Agar Dapat Tidur Nyenyak

By | September 20, 2015

Siapapun tentu ingin dapat tidur dengan nyenyak. Apalagi di malam hari. Orang yang tidur malamnya tidak nyenyak biasanya berdampak pada kondisi keesokan harinya, terlihat lemas dan lesu. Tak hanya itu, tidur nyenyak membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dari seminar kesehatan yang saya ikuti hari Minggu yang lalu, salah satu penyebab kita sakit adalah kurangnya istrirahat. Salah satu bentuk istirahatnya adalah tidur.

Tidur nyenyak sangat bermanfaat bagi tubuh

Tidur nyenyak sangat bermanfaat bagi tubuh

Begadang, kurang tidur, atau tidur di saat yang tidak tepat dapat merusak keseimbangan tubuh. Hal-hal yang melanggar sunnatullah inilah yang menyebabkan penyakit. Padahal, dalam agama Islam jelas Allah hadirkan siang untuk giat berusaha dan malam sebagai waktunya beristirahat.

Manfaat Tidur Lelap

Beberapa manfaat tidur nyenyak yang dapat saya rangkum dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi Stress. Kurangnya tidur berdampak pada tekanan darah dan produksi hormon stress. Tekanan darah yang rendah membuat tubuh menjadi lemas. Tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit lain semacam penyakit jantung dan stroke.
  • Sehat untuk Jantung. Meningkatknya hormon stress akan memicu peradangan dan peradangan inilah yang kemudian akan berimplikasi pada jantung dan sel-sel kanker
  • Menjadi lebih bugar. Tidur lelap dapat membuat kita lebih bersemangat keesokan harinya karena adanya keseimbangan pada tubuh antara bekerja dan istirahat.
  • Menguatkan daya ingat. Hans Berger seorang neurologist dari Jerman menyebutkan bahwa semasa tidur (baik bermimpi mupun tanpa mimpi) adalah masa dimana otak sedang bekerja. Khususnya otak sedang memproses informasi yang didapat sebelum tidur, kenangan-kenangan emosional dalam sehari, lalu meneruskannya ke memori jangka panjang. Sehingga tidur lelap sangat membantu menguatkan daya ingat.
  • Menjaga keseimbangan berat badan. Kurang tidur (baik secara kuantitas maupun kualitasnya) mempengaruhi hormon dan metabolisme tubuh seperti terganggunya nafsu makan.

Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak

Dengan banyaknya manfaat dari tidur nyenyak dan lelap tersebut, banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkannya. Untuk itu, kiat-kiat berikut ini dapat dipraktikkan agar tidur kita menjadi berkualitas.

  • Rajin Berolahraga. Sudah tidak dipungkiri lagi kalau olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pun begitu dengan pengaruhnya bagi tidur nyenyak. Berolahraga secara rutin membantu mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Tidur pada jadwal yang ditetapkan. Membiasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya akan menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Rutinitas ini akan membantu kita terbiasa tidur lebih mudah. Akan sangat tidak aman bagi tubuh jika hari ini tidur jam 9, esok hari begadang dan baru tidur menjelang pagi. Kebiasaan tidak teratur inilah yang dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh.
  • Hindari nikotin, kafein, dan stimultan lainnya yang membuat tubuh tetap terjaga. Dari sebuah seminar kesehatan yang saya ikuti beberapa tahun lalu, kebiasaan minum kopi dan teh sebaiknya tidak dilakukan lebih dari jam 5 sore hari. Kafein yang terdapat dalam teh dan kopi akan mengganggu waktu tidur kita.
  • Matikan televisi, komputer, laptop, dan smartphone. Main game atau menonton tivi sebelum tidur seharusnya tidak dilakukan. Berilah jeda setengah sampai satu jam setelah menonton televisi agar otak menjadi relax sebelum tidur. Akan lebih baik lagi mengganti aktifitas membuka social media, main game, atau menonton tivi dengan kegiatan membaca buku ringan. Hal bermanfaat lainnya yang dapat membantu otak menjadi relax sebelum tidur adalah mengevaluasi diri (mengingat kebaikan yang kita lakukan pada hari itu, kesalahan yang kita perbuat, lalu memohon ampun atas kesalahan tersebut serta meminta maaf jika kesalahan tersebut berhubungan dengan orang lain semisal pasangan kita).
  • Ciptakan suasana dan kondisi ruang tidur yang nyaman. Kamar tidur yang nyaman akan membantu kita tidur lebih lelap. Suasana gelap juga bermanfaat untuk produksi hormon melantonin sebagai pereda stress. Musik ringan bisa juga diputar sebagai backsound. Jangan lupa untuk menghidupkan timer agar musik tidak terus menyala hingga pagi hari. Untuk mendapatkan suasana ideal lainnya, kita bisa memasang sejenis lampu proyektor yang memancarkan cahaya-cahaya pendar yang membantu memberikan efek relax pada mata.
  • Berdoalah sebelum tidur. Yang tak kalah penting adalah memanjatkan doa sebelum tidur. Sebaik apapun persiapan kita tidur, tentu Tuhan-lah yang memutuskan.

Semoga bermanfaat 😉

4 thoughts on “Agar Dapat Tidur Nyenyak

    1. bangsaid Post author

      Kalau berhasil bagi-bagi pengalaman ya 😉
      Terima kasih kunjungannya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *