Alternatif Menginap di Johor Bahru

By | January 12, 2019

Saat memutuskan berlibur di Singapura, kita harus siapkan budget Akomodasi yang lumayan karena makan dan biaya menginap di Singapura agak sedikit tinggi dibandingkan di Malaysia. Meskipun di Singapura juga sudah ada hotel dan hostel yang murah, kita bisa mencoba alternatif lain seperti berlibur di Singapura namun bermalamnya di Johor Bahru.

Johor dan Singapura hanya dipisahkan oleh selat saja. Dengan menyeberang tak sampai setengah jam dengan moda transportasi Bus, kita sudah tiba di negara tetangga lainnya, Malaysia. Tapi tentunya kita harus melewati border check point alias pemeriksaan paspor dua kali yaitu keluar Singapura dan masuk Malaysia.

Dikarenakan kurs mata uang Ringgit yang hanya sepertiganya dari Dollar Singapura, biaya akomodasi di Johor Bahru menjadi lebih hemat baik urusan menginap maupun makan. Contohnya salah satu paket makanan di resto cepat saji KFC. Biasanya di Singapura dihargai sekira SGD 5-6, di Johor hanya berkisar MYR 10-12. Jika dirupiahkan lebih murah IDR 10ribu-20ribu. Lumayan.

Sedangkan urusan menginap, berikut beberapa alternatif yang bisa dipilih.

Baca Juga : Bus Umum Singapura ke Johor Bahru (Legoland & Hello Kitty Town)

Menginap dengan Budget Hemat di Johor Bahru

Ini ceritanya akibat tertinggal bus yang akan membawa saya dari terminal JB Larkin ke Malaka. Akibat mengantri panjang di imigrasi, saya tiba di terminal Larkin yang sekarang sudah agak mendingan dibandingkan saat pertama kali tahun 2014 kesana yang lebih mirip terminal Pulogadung Jakarta 😀

Waktu itu sempat nekat mau tidur saja di terminal. Tapi atas usul supir taksi yang banyak mangkal di terminal, saya menemukan alternatif hostel berbiaya murah yang terletak di belakang terminal.

Setelah mengisi perut di resto KFC di Larkin, saya hanya perlu berjalan kaki ke arah belakang terminal. Benar saja, disana ada beberapa hostel yang cukup layak untuk sekedar transit di Johor Bahru. Biayanya sangat murah mulai dari MYR 25 yang setara dengan IDR 90ribuan saja untuk satu kamar yang muat dua orang di lantai 2 atau lantai 3. Waktu menginap di Ghazrins Hotel di belakang Larkin, Itu sudah termasuk dengan shared bathroom dengan pemanas. Jika ingin sedikit nyaman hanya menambah sekira MYR 10-20 untuk kamar dengan AC dan private bathroom. Sangat murah!

Budget Room dari Ghazrins tempat kami menginap

Budget Room dari Ghazrins tempat kami menginap

Oh ya, lagi-lagi ini cocoknya jika bepergian sendirian atau ingin menghemat biaya. Dari hostel jika ingin ke Larkin lagi tinggal berjalan kaki atau menumpang taksi yang bisa dipesan langsung atau melalui aplikasi Grab. Sangat mudah.

Hotel Keluarga Terbaik di Johor Bahru

Berlibur bersama keluarga pasti mendambakan kenyamanan. Oleh karena itu prioritas tempat menginap pun harus yang bisa mengakomodir itu. Makanya ada beberapa alternatif hotel nyaman yang juga tidak menguras kantong di Johor. Ini bisa menjadi pilihan misalnya ketika teman-teman liburan di Legoland atau Hello Kitty Town.

Hotel Sentral Johor Bahru

Hotel Sentral Johor Bahru (image by booking.com)

Hotel Sentral Johor Bahru (image by booking.com)

Ini adalah hotel untuk keluarga yang paling hits di Johor Bahru. Hotel ini menjadi rekomendasi untuk keluarga karena fasilitas yang memanjakan salah satunya adanya pool yang sangat cocok untuk rehat sebelum melanjutkan jalan-jalan di tempat wisata di Johor Bahru seperti Legoland.

Letaknya sangat strategis karena dekat dengan JB Sentral dimana dapat ditempuh dengan hanya berjalan setelah keluar dari check point di Sultan Iskandar Muda Buildings. Atau jika barang bawaan cukup banyak karena berlibur bersama keluarga naik saja Grab. Ongkosnya sangat murah dalam Ringgit Malaysia.

Rate hotel bintang tiga ini juga cukup murah, mulai dari 300ribuan untuk kamar twin atau deluxe yang bisa diisi berempat bersama dua anak 🙂

Tune Hotel – Danga Bay

Wah… hotel ini sangat terkenal di kalangan traveler asal Indonesia. Beberapa dari mereka jika berlibur ke Legoland kebanyakan menginap di Hotel bintang tiga yang letaknya tak jauh dari terminal JB Larkin ini.

Tune Hotel Danga Bay (Image by Hotels.com)

Tune Hotel Danga Bay (Image by Hotels.com)

Dengan budget rate mulai dari IDR 300ribuan kita sudah bisa menginap di hotel yang menawarkan berbagai fasilitas termasuk wifi kencang di kamar. Selain itu hotel juga menyediakan transportasi berbayar menuju Legoland dan Hello Kitty Town.

Citrus Hotel

Room @ Citrus Hotel (img by booking.com)

Room @ Citrus Hotel (img by booking.com)

Hotel bintang empat ini juga tak jauh dari JB Sentral. Dengan biaya mulai dari IDR 350ribuan kita sudah bisa menginap di kamar keluarga yang muat untuk 2 orang dewasa dan 2 orang anak dengan Double Bed. Yang menarik di hotel ini terdapat pusat kebugaran gratis untuk traveler yang menginap. Sarapannya juga cukup direkomendasikan oleh banyak pengunjung.

Baca juga : Tips Memilih Kamar Hotel yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Homestay Keluarga di Johor Bahru

Selain hotel dan hostel, pilihan terakhir menginap dengan keluarga besar adalah Homestay baik berjenis rumah maupun Apartemen. Tahun 2018 kemarin saya menyewa satu rumah di kawasan elit Bukit Indah di Johor Bahru. Rumah dengan 4 kamar dan 2 kamar mandi hanya dihargai MYR 400 untuk satu malam. Sangat irit jika kita bepergian dengan jumlah keluarga 5-12 orang.

Keuntungan menginap di homestay seperti ini adalah kita bisa sedikit bebas. Seperti di rumah yang kami sewa, sudah tersedia makanan ringan, mesin cuci, dan peralatan dapur yang sangat berguna jika kita ingin sedikit menghemat budget makan. Dengan adanya mesin cuci dan pengering, kita juga bisa menghemat ruang koper dari membawa pakaian berlebih.

Apartemen juga bisa menjadi pilihan menginap di Johor. Banyak apartemen di sekitar Legoland yang bisa menjadi alternatif tempat menginap. Saya belum pernah mencoba. Meskipun tidak sebesar area rumah, apartemen biasanya menyediakan fasilitas semacam gym dan kolam renang yang juga cocok untuk rehat keluarga.

Selamat berlibur….

Clip to Evernote

2 thoughts on “Alternatif Menginap di Johor Bahru

  1. GoTravelly.com

    Bookmark dulu, kebetulan mau ajjakin anak ke Singapore dan johor baru untuk bermain ke Legoland. Kayaknya kita bakalan pakai yang hotel sentral johor baru, enak ada poolnya, anak anaka tambah senang. Thanks kak

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Ya… saran saya kalau bawa anak mending di Hotel Sentral

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge