Membuat Sendiri Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

By | October 13, 2015

Sebagai perantauan adakalanya saya merindukan kampung halaman. Banyak hal yang dirindukan. Entah suasananya yang mungkin jauh berbeda dengan kondisi tempat tinggal saat ini, tempat-tempat berkesan di masa kecil, sampai aneka makanan khas yang mungkin susah didapatkan di tempat tinggal sekarang.

Yang terakhir ini sering saya rasakan. Sebagai orang Bangka, lidah saya cukup cerewet soal makanan. Meski sebenarnya sekarang mulai beradaptasi dengan makanan jawa yang manis, atau makanan sunda yang asam manis. Tapi tetap saja, kadang-kadang saya merindukan makanan Bangka yang asam-pedas seperti lempah kuning khas Bangka.

Secara rasa, ada kesamaan antara lempah kuning dan garang asem, makanan khas dari Kudus. Bedanya dari bahan. Kalau garang asem rasa asamnya berasal dari belimbing wuluh, lempah kuning khas Bangka rasa asamnya berasal dari asam jawa atau nanas muda. Bahan utamanya juga berbeda. Kalau garang asem bahan utamanya daging ayam kampung, lempah kuning lebih nikmat jika dibuat dengan ikan laut meskipun sebenarnya bisa juga diganti dengan ayam.

Meski sering makan garang asem karena mudah didapatkan di Tangerang, tetap saja Rasa kangen akan lempah kuning tak bisa dibayar. Lalu daripada menunggu kesempatan lebaran baru bisa makan lempah kuning, akhirnya saya dan istri memutuskan untuk mencoba membuat lempah kuning sendiri.

Berbekal petunjuk dari ibu setelah ditelepon beberapa kali, beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk membuat lempah kuning. Iya teman-teman, saya sendiri yang membersihkan ikan, mengulek bumbu, sampai memasaknya. Isteri hanya kebagian membeli bumbu-bumbu yang dibutuhkan di pasar.

Lempah kuning hasil bikinan saya 😀

Apa saja bahan yang diperlukan?

Ikan laut (bisa tenggiri, kerisi, kembung, dsb) 1/2 kg
Air 1-2 liter

Bumbu yang akan dihaluskan :

Kunyit 3 ruas
Garam 1 sdm
Bawang merah 5 siung
Cabai rawit 8 buah (sesuai selera tingkat kepedasan)
Terasi 1 sdm
Gula atau penyedap secukupnya

Bumbu pelengkap :
Asam jawa secukupnya

Bagaimana cara membuatnya?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, berikut ini cara membuat lempah kuning :
1. Bersihkan ikan : buang insang dan isi perutnya. Potong sedikit bagian ekor, potong sirip-siripnya dan kikis sisiknya. Untuk memudahkan proses pembersihan ikan, jangan lupa gunakan talenan ya.
2. Rendam asam jawa dengan air di panci tempat kita akan memasak lempah kuning
3. Sementara asam jawa direndam, ulek atau haluskan bumbu. Urutannya sesuai ya. Yang pertama dihaluskan adalah kunyit, selembut-lembutnya. Kata ibu, semakin lembut bau kunyitnya semakin tidak berasa. Agar lebih halus saat mengulek kunyit, bisa diulek bersama garam.
4. Setelah kunyit halus, ulek cabai dan bawang merah bersama dengan kunyit yang sudah halus. Kali ini tak perlu terlalu halus lagi.
5. Ulek juga terasi ke dalam campuran kunyit-cabai-bawang tadi. Bila perlu tambahkan gula atau penyedap secukupnya.
6. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam air rendaman asam jawa.
7. Rebus hingga air berkurang separuhnya.
8. Masukkan ikan dan tunggu sampai masak
9. Lempah kuning, siap dihidangkan….

Lempah kuning yang saya buat ini tanpa potongan nanas. Tapi tetap saja enak 😀 untuk lempah kuning dengan potongan nanas akan dicoba pada kesempatan berikutnya berhubung susah sekali mendapatkan nanas muda di dekat rumah saya.

Selamat mencoba….

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge