Bisakah Pinjaman Online Menjadi Solusi Kebutuhan Dana yang Mendesak?

By | November 25, 2020

“ding…”

Bunyi notifikasi di HP sudah yang kesekian kalinya. Meski saya sudah mematikan notifikasi beberapa aplikasi di HP agar bisa lebih fokus, khusus pesan melalui SMS tetap tampil di layar utama. Saya belum akan membukanya karena memang masih sibuk.

Namun saat sore hari sesampai di rumah, akhirnya saya pun membuka pesan yang ternyata dikirimkan oleh satu orang teman lama di kampung yang baru saja beberapa hari lalu kami terlibat chat di pesan whatsapp.

“Bang, aku lagi perlu duit nih. Darurat banget. Mama barusan masuk RS karena jatuh dari kursi rodanya.”

Begitu pesan pertama yang terbaca.

“Bang, WA ku belum diread. Pesan belum dibaca. Aku butuh banget sekarang. Mudah-mudahan abang bisa bantu.”

Pesan kedua tepat persis hanya selang 5 menit dari pesan pertama. Sedangkan pesan ketiga yang masuk 2 menit

“Bang, plis bang. Aku udah pusing mau minta bantuan siapa lagi. Boleh bang aku pinjam buat jaminan mama di RS.”

Membaca Pesan di Smartphone

Akhirnya saya membalas pesannya di whatsapp dan bertanya apakah mereka sekeluarga punya jaminan asuransi atau minimal BPJS. Andi teman saya itu bercerita bahwa dia sudah menunggak BPJS sejak setahun lalu. Praktis kartu BPJS nya tidak bisa dijadikan jaminan di Rumah Sakit. Sedangkan dia yang saya tahu memang hanya honorer di PemKab tentu di akhir bulan begini belum punya uang.

Setelah video-call dengannya, saya bisa meyakinkan diri saya bahwa Andi memang benar sedang berada di rumah sakit dan mengurusi administrasi mamanya yang waktu itu sudah mulai ditangani di IGD. Saya pun mentransfer sejumlah uang ke rekening Andi untuk meringankan bebannya di akhir bulan

Kasus seperti Andi sering terjadi. Apalagi di masa pandemi seperti ini dimana mereka yang belum terbiasa menyisihkan uang untuk dana darurat tentu kelabakan jika amit-amit mengalami kejadian darurat yang membutuhkan dana dengan cepat. Iya kalau ada keluarga atau teman yang bisa kita pinjami uang. Kalau tidak, mau pinjam kepada siapa lagi?

Hari gini tidak mudah juga meyakinkan orang lain untuk mau membantu meminjamkan uang. Apalagi setelah berbagai kasus yang terjadi akhir-akhir ini. Yang terbaru adalah seorang guru ngaji yang ditemukan sudah tak bernyawa di dalam sumur tua setelah 2 hari dinyatakan hilang dari rumah. Ternyata sang ibu dibunuh oleh suami pembantu tetangganya akibat menagih hutang yang tak seberapa.

Belum lagi meme yang banyak beredar di media sosial bahwa biasanya yang ditagih utang jauh lebih galak daripada yang menagih. Ini membuat orang-orang berpikir banyak sebelum memberi utang kepada orang lain.

meme lucu tentang utang (sumber : brillio.net)Dalam kondisi mendesak seperti itulah, salah satu yang bisa diandalkan adalah pinjaman tanpa agunan.

Baca juga : Cara Ampuh Menagih Utang

Mengapa Pinjaman Online Bisa Diandalkan Saat Darurat?

Pinjaman Online tanpa agunan atau yang sering dikenal dengan sebutan Pinjol memang sekarang sedang merebak. Mudahnya meminjam dana darurat hanya bermodal instalasi aplikasi di smartphone membuat banyak yang menawarkan pinjaman secara online dengan limit beragam mulai dari sejutaan hingga puluhan juta.

Akan tetapi kasus-kasus pinjaman online yang banyak terjadi seperti penyalahgunaan data di aplikasi, datangnya debt collector, atau penggunaan cara-cara tidak etis dalam menagih utang membuat kita harus pandai untuk mencari pinjaman online terbaik.

Tunaiku merupakan salah satu solusi pinjaman online saat kita memang membutuhkan dana darurat. Sebagai produk dari Amar Bank yang sudah berdiri sejak tahun 2014 Tunaiku menjadi penyedia pinjaman online yang aman dan terpercaya. Apalagi Amar Bank merupakan Bank resmi di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1991. Bukan seperti aplikasi pinjaman abal-abal yang tidak berbadan hukum, hanya bermodal aplikasi di Playstore saja.

Tunaiku, salah satu alternatif dana daruratSebagai alternatif solusi kebutuhan dana mendesak, Tunaiku memiliki perbedaan yang jelas jika dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya. Diantara kelebihan Tunaiku adalah dalam hal keamanan dan fleksibilitas. Sebagai fintech yang berada di bawah naungan bank resmi yang diawasi OJK, data nasabah di Tunaiku tentu dijamin keamanannya. Ini sesuai dengan semangat Tunaiku yang melindungi data-data nasabahnya. Selain itu dibandingkan fintech lainnya yang hanya memberikan limit yang kecil, Tunaiku mampu memberikan limit hingga 20 juta dan masa cicilan sampai dengan 20 bulan.

Apakah Ribet Mengajukan Pinjaman di Tunaiku?

Beberapa yang sering dikeluhkan saat akan mengajukan pinjaman adalah ruwetnya administrasi yang harus disiapkan. Tunaiku sangat memahami hal ini. Oleh karena itu, Tunaiku menawarkan syarat yang sangat mudah baik dengan jaminan kartu kredit maupun tanpa jaminan atau bermodalkan KTP saja.

Akan tetapi, mudahnya memperoleh dana dari Tunaiku sebaiknya benar-benar dimanfaatkan pada saat membutuhkan dana darurat. Selain itu, sebagai debitur atau peminjam sudah seharusnya kita punya semangat untuk mengembalikannya. Mudah-mudahan dengan niat yang baik serta kedisiplinan dalam membayar cicilan, Tuhan memudahkan kita untuk terbebas dari utang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *