Merawat Sepatu Kets

By | October 12, 2015

Sepatu kets atau Sneakers, sangat digemari. Karena ringan dan nyaman, sepatu kets sering digunakan untuk santai atau bepergian. Meskipun demikian, saya pribadi jarang sekali memakai sepatu kets jika jalan-jalan. Saya lebih senang menggunakan sandal gunung merk e*ger yang terkenal itu. Sepatu kets sendiri biasanya saya pakai kalau berolahraga.

Ada kalanya keadaan memaksa saya memakai sepatu kets di luar kegiatan olahraga. Seperti perjalanan ke Singapura dan Kuala Lumpur tempo hari. Ketimbang membawa sepatu pantofel yang berat saya lebih nyaman memakai sepatu kets. Tapi tetap saja membawa sandal 😀

Karena sering dipakai, sepatu kets sangat rawan terkena berbagai macam kotoran. Kotoran-kotoran yang melekat tersebut jika tidak segera dibersihkan dapat merusak sepatu. Tentu kita tak ingin sepatu yang kita sayangi tersebut rusak bukan? Oleh karena itu, kita perlu merawat sepatu kets dengan benar agar sepatu kets awet dipakai.

Sepatu Kets ~ Ilustrasi (sumber: kampungsepatu.com)

Mencuci Sepatu Kets dengan Benar

Salah satu cara perawatan yang cukup diabaikan adalah mencuci sepatu kets. Banyak orang mencuci sepatu kets alakadarnya. Bukannya sepatunya malah tambah awet, malah rusak dan akhirnya harus beli lagi.

Berikut ini adalah tips mencuci sepatu kets berdasarkan pengalaman saya pribadi dan membaca aneka literasi :

1. Segera bersihkan kotoran yang menempel pada sepatu kets. Kadang kita suka menunda-nunda membersihkan kotoran pada sepatu kets dengan berbagai alasan, misalnya kesibukan. Padahal semakin lama kotoran dibiarkan, akan semakin susah untuk dihilangkan. Akibatnya, butuh tenaga ekstra untun membersihkannya. Kadangkala pula, kotoran yang sudah terlampau lama menempel tidak bisa dihilangkan dan merusak tampilan sepatu kets kita. Namun lain lagi kalau yang menempel adalah lumpur. Sebaiknya biarkan lumpur kering terlebih dahulu sebelum mencucinya.

2. Lepas tali sepatu atau assesoris lainnya. Melepas tali sepatu akan memudahkan proses mencuci. Rendam sendiri tali sepatu dengan deterjen. Bila perlu tali sepatu yang putih dapat direndam dengan menggunakan pemutih.

3. Gunakan deterjen dan sikat. Untuk mencuci sepatu kets sikat dulu bagian luar baru kemudian bagian dalam. Sekali lagi untuk sepatu yang berwarna putih, tak ada salahnya gunakan campuran pemutih selain deterjen yang berkualitas. Saya sendiri biasanya menggunakan deterjen cair merk R*nso.

4. Bilas hingga bersih. Langkah membilas harus diperhatikan dengan seksama. Kita harus benar-benar memastikan tak ada lagi busa sabun yang tersisa. Sabun yang tersisa dan masih menempel pada sepatu akan merusak bahan sepatu dan menjadi tempat bersarangnya jamur.

5. Jangan gunakan mesin cuci. Jangan sekali-kali mencuci sepatu kets dengan mesin cuci. Selain merusak lem, mesin cuci juga dapat merusak warna sepatu kets.

6. Keringkan sepatu secara alami. Maksudnya jangan gunakan hair dryer atau pengering lainnya. Jemur saja sepatu kets yang sudah dibilas bersih. Namun sebaiknya hindari dari panas matahari langsung. Saya pernah menjemur di bawah sinar dan panas matahari langsung. Sepatu kets saya malah kisut atau berkerut dan tidak bisa dipakai lagi.

Demikian tips mencuci sepatu kets dari saya. Selain mencuci, berbagai perawatan mencegah bau juga perlu dilakukan. Biasakan tidak memakai sepatu ketika kaki masih basah. Suasana lembap akan mengundang jamur dan membuat sepatu jadi bau.

Selamat mencoba….

Clip to Evernote

3 thoughts on “Merawat Sepatu Kets

  1. jual sepatu wanita murah

    informasi yang sangat berguna sekali, apalagi bagi para penggemar dan kolektor sepatu kets tentu menjadi hal yang sangat penting dalam merawat dan membersihkan sepatu kets mereka

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge