5 Tahun Berkarya…

By | October 28, 2015

Selain blog yang ini, saya juga mengelola blog lainnya seperti blog anak saya, Alaric, blogdetik, blog saya yang berbahasa Inggris, dan blog lama saya yang akhirnya menjadi tempat untuk berbagi banyak tip trik dan beberapa materi belajar di sekolah. Sayangnya, selain blog yang ini blog lainnya jarang sekali diupdate. Saat iseng menjelajah kembali tulisan-tulisan lama tersebut, saya juga iseng membaca komentar-komentar yang datang. Saya meyakini kadang membaca komentar dari teman-teman justru akan membangkitkan kembali semangat nge-blog yang memang sering naik turun.

Ketika membaca komentar-komentar tersebut, saya juga melihat siapa yang memberi komentar. Nah, keinginan blogwalking pun datang. Lalu saya meng-klik satu-satu. Beberapa teman lama yang berkomentar ternyata tetap aktif ngeblog. Tapi tak sedikit pula dari mereka yang ternyata blognya tidak lagi bisa diakses. Bahkan beberapa domain malah tersedia untuk dibeli yang artinya sudah lama juga sang empunya blog tidak meneruskan domain. Entah karena pindah ke alamat lain, atau mungkin bisa jadi memang berhenti ngeblog.

5 Tahun Bangsaid.com

Sejak beberapa waktu yang lalu, jejaring sosial Facebook menyediakan fitur Memory dimana kita bisa melihat postingan kita tahun-tahun sebelumnya di tanggal yang sama. Seperti hari ini, di laman kabar berita saya diingatkan bahwa blog bangsaid.com ini telah genap berusia 5 tahun. Tepatnya tahun 2010 lalu blog dengan domain ini saya launching.

5 tahun sudah bangsaid.com ada 🙂

Tanpa terasa waktu yang terus berlalu ini sudah sekian banyak tulisan yang saya dibuat di blog ini. Semoga dari sekian banyak tulisan-tulisan tersebut ada yang bermanfaat bagi pengunjung dan penjelajah dunia maya.

Harapan di Usia 5 Tahun

5 Tahun berkarya....

5 Tahun berkarya….

Saya mungkin belum apa-apa dibandingkan dengan banyak blogger lain yang sudah malang melintang di dunia blogging. Tapi di tahun ke enam ini hanya satu harapan saya terkait kegiatan blogging adalah konsistensi. Sederhana namun sangat berat.

Lihatlah postingan di bulan Oktober ini, terbit acak tak teratur. Padahal sebelumnya saya sudah berusaha membuat jadwal menulis blog sekaligus menjadwal topik postingan berdasarkan harinya. Target tiga tulisan dalam satu minggu dengan tiga topik berbeda akhirnya masih menjadi target saja. Sempat di awal bulan belajar komitmen. Tapi ketika ide mulai mentok dan kerjaan di dunia nyata kian sibuk, semuanya menjadi di luar harapan.

Jadi penyebab inkonsistensi dalam ngeblog itu ya diri saya sendiri. Kerja kerasnya yang kurang. Mood yang naik turun seharusnya tidak menjadi penghalang lagi buat blogger khususnya saya. Zaman sekarang ketika ide-ide tulisan sedang bersliweran di kepala, seharusnya langsung diambil kesempatan tersebut dengan menuliskannya di media smartphone yang bahkan juga sudah mendukung kita untuk langsung mem-publish ide tersebut menjadi tulisan. Atau jika memang belum jadwalnya, tak sulit untuk menyimpannya sebagai draft untuk kemudian dikembangkan di lain hari menjadi tulisan utuh yang siap dipublikasikan.

Sekali lagi, semoga saya makin konsisten dan makin semangat untuk menulis… Amiin.

Selamat Hari Blogger Nasional, Selamat Hari Pemuda, dan Happy Anniversary yang ke-5, bangsaid.com (Semoga tetap ganteng, muda, dan gaul) 😀

4 thoughts on “5 Tahun Berkarya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *