X

5 Handphone 4G LTE di bawah 2 Juta

Jaringan 4G sudah mulai dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sejak setahun lalu saya sudah pakai modem 4G LTE yang dikombinasikan dengan jaringan super ngebut Bolt. Sayang, tak bertahan lama karena sinyal Bolt di rumah saya sudah susah sekali ditangkap. Untungnya modem 4G yang saya miliki unlocked sehingga saya bisa bebas menggantinya dengan operator lain yang saat itu masih setia dengan jaringan HSPA+ atau 3,5G.

Baru sejak pertengahan tahun kemarin beberapa operator besar di Indonesia menyelenggarakan jaringan 4G nya yang tentu tak terbatas hanya di Jadebotabek seperti milik Bolt. Salah satu yang jaringannya cukup luas adalah milik Smartfren. Sedangkan operator lainnya masih terbatas di beberapa kota besar saja.

Karena jaringan sudah tersedia, tentunya handset yang mendukung 4G LTE pun mulai banyak dijual. Dengan mengesampingkan handphone bundling yang sudah dikunci oleh si operator semacam Andromax punya Smartfren atau Powerphone punya Bolt, berikut ini adalah 5 handphones 4G LTE di bawah 2 juta rupiah yang layak menjadi pilihan.

1. Samsung Galaxy J1 Ace
Sebagai rajanya Android di Indonesia, Samsung baru saja merilis Galaxy J1 Ace sebagai suksesor J1 di penghujung September 2015 kemarin. Handphone yang sudah dilengkapi dengan layar super AMOLED khas Samsung ini hanya dihargai satu setengah juta saja. Kelebihan lainnya adalah dukungan frekuensi LTE yang cukup banyak. Sehingga Samsung Galaxy J1 Ace ini bisa dipakai di hampir semua jaringan 4G operator Indonesia. Sayang, dukungan RAM nya masih sangat rendah karena masih di bawah 1GB. Begitu pun dengan kamera belakang hanya mendukung pengambilan gambar hingga 5MP sedangkan kamera depan 2MP. Tapi untuk lensa kamera 5MP Samsung masih lebih baik dibandingkan handphone lokal.

Samsung Galaxy J1 Ace

2. Redmi 2
Dengan bentang layar sedikit lebih besar dari Galaxy J1 Ace, Redmi 2 memiliki layar sebesar 4,7 inch. Dari sis harga keduanya tak jauh berbeda, masih di kisaran satu setengah juta rupiah. Prosessornya sedikit lebih rendah dibandingkan Galaxy J1 namun dukungan RAM sebesar 2GB dapat meningkatkan kinerja handphone. Kamera belakang pun memiliki resolusi lebih tinggi (8MP). Namun, untuk saat ini tidak semua jaringan 4G operator di Indonesia yang disupport oleh frekuensi Redmi 2 karena frekuensi 4G LTE yang disupport Redmi 2 berkisar antara 1800 MHz ke atas.

Xiaomi Redmi 2

3. Meizu M2 Note
Sedikit lebih mahal dari Redmi 2, Meizu sebagai saingan di negeri asalnya Tiongkok, merilis M2 Note yang sudah support jaringan 4G LTE. Dengan bentang layar yang lebih besar lagi dari Redmi dan Galaxy J1 Ace, Meizu M2 Note juga memiliki kelebihan di RAM sebesar 2GB dan kamera belakang dengan resolusi mencapai 13MP. Begitu pula dengan Kamera depan yang 5MP, cocok untuk yang suka berselfie ria. Harga Meizu M2 Note saat ini masih berkisar di angka Rp 1.799.000,00.

Meizu M2 Note (sumber gambar : gsmarena.com)

4. Polytron Zap 5
Mungkin inilah Handphone 4G LTE termurah yang tidak dibundling atau dikunci dengan jaringan operator tertentu. Sebagai merek lokal, Polytron cukup berani menghadirkan handphone dengan kemampuan menangkap sinyal 4G LTE. Dengan harga sejuta lebih sedikit saja, spesifikasi Polytron Zap 5 setara dengan Galaxy J1 Ace. Bahkan ukuran Ram Zap 5 masih di atasnya, yakni sebesar 1GB. Frekuensi 4G LTE yang didukung oleh Zap 5 juga cukup luas mulai dari FDD LTE (frekuensi mayoritas operator di Indonesia antara 900-1800 MHz) sampai TDD LTE (yang dipakai oleh operator Bolt).

Polytron Zap 5

5. Evercoss Elevate Y3+
Selain Polytron, vendor lokal yang sudah berani mengeluarkan handphone 4G LTE adalah Evercoss. Dilaunching pertengahan November lalu, Elevate Y3+ hadir dengan harga terjangkau Rp 1.499.000. Evercoss menjual fitur Gestur pada kamera depan yang cocok sekali untuk pengguna selfie. Cukup dengan menunjukkan 2 jari, kamera dengan resolusi 5MP ini akan langsung menangkap gambar di depannya. Sedangkan kamera belakangnya setara dengan Redmi 2, yakni 8MP. Kelebihan lainnya dari Elevate Y3+ adalah dukungan USB OTG yang dapat digunakan untuk membaca flashdisk maupun harddisk eksternal.

Evercoss Elevate Y3+ (sumber: detikponsel.com)

Demikian 5 hanpdhone 4G LTE di bawah 2 juta versi saya, Masih ada beberapa merek lain seperti Lenovo A6000 atau Galaxy J2 yang baru saja dilaunch oleh Samsung bekerja sama dengan operator Smarfren. Semoga bisa memberikan informasi para sahabat yang punya keinginan untuk mengganti hanphonenya ke jaringan 4G LTE.

Categories: artikel tekno
bangsaid:
Related Post