5 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Ini Bikin Anak Makin Aktif

By | May 17, 2018

Liburan sekolah sebentar lagi. Tentu kamu yang punya anak atau adik ingin membawa si kecil ke tempat wisata yang edukatif. Kamu pastinya mau banget dong kalau si kecil kesayanganmu makin aktif dan ceria, sekaligus tambah pintar selama liburan.

Nah, kalau kamu punya rencana liburan ke Jakarta bareng si kecil, kayaknya bakal cocok banget kalau kamu menunjungi 5 tempat wisata edukatif di Jakarta ini. Yuk, tengok apa saja daftar lokasi serunya!

1. Pinisi Edutainment Park

Pinisi Edutainment Park

Pinisi Edutainment Park (image by : homediarymagazine.com)

Dari namanya, kamu barangkali sudah bisa menebak kalau tempat wisata hiburan plus edukasi di kawasan Pasaraya Blok M ini memiliki tema kapal Pinisi. Pinisi Edutainment Park ini adalah taman bermain indoor dengan tema kota pelabuhan kecil. Kalau kamu mau mengajak si kecil melewatkan liburan yang berkesan, kamu bisa mengajak si kecil ke Pinisi Edutainment Park di Pasaraya Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Planetarium @ TIM

Planetarium Jakarta @ Taman Ismail Marzuki (image by : info-pasar.com)

Anak-anak pastinya punya rasa ingin tahu yang besar. Karena itu, nggak ada salahnya kalau kamu mengajak si kecil kesayanganmu ke Planetarium dan Observatiorium Taman Ismail Marzuki Jakarta. Di sini, si kecil bisa kamu kenalkan pada pengetahuan tentang perbintangan dan benda-benda langit. Lokasi planetarium ini adalah di kompleks Taman Ismail Marzuki, di Jl. Cikini Raya, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Learning Farm Ecopark Ancol

Learning Farm

Learning Farm @ Ancol (foto : dok ancol.com)

Tempat wisata seru yang satu ini adalah pilihan terbaik kalau kamu mau mengenalkan kehidupan satwa yang sangat menarik pada anak-anak. Nggak cuma bisa belajar tentang kehidupan satwa, pengunjung juga bisa belajar tentang hidroponik, melihat tanaman yang dipelihara di green house, melihat budidaya cacing, rumah lebah, dan masih banyak lagi. Seru dan nambah pengetahuan banget pokoknya!

4. Museum Layang-Layang

Museum Layang-layang

Museum Layang-layang Jakarta (image by panduan wisata Jakarta)

Kalau kamu masih terjebak dalam pandangan awam bahwa museum pastilah membosankan untuk anak-anak, kayaknya pandangan kamu bakal terbantahkan dengan keberadaan Museum Layang-Layang.

Museum ini menampilkan koleksi layang-layang dari Nusantara maupun dari luar negeri, dengan jenis layang-layang yang sangat lengkap yaitu layang-layang berjenis tradisional dan modern. Nggak cuma bisa melihat-lihat koleksi layang-layang saja, anak-anak juga bisa belajar membuat dan melukis layang-layang di sini. Lokasi Museum Layang-Layang adalah di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

5. Kidzania Jakarta

Kidzania

Kidzania Jakarta (courtesy of YouTube)

Sejak dini, kamu sudah bisa mengetahui bakat dan minat si kecil dengan melihatnya berkreasi di Kidzania Jakarta. Kidzania adalah lokasi wisata hiburan dan edukasi dengan bentuk kota kecil yang menyenangkan. Di sini, anak-anak bisa mencicipi pengalaman seru seperti menjadi polisi, petugas pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan masih banyak lagi.

Lokasi dari Kidzania Jakarta adalah di Pacific Place, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Selatan.

Nggak perlu ragu lagi buat mengajak si kecil ke salah satu tempat wisata edukatif di atas. Kalau kamu berdomisi di luar Jakarta, kamu bisa pesan tiket kereta dari kota asalmu dengan tujuan Stasiun Pasar Senen Jakarta atau ke Stasiun Gambir.

Namun, kalau kamu lebih tertaik untuk liburan dengan pesawat terbang, kamu bisa pesan tiket pesawat citilink ke Jakarta.

Semoga liburanmu dan si kecil menyenangkan, ya!

13 thoughts on “5 Tempat Wisata Edukatif di Jakarta Ini Bikin Anak Makin Aktif

  1. Hastira

    wah betul ya tempat2 itu buat anak tambah wawasan dan juga bisa bergembira

    Reply
  2. Keke Naima

    Anak-anak saya pernah beberapa kali main di Pinisi waktu mereka kecil. Tapi, herannya jarang banget rame. Kalah pamor sama tempat bermain lain. Padahal bagus tempat bermainnya.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Kira-kira kenapa ya Mba? Padahal bagus sih menurut saya

      Reply
  3. Ihwan Keluarga Biru

    Dari kelima tempat itu, udah lama tertarik ama Kidzania tapi kudu nunggu umur anak-anak cukup dulu untuk nyobain. Makasih Bang sharingnya, bisa buat referensi kalo nanti liburan ama keluarga ke Jakarta.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Sebenernya duo Ai, terutama Aiman sih udah bisa diajak ke Kidzania buat nyoba macam-macam profesi itu mas. Tiap kali saya kesana ada aja yang bawa anaknya 2-3 tahunan gitu

      Reply
  4. April Hamsa

    Ahahahahaah aku blm pernak ke sna semua, tapi yg TIM pernah lewat aja pas ajak anak2 ke perpus. kalau ke kidzana, hmmmm, nunggu ada sponsor bayarin kali ya atau pas diskonan hihihi #emakpelit

    Reply
  5. Grace Melia

    Wah pas banget. Abis ini mau 10 harian di Jakarta sama anak-anak pasti butuh main-main biar nggak bosen. Makasi infonya mas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *