bebas tanpa harus membayar.

Mengutip dari situs Canva, berikut kelebihan Canva for Education :

  • 420.000+ template
  • 75 juta + stok foto, video, dan grafik premium gratis untuk digunakan
  • 3.000+ font
  • Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa
  • Akses konten Anda dari Google Drive, Dropbox, dan Folder Online lainnya
  • Hidupkan desain Anda dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube
  • Bagikan desain Anda ke Google Classroom, Microsoft Teams, dan Remind.

Kelebihan akun Edu ini dibandingkan dengan pro adalah terintegrasinya Canva dengan platform pembelajaran digital. Kebetulan sekali di sekolah kami menggunakan Microsoft Teams sebagai bagian dari Microsoft 365 Education.

Bagaimana Mendapatkan Akun Canva for Education?

Setelah mencoba sekaligus mendapatkannya, saya akan berbagi tips kepada teman-teman guru agar dapat disetujui menjadi partner dalam Canva for Education.

Sebelum mengisi formulir yang ada siapkan berkas berikut :

  • Sertifikat pendidik. Sehubungan saya juga sebenarnya belum sertifikasi karena sampai hari ini NUPTK masih nyangkut di antrian Kemdikbud, maka saya mencoba menggantinya dengan kartu anggota Ditjen GTK yang diunduh dari akun SIMPKB. Mungkin teman-teman dapat menggantinya juga dengan kartu anggota IGI atau PGRI (Tapi saya belum mencobanya).
  • Email Belajar.id. Kemdikbud memberikan akun GSuite for Education untuk semua guru dan siswa yang terdata di dapodik. Dapatkan akun belajar.id ini di operator dapodik sekolah bapak/ibu guru. Alternatif lainnya teman-teman bisa menggunakan akun email sekolah berekstensi .edu atau .sch.id. Kebetulan sebagai partner Microsoft 365 for Education, saya memiliki akun email sekolah ini. Jika memang tidak punya, teman-teman bisa mencobanya dengan akun email biasa.

Dua hal di atas wajib ada sekalipun bisa menggunakan berbagai alternatifnya karena akan dipakai untuk mengisi form pendaftaran Canva for Education nantinya.

Cara Mendaftar Canva for Education

canva for education
Halaman Pendaftaran Canva for Education

Pastikan teman-teman mendaftar terlebih dahulu akun Canva for Free dengan email yang ada. Disana sudah ada pilihan email yang dapat digunakan. Saran saya menggunakan akun Google Suite for Education dari belajar.id atau akun email sekolah dari Microsoft 365. Jika tidak ada, tak mengapa mencoba dengan email pribadi.

Setelah mendaftar secara gratis, berikutnya adalah mengajukan email terdaftar untuk disetujui sebagai akun Canva for Education di tautan berikut.

Mendaftar dengan Email Sekolah
Saya menggunakan akun microsoft dari Sekolah

Isilah form berikutnya dengan lengkap :

form pendaftaran Canva for Education
form pendaftaran Canva for Education

Isilah setiap baris dengan benar. Pastikan semua yang bertanda bintang diisi. Website sekolah tidak wajib, jadi boleh tidak diisi. Bagian What teaching position do you hold bisa diisi dengan posisi kita sebagai guru di sekolah, misal bisa diisi dengan “Guru Matematika Kelas 7,8, dan 9”.

Masukkan alamat email yang sudah terdaftar sebelumnya di bagian Existing Canva Account dan jelaskan apa saja yang akan kita lakukan dengan akun Canva sebagai guru di bagian pertanyaan How would you like use Canva. Selanjutnya masukkan berkas PDF Sertifikat pendidik atau kartu anggota dari Dirjen GTK di SIMPB. Atau berkas lainnya yang menerangkan bahwa teman-teman adalah guru.

Kartu Anggota Guru
Kartu Anggota dari Dirjen GTK

Setelah submit, silakan tunggu Canva mereviu pendaftaran. Saya sendiri kemarin hanya menunggu 2 x 24 jam atau 2 hari saja untuk mendapatkan persetujuan dari tim Canva bahwa email yang saya ajukan sudah disetujui menjadi bagian dari akun Canva for Education dengan segala kelebihannya.

Email Persetujuan dari Tim Canva

Baca Juga : Inilah 10 Karakter Guru Profesional

Bagaimana teman-teman, mudah sekali kan pendaftarannya. Memang akun freemium ini hanya diperuntukkan bagi guru TK hingga kelas 12. Saya tidak tahu apakah dosen dapat mendaftar juga. Apalagi teman-teman lain yang tidak memiliki bukti keanggotaan sebagai guru.

Buat bapak-ibu guru yang sudah mendapatkan akun Canva for Education ini selamat berkreasi dalam pembelajaran jarak jauh yang lebih inovatif. Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir sehingga kita semua bisa bertatap muka langsung dengan anak didik kita 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *