Bus Umum Singapura ke Johor Bahru (Legoland & Hello Kitty Town)

By | January 5, 2019

Tulisan ini sebenarnya adalah request dari salah satu pembaca dan teman saya di Facebook yang bertanya tentang transportasi jika ingin berlibur ke Johor Bahru khususnya bermain di Legoland dan Hello Kitti Town. Pertanyaan tentang transportasi umum ke Johor Bahru datang setelah membaca tulisan sebelumnya tentang pernjalanan dari Singapura ke Kuala Lumpur dengan moda transportasi Bus disini.

Seperti tulisan saya sebelumnya sebenarnya ada banyak bus travel yang memiliki rute perjalanan Singapura langsung ke Malaysia. Jika bepergian dengan moda transportasi ini tentu lebih simple meskipun konsekuensinya kita harus membayar sedikit lebih mahal.

Baca Juga : Menginap di Bandara Changi Singapura

Dari Changi Langsung ke Legoland

Jika ingin ke Legoland dari Bandara Changi Singapura, disana sudah tersedia transportasi bus travel yang dikelola Transtar. Dengan bermodal biaya tiket sekira SGD 12, perjalanan menuju Legoland akan terasa mudah karena Bus langsung mengantar kita kesana tanpa harus gonta ganti moda.

Bus Transtar (image by businterchange.net)

Untuk bus yang langsung mengantar ke Legoland adalah Bus dengan seri TS6A. Tiket bus ini dapat langsung dibeli di Arrival Hall Coach Bay di terminal 2 dan Terminal 4 Bandara Changi. Jika naik pesawat Jetstar seperti yang biasa saya tumpangi jika ke SIngapura kita akan turun di terminal 1. Segera menuju Sky Train untuk berpindah ke terminal 2 atau terminal 4. Atau jika naik Scoot dan Air Asia yang turun di terminal 4, kita dapat langsung menuju area Bus.

Tiket Bus Transtar hanya bisa dibeli dengan membayar tunai menggunakan mata uang lokal (Dollar Singapura) dan juga kartu EZ-Link. Untuk saat tulisan ini dibuat, Transtar belum menerima pembayaran dengan kartu kredit dan debit. Jadi siapkan saja uang tunai saat memutuskan akan menggunakan moda transportasi Bus Transtar.

Bus TS6A ini dalam sehari hanya melayani 8 kali perjalanan dimulai paling awal jam 7 pagi waktu Singapura dan paling akhir jam 9 malam. Jika ternyata teman-teman ketinggalan Bus ini atau tidak mendapatkan tiketnya, ada alternatif Bus TS1 yang bisa dibeli di konter yang sama. Bedanya, bus TS1 hanya mengantar kita sampai ke JB Sentral dengan ongkos sekira SDG 10, lebih murah dibandingkan ongkos Bus TS6A. Dari JB Sentral bisa naik bus LM1 berwarna kuning dengan ongkos sekira RM 5 untuk dewasa dan free untuk anak-anak. Lumayan irit sekian Ringgit 😀 Informasi tentang bus TS1 dan TS6A bisa dibaca disini.

Baik Bus TS6A maupun TS1 tentu kita akan berhadapan dengan 2 (dua) kali imigrasi yakni keluar Singapura di Woodsland dan masuk Malaysia di JB Sentral. Pastikan kita membawa semua barang keluar bis saat memasuki check point.

Bus Umum Singapura ke Johor Bahru

Kalau Transtar adalah Bus Travel, moda transportasi berikutnya yang ingin saya share adalah Bus umum. Keputusan ngeteng dengan Bus Umum ini saya lakukan di pertengahan Desember 2016 lalu. Karena sudah bisa naik bus travel yang tinggal duduk manis, saya pun penasaran ingin mencoba bus umum yang membawa saya ke Johor Bahru.

Memang dengan naik bus umum ini, ongkos perjalanan jadi lebih irit. Namun kalau strateginya juga salah, alih-alih irit malah boros seperti saya yang salah perhitungan bentrok dengan kepulangan karyawan sehingga antri parah di check point yang berakibat ketinggalan Bus Johor Bahru ke Malaka. Sudah rugi biaya hostel di Malaka, mau tak mau tambah biaya menginap lagi di Johor Bahru. Jadi kalau dirasa tidak terlalu percaya diri, sila naik saja Bus Travel baik naik Transtar di Bandara Changi maupun ikut travel langsung ke Johor atau Legoland yang disediakan oleh hostel maupun hotel tempat menginap. Hampir semua hostel di Singapura menyediakan informasi transportasi ke Legoland.

Bus umum yang cukup rekomendasi adalah Causeway Link. Bus berwarna kuning ini punya perjalanan berkali-kali ke Johor dalam sehari. Jika ingin naik bis ini, kita bisa naik dari Queen Street Terminal tak jauh dari Bugis Junction dan Raffles Hospital. Awalnya saya kira berbentuk terminal, ternyata terminalnya tidak luas dan hanya ada konter pembelian tiket dan tempat kita mengantri naik bus.

Bus Causeway Link, khas berwarna kuning dan motif Smile (image by businterchange.net)

Ingat, jangan salah strategi. Hindari jam kepulangan karyawan dan akhir pekan. Parahnya waktu perjalanan saya kemarin, antrian naik bis mengular panjang dan tentu akhirnya harus berdiri sampai check point.

Tiket bus Causeway Link dapat dibeli langsung di terminal. Ongkosnya cuma SGD 3,5 perjalanan ke Johor Bahru akan berakhir di terminal JB Larkin. Jangan lupa untuk menyimpan potongan tiket karena akan dibutuhkan ketika selesai check point agar bisa naik bus lagi. Tidak harus Bus Causeway Link yang kita naiki dari terminal. Kita bebas naik Bus mana saja selama masih Causeway Link. Segera bergegas turun dari pemeriksaan paspor dan naik ke dalam Bus. Jika tertinggal tidak masalah, tinggal menunggu Bus Causeway Link berikutnya.

Jika ingin ke Legoland, setelah check point kedua di JB Sentral langsung saja menuju stasiun. Tidak perlu naik bus Causeway Link lagi. Dari JB Sentral tinggal naik Bus LM1 yang akan langsung mengantarkan kita ke wahana wisata Legoland. Namun bus akan berhenti sebentar menurunkan penumpang di Hello Kitty Town.

Baca Juga : 5 Hotel Murah di Singapura

Persiapan Naik Bus Umum Singapura Johor Bahru

Sebenarnya tidak ada persiapan berarti untuk naik bus Umum dari Singapura ke Johor Bahru. Yang penting dari manapun menginap, tinggal menuju Bugis Junction. Dari situ tinggal jalan kaki saja menuju Queen Street Terminal yang terletak di seberangnya.

Persiapan utama lebih ke fisik saja. Apalagi jika terjebak di weekend dan waktu pulang karyawan berhubung juga banyak warga Malaysia (khususnya Johor) yang kerja bolak-balik setiap hari ke Singapura. Siap-siap untuk berdiri selama di Bus dan mengantri di check point. Jangan lupa saat periksa paspor itu semua barang dibawa turun karena bisa jadi bus Causeway Link yang kita naiki setelah pemeriksaan, berbeda dengan sebelumnya.

Selamat berlibur….

9 thoughts on “Bus Umum Singapura ke Johor Bahru (Legoland & Hello Kitty Town)

1. Daruma

Waahhh penjelasannya lengkap banget berasa sama guide hehe
    Bus nya keren2 ya.. smg indonesia jd lbh byk transportasi busnya..

1. bangsaid Post author

Iya… Indonesia Bisnya masih begitu susah dipesan online wkwkwk.
      Modanya juga begitu. Kalau di Singapura dan Malaysia bis untuk perjalanan jauh seatnya 2-1

2. Pingback: Alternatif Menginap di Johor Bahru ~ Bangsaid

3. sisca ria

Seru bacanya,…
    rencn april19 mau ajak 2anak (abg+bayi1.5thn) ke singapura lanjut ke malaysia…
    bs kasih info nginep di singapura (rencn 2malam) dan baiknya tujuan akhir di malaysia kemn ya ?penginapan nya?(2malam)
    Tq ya…

1. bangsaid Post author

Wah… saya kok telat mbacanya. Jadi gimana Mba perjalanannya?
      Kalau Singapura 2 malam dengan bayi memang harus cari hotel atau hostel private room jangan dorm.
      Ke Malaysia nyeberang Johor lanjut Malaka. Baru ke KL.

4. Pakejpercutianbromo

betul Tiket bus Causeway Link gampang didapat Ongkosnya cuma SGD 3,5 perjalanan ke Johor Bahru akan berakhir di terminal, saya 6 hari lalu pergi kesana, dan skarang sudah di rumah, meski cukup capek tapi bersyukur udah sampai kesana dan kembali dengan selamat