5 Alasan Penting Mencatat Keuangan Usaha

By | February 24, 2021

Saya mencintai buku sejak kecil sehingga saya pun menanamkan kebiasaan membaca buku kepada anak-anak saya. Tapi setelah berkecimpung di dunia pendidikan, saya merasa tergerak untuk memberikan awareness kepada banyak orang tua di luar sana tentang pentingnya literasi dari level keluarga.

Hal itulah yang kemudian mendorong saya untuk bergabung menjadi reseller buku-buku mulai dari ensiklopedia premium sampai buku-buku bacaan ringan untuk anak. Selain berjualan, tujuan besarnya adalah membumikan buku mulai dari lingkungan keluarga sehingga mungkin saya lebih cocok menyebutnya sebagai Book Advisor.

Mencatat Keuangan Usaha
5 Alasan Penting Mencatat Keuangan Usaha

Menjalani usaha penjualan buku online dan offline sebenarnya sama dengan melakukan usaha dagang lainnya. Beberapa bulan awal saya masih melakukannya secara manual dan tidak tercatat dengan rapi. Sampai akhirnya saya sadar bahwa saya harus melakukan perubahan, mengingat usaha ini sudah cukup lumayan menambah pemasukan juga untuk sekedar membeli emas 1-2 gram setiap bulan bekal tabungan pendidikan anak.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Akun Canva for Education Gratis untuk Guru

Pentingnya Mencatat Keuangan Sejak Usaha Masih Berskala Kecil

Jika dibiarkan tidak tercatat dengan rapi, saya khawatir justru keuangan akan menjadi tidak terkontrol. Pemasukan dan pengeluaran usaha menjadi tercampur aduk dengan keuangan pribadi. Akibatnya, saya lama-lama jadi bingung sebenarnya uang yang dihasilkan dari usaha yang dijalani ini seberapa.

Saya pun sharing dengan teman yang kebetulan bekerja sebagai akuntan. Dari diskusi, saya dapat menyimpulkan berikut beberapa keuntungan pentingnya mencatat keuangan sekalipun masih usaha kecil :

  1. Memisahkan uang pribadi dan uang usaha

Yang pertama terasa setelah mencatat pengeluaran dan pemasukan adalah kita jadi tahu persis sebenarnya uang usaha kita ini seberapa. Meskipun mungkin masih tercampur di satu rekening, setidaknya posisi berapa uang pribadi dan berapa uang milik usaha jadi lebih jelas.

  • Lebih Mengetahui perkembangan usaha

Setelah uang pribadi dan uang usaha terpisah dengan jelas, saya jadi tahu juga berapa jumlah transaksi khususnya penjualan yang dilakukan selama sebulan. Ini penting untuk memahami sejauh mana perkembangan usaha kita. Apakah meningkat dari bulan sebelumnya, atau sebaliknya justru menurun.

  • Menjadi mudah mengevaluasi usaha

Dari meningkat atau menurunnya transaksi per bulan, kita jadi lebih mudah mengevaluasi usaha. Misal saat mengalami defisit laba, kita jadi lebih sadar untuk melakukan tindakan pencegahan. Atau dari pencatatan transaksi yang jelas, kita dapat mengevaluasi variasi produk mana yang laris sehingga dapat menjadi dasar untuk perencanaan bulan berikutnya.

  • Dapat menjadi dasar perhitungan pajak

Meskipun usaha masih kecil, teman saya berpesan untuk selalu melakukan pencatatan agar nanti mudah dalam perhitungan pajaknya. Tentu sebagai warga negara yang baik, ini penting. Jikalau nanti usaha menjadi besar, kita sudah terbiasa menghitungnya dan proses laporan serta bayar pajaknya juga menjadi lebih mudah.

  • Mudah untuk Mendapatkan Pinjaman Modal

Usaha yang melakukan pencatatan keuangan yang baik akan mudah dinilai kelayakannya untuk mendapatkan pinjaman atau suntikan modal. Dari koperasi, inverstor, atau mungkin bank misalnya. Dengan tambahan modal kita bisa memperluas usaha.

Mencari Cara yang Lebih Efisien dalam Mencatat Keuangan Usaha

Setelah berdiskusi panjang lebar, maka saya pun mulai berbenah pelan-pelan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan usaha ini bermodal excel. Setelah 3 bulan mencoba untuk mencatat, ternyata tetap saja ada yang tertinggal. Ini dikarenakan saya harus mencatat dan mengingatnya secara manual.

Aplikasi Usaha, Youtap

Sampai akhirnya saya menemukan Youtap.  Aplikasi usaha yang dapat dipasang di smartphone Android ini membuat pengelolaan usaha menjadi lebih mudah dan efisien. Cukup install aplikasinya, semua kebutuhan operasional usaha terpenuhi. Tanpa harus melakukannya secara manual, setiap transaksi yang terjadi dapat langsung tercatat melalui aplikasi Point of Sale (POS) secara akurat.

Aplikasi POS atau yang lebih dikenal dengan layanan kasir dari Youtap memudahkan kita untuk mengelola semua transaksi dalam satu aplikasi. Ini sangat membantu kita karena Youtap juga menyediakan laporan penjualan dan analisanya yang sangat berguna untuk mengevaluasi usaha sehingga tidak salah langkah dalam mengembangkannya.

Beberapa Keunggulan Youtap

Baca Juga : Tips Memilih AC Hemat Energi dan Kelebihan AC Samsung ½ PK

Yang menariknya lagi, Youtap sudah terintegrasi dengan layanan pembayaran baik tunai maupun non tunai. Ini membuat aplikasi serba bisa ini cocok digunakan di berbagai jenis usaha seperti toko kelontong, warung makan, restoran, bahkan kafe. Sehingga usaha yang kita kelola menjadi lebih modern karena cukup 2 (dua) detik saja, transaksi tercatat dan memberikan kesempatan waktu lebih banyak bagi pelaku usaha untuk melaju cepat mengembangkan usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.