5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur di Penang

By | October 24, 2018

Bulan Desember 2018 ini rencananya saya akan mengunjungi Bangkok. Sebenarnya sih dikarenakan tugas kuliah disana. Namun sehubungan dengan kendala yang aduh sangat susah dijelaskan, akhirnya destinasi kegiatan tugas kuliah adalah University Sains Malaysia di Penang. Mudah-mudahan kegiatan disana nanti bisa berjalan lancar.

Ngomong-ngomong, Penang adalah salah satu negara bagian (atau kalau di Indonesia adalah propinsi) dari Federasi Malaysia. Negara bagian ini terletak di Selat Malaka. Tak ayal, George Town sebagai Ibu kota Penang dipenuhi oleh bangunan-bangunan kolonial,China, dan India sehingga bersama Melaka, kota ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia (World Herritage Site) oleh UNESCO.

Saat berkunjung ke Hatyai tahun 2016 lalu, saya sempat melewati negeri ini. Hanya sekedar lewat namun tak menyeberang ke Pulau Pinang, tempat dimana kota George Town berada. Namun sepanjang perjalanan ke Thailand Selatan itu, saya sempat mengobrol dengan beberapa orang dan mereka merekomendasikan untuk berkunjung ke Penang. Hmmm….. bikin penasaran saja.

Apa Saja Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Penang?

1. Wisata Budaya dan Street Art Photo di George Town

Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion

Seperti yang saya sampaikan di atas, George Town kota terbesar di Penang adalah salah satu warisan budaya dunia. Sudah barang pasti di sana terdapat banyak sekali bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda serta Budaya China dan India. Salah satunya adalah Pinang Peranakan Mansion. Aslinya, bangunan ini merupakan rumah sepasang suami-istri Tionghoa dan Melayu yang biasa disebut “Baba” dan “Nyonya”. Di abad ke-19, bangunan ini menjadi yang termewah di Pulau Penang dengan perpaduan keramik dari Inggris, pilar-pilar dari Skotlandia dan panel kayu berukiran khas Tionghoa. Bangunan ini dijaga keasliannya sampai hari ini, membawa pengunjung ke era lampau di setiap ruangannya. Wow banget, ya.

Street Art Photo (by Penang.Gov.My)

Street Art Photo (by Penang.Gov.My)

Selain itu banyak sekali bangunan tua lainnya, seperti street art painting atau mural hasil tangan kreatif seniman Ernest Zacharevic yang tersebar di beberapa titik di kota ini. Uniknya lagi Zacharevic  memadukan  beragam properti seperti sepeda, motor dan ayunan sehingga memberikan kesan ‘hidup’. So, cocok sekali untuk berswafoto dengan latar dinding-dinding tersebut.

2. Wisata Pantai yang Aduhai

Pantai Batu Ferringhi (photo by : malaysia.travel)

Pantai Batu Ferringhi (photo by : malaysia.travel)

Namanya juga pulau, pasti wisata alam yang menjadi andalan adalah Pantai. Di Penang, Pantai Batu Ferringhi bisa disebut sebagai Senggiginya. Hamparan pasir putih pantai ini menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Penang. Dengan jarang sekira satu jam perjalanan dari George Town, sesampai di pantai ini kita dapat melakukan aktivitas olahraga air seperti banana boatjet ski, dan parasailing.

Photo by Traveloka.com

Selain itu kita juga bisa mengunjungi Museum Teddy Bear tak jauh dari pantai ini. Terletak di lantai dasar DoubleTree Resort by Hilton Penang, kita bisa mempelajari asal-mula boneka teddy dengan beruang-beruang lucu dari berbagai era, bahkan hingga ke awal tahun 1900. Kita juga dapat melihat Mini Penang, di mana beruang-beruang kecil didandani sesuai dengan setnya, mewakili tempat-tempat terpopuler di Penang.

3. Wisata Kuliner yang Menggoda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Said Rahman (@bangsaid) on

Beberapa kali mengunjungi Malaysia, saya terpincut dengan Laksa Penang. Laksa dengan irisan bawang bombay dan kuas asam manis pedas ini adalah makanan favorit saya ketika berkunjung ke negeri jiran. Nah, selain laksa, ada lagi beberapa kuliner enak yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Penang seperti rojak, ais kacang, teochew chendul (es cendol), char koay kak, nasi kandar,nasi ulam dan mee sotong.

4. Wisata Edukasi di Butterfly Farm

Salah satu kupu-kupu di The Cocoon Entopia (photo by traveloka.com)

Salah satu kupu-kupu di The Cocoon Entopia (photo by traveloka.com)

Di Penang, terdapat Taman Kupu-kupu yang lebih dikenal dengan Entopia. Terdapat dua area di outdoor The Natureland dan di indoor The Cocoon kita bisa belajar tentang alam, menikmatinya dan berinteraksi dengan lebih dari 15.000 jenis kupu-kupu. Menariknya lagi tak hanya kupu-kupu dan serangga namun ada juga ratusan spesies tanaman dapat ditemukan di taman berkonsep goa, air terjun, dan hutan pandora ini.

5. Landmark Favorit Penang

Penang Hill (photo by penanghill.gov.my

Penang Hill (photo by penanghill.gov.my

Salah satu tempat paling favorit ketika berkunjung ke Penang adalah Penang Hill atau dikenal juga dengan Bukit Bendera. Bukit ini adalah daratan tertinggi di Pulau Pinang dengan ketinggian hingga 700 mdpl. Dari atas bukit ini kita bisa melihat atau meneropong Pulau Penang dari atas.

Selain Bukit Bendera, tempat favorit selama di Penang adalah Penang Bridge. Memang untuk sampai ke Pulau Pinang selain menumpang Ferry kita bisa menaiki Bus menyusuri jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini. Waktu melewati negeri ini, saya sempat mengamati Google Maps dan terkaget-kaget dengan Jembatan yang dibangun di atas laut ini. Ada dua jembatan masing-masing memiliki panjang 13,5 km dan 23,5 km.

Penang Bridge (photo by says.com

Penang Bridge (photo by says.com

Manfaatkan Promo Tiket Pesawat ke Penang

Bagaimana teman? Menarik sekali kan beberapa tempat wisata di Penang. Nah, mumpung sebentar lagi Libur Natal 2018. Waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Segera cek tiket pesawat ke Penang yang dapat ditempuh melalui perjalanan langsung tanpa transit baik dari Jakarta mapun dari kota besar lainnya seperti Medan.

Liburan Murah ke Penang

Liburan Murah ke Penang bersama Traveloka

Untuk urusan tiket pesawat, sudah pasti saya serahkan pada Traveloka. Kenapa? Karena kita bisa pesan tiket pesawat sekaligus hotelnya tanpa ribet dan tentunya diskon yang lumayan. Lihat saja, tiket pesawat dari Jakarta ke Penang untuk 2 orang di musim liburan itu tak sampai 1,5 juta rupiah untuk sekali jalan. Bahkan dengan hostel dua malam di Penang, budget tiket dan tempat menginap untuk saya dan Alaric kurang dari 1,8 juta.

Tiket Berbagai Kegiatan di Penang

Dan yang saya suka, di Traveloka kita juga bisa langsung memesan tiket rekreasi di Penang langsung dari Indonesia dan tentunya dengan harga spesial. Sehingga ketika tiba di Penang, kita tinggal menikmati suasana liburan saja.

Jadi, tunggu apalagi….

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge