Agar Kabel Tidak Digigit Tikus

By | May 21, 2015

Beberapa hari ini sangat kesal dengan tikus di rumah. Rasanya kalau ketangkap, ingin dicincang atau dilindas saja dengan mobil. Pasalnya, sudah yang keempat kalinya kabel yang saya miliki digerogoti oleh makhluk pengerat ini. Pertama adalah kabel printer di rumah. Yang pertama ini langsung putus. Shock berat waktu itu karena dikira harus diganti dengan kabel baru yang belum tentu gampang mendapatkannya. Tapi syukurnya bisa disambung.

Kejadian berikutnya adalah kabel charger laptop yang ditaruh di atas rak buku. Sebel! Charger laptop tak murah dan juga tak mudah dicari. Padahal saya sangat menjaga kabel chrager laptop yang sekarang agar tidak bernasib sama dengan charger laptop satunya yang akhirnya tak bisa dipakai lagi. Tak lama berselang kabel USB yang baru saya beli juga tak luput dari gigi tikus. Ketiga kalinya ini istri sampai ikut-ikutan sebel dan minta dibelikan racun tikus untuk diminum agar dapat menangkap si tikus.

Kabel charger Laptop yang dua kali digigit tikus

Kabel charger Laptop yang dua kali digigit tikus

Nah, kemarin kejadian lagi. Kabel Charger laptop yang sudah digulung rapi namun ditaruh di atas rak buku kembali digigit. Meskipun tak putus, saya semakin kesal dan mengangkat bendera perang untuk makhluk ini. Dan saya akhirnya bertekad untuk langsung memasukkan semua kabel-kabel gadget ke dalam tas langsung jika sudah selesai digunakan.

Ini baru soal gadget. Tetangga depan rumah malah kabel di dalam mesin mobilnya yang putus gara-gara tikus. Dan yang sangat berbahaya adalah jika kabel listrik di rumah sampai digigit tikus juga. Ini kadang yang bisa menyebabkan kebakaran di tempat tinggal. Jadi, kita tak boleh remeh dengan hewan yang satu ini *sambil pegang parang.

Kenapa ada tikus ?

Tentu tak ada kesia-siaan dalam setiap ciptaan Tuhan. Pun begitu dengan tikus. Meskipun tikus tergolong jenis hama yang merusak, tapi ada hikmah di balik kehadirannya di dunia. Tikus adalah tanda yang diberikan Tuhan pada tempat tinggal kita yang tidak bersih. Jadi solusi terbaiknya adalah menjaga kebersihan rumah agar tikus enggan masuk atau bersarang di rumah.

Sisa-sisa makanan atau sampah yang tidak segera dibuang dapat mengundang tikus. Pun begitu dengan tempat-tempat lembab atau celah-celah di rumah. Usahakan tidak ada ruang atau jalan bagi tikus untuk masuk.

Bagaimana agar kabel aman dari gigitan tikus ?

Ceritanya tadi sore saat buka timeline pesbuk, saya melihat sebuah iklan yang menarik dari tokopedia. Ya, iklan pelindung kabel yang pas sekali dengan permasalahan saya. Pelindung kabel berbentuk spiral berwarna-warni ini diklaim cocok untuk mengatasi gangguan tikus pada kabel-kabel gadget.

aneka pelindung kabel (sumber gambar : mbah Google)

aneka pelindung kabel (sumber gambar : mbah Google)

Nah, saya sendiri sebenarnya tertarik namun belum memutuskan untuk membeli karena masih ragu dengan keampuhannya. Apakah ada salah satu dari teman yang pernah atau sedang menggunakannya? Boleh dong di-share testimoninya apakah pelindung ini benar-benar efektif?

12 thoughts on “Agar Kabel Tidak Digigit Tikus

  1. Reservasi

    Wah! bisa begitu toh :O biasanya nih, kabel serin putus karena digigitin sama tikus. Kalau kayak gini bisa lebih awet dah 😀

    Reply
  2. Mas Blur

    Kalo untuk listrik di rumah, biasanya saya pake paralon kabel mas. hehhe.. murah meriah, sejauh ini Alhamdulillah.. Aman.
    Salam Ngeblur

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Paralon kabel itu gimana mas? KAbelnya ada di dalem paralon gituh?

      Reply
  3. Diana Putri

    memangnya kabel spiral anti gigitan tikus ya ? bukannya itu terbuat dari plastik/karet ya ? tapi terimakasih ya artikelnya, sangat bermanfaat sekali buat banyak orang

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Saya juga belum coba… menurut yang jual si ampuh 😀

      Reply
  4. mawi wijna

    Lha rumah kok bisa diserbu tikus? Itu dulu yang mesti diberi pertahanan tangguh Kang.

    Sebar jebakan di dalam rumah, deket kabel2 itu, klo dipikir2 tikus nggigitin kabel itu kan karena mereka laper.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      *garuk-garuk kepala sambil bayangin Tom & Jerry

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.