5 Handphone di Bawah 2 Juta yang Support USB OTG

By | October 6, 2015

Semenjak handphone saya terendam lubuk di Curug Nangka tempo hari, fitur USB On the Go (USB-OTG) nya menghilang. Saya tidak tahu mengapa. Saya tebak kemungkinan terjadi korsleting pada komponen OTG nya sehingga fitur tersebut tidak dapat digunakan lagi oleh handphone saya.

Apa untungnya fitur USB OTG ?

Fitur USB On The Go atau biasa disingkat dengan USB OTG adalah kemampuan untuk melakukan transfer data ataupun lainnya melalui flasdisk yang langsung tertancap ke ponsel menggunakan kabel USB OTG sehingga sudah tidak memerlukan lagi PC maupun laptop untuk browsing segala macam data yang ada didalam flasdisk.

Kabel dan Konektor OTG

Selain itu, USB OTG memungkinkan ponsel kita mampu membaca harddisk eksternal sehingga kita dapat memutar musik atau film tanpa harus meng-copy ke dalam memory ponsel atau memory card kita. Cukup sambungkan handphone kita ke harddisk atau flash disk menggunakan kabel atau konektor OTG yang banyak dijual di toko handphone.

Tak hanya membaca hardware data, fungsi OTG pada sebuah smartphone juga dapat digunakan untuk hardware lainnya semacam USB keyboard atau mouse.

Apakah semua smartphone support dengan USB OTG?

Tidak semua. Kebanyakan handphone yang sudah support dengan fungsi OTG adalah handphone kelas menengah ke atas semacam Galaxy S III ke atas, Nexus, Xperia Z, dan sebagainya yang harganya selangit :-D. Namun, tahukah teman-teman kalau ada beberapa handphone di bawah 2 juta rupiah, bahkan beberapa tak lebih dari sejuta setengah, yang memiliki fitur USB OTG ini?

1. Mito A68 Fantasy Power

Seperti handphone saya, si Mito Fantasy Power, ketika awal launching hanya seharga Rp 1.499.000,00. Selain hadirnya fitur OTG sekelas handphone mahal, Fantasy Power juga bisa berbagi listrik dengan handphone lain dengan fitur powerbank nya. Maklum, kapasitas baterainya hingga 4000 mAh. Cukup awet sih… saya bisa nge-cas handphone 2 hari sekali dengan kondisi online terus 2×24 jam tersebut.

Mito A68

2. Evercoss A7N

Hadir dengan spesifikasi mirip Fantasy Power, Evercoss dengan slogan Go Internasional ini juga menyematkan fitur USB OTG di seri A7N. Harganya relatif murah, hanya sekira Rp 1.200.000,00 saja. Meskipun tidak dapat menjadi powerbank seperti Fantasy Power, Evercoss A7N memiliki kelebihan resolusi kamera depan yang lebih besar ketimbang Fantasy Power, yakni 5MP yang sangat berguna bagi mereka yang hobi selfie.

Evercoss A7N

3. Xiaomi Redmi 2

Sebenarnya tidak hanya Redmi 2/2S yang baru launched beberapa waktu lalu yang support dengan OTG. Generasi pertamanya, Redmi 1S yang laris lewat flash sale di sebuah toko online, juga sudah mendukung fungsi USB OTG. Dibandingkan dengan 2 merek lokal di atas, Xiaomi memang punya nama. Apalagi Redmi 2S yang dibanderol dengan harga sekira 1,5 juta rupiah ini sudah dapat digunakan untuk jaringan 4G LTE.

Xiaomi Redmi 2 (sumber : smartmobtech.com)

4. Meizu M2 Note

Baru saja launching, handphone vendor asal Tiongkok ini juga laris manis di sebuah situs jejualan online. Seperti Redmi 2S, selain support USB-OTG, Meizu M2 Note juga sudah mendukung jaringan 4G LTE. Bahkan kabarnya sudah mendukung semua jaringan 4G LTE semua operator di Indonesia. Kelebihannya jika dibandingkan dengan Redmi 2S, layarnya sedikit lebih besar, yakni 5 inch. Dari sisi harga, Meizu M2 Note memang sedikit lebih mahal dibandingkan Redmi 2S. Banderol harga saat flash sale adalah Rp 1.699.000,00.

Meizu M2 Note (sumber : phonearena.com)

5. Infinit Hot Note X551

Produk vendor asal Taiwan ini memiliki lebar layar yang lebih luas dibandingkan 4 handphone di atas. Layar Infinit

Hot Note X551 selebar 5,5 inch ini cukup lega untuk bermain game atau menonton vi

deo. Untuk spesifikasi lainnya seperti kamera, tak jauh berbeda dengan Mito Fantasy Power dan Evercoss A7N. Harganya juga masih dibawah Meizu dan Xiaomi, yakni hanya Rp 1,5 juta saja. Sayangnya koneksi internet handphone ini hanya support HSPA+, alias belum mendukung 4G LTE.

Demikian 5 handphone murah yang sudah support USB OTG. Jikalau teman-teman ingin menambahkan daftarnya, silahkan komentar di bawah ya ๐Ÿ˜‰

Semoga bermanfaat

 

4 thoughts on “5 Handphone di Bawah 2 Juta yang Support USB OTG

  1. Rizkyzone.com | Blogger Tulungagung

    Dulu saya sempat berangan angan seandainya flashdisk dapat dicolokon atau di sambungin ke ponsel kayaknya sangat menarik untuk nambah space penyimpanan seperti halnya HDD External, ternyata bberapa bulan kemudian muncullah kabel OTG, Alhamdulillah ponsel saya samsung galaxy tab 2 saya dah suppot kabel OTG bang

    Reply
  2. Ibnu cho

    saya malah baru tahu soal USB ini bang, kayaknya wajib punya dan dicoba,,, kira kira Sony Xperia L dah support belum ya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.