Be an Inspiring Teacher

By | March 31, 2015

Bicara tentang blogging, rasanya setiap blog memiliki tagline. Bisa dibilang semua blog bahkan. Dari teman-teman blogger yang saya kenal baik di dunia maya dan dunia nyata, memiliki blog dengan tagline tertentu. Sebut saja semisal blog Mba Isnuansa dengan tagline “Tempat Curhatnya Isnuansa”, Blog Ijal Fauzi dengan tagline “Wadah Opini, Dokumentasi dan Cerita Ringan”, atau blog kak Zizy yang memiliki tagline “A Special Blend of Emotional Memory”. Coba, ada ngga blog teman-teman tanpa tagline ?

Tagline atau bahasa Indonesia nya Slogan (meskipun sebenarnya saya tak menemukan arti kata-kata “tagline” di kamus Bahasa Inggris – Indonesia), merupakan kata-kata atau kalimat pendek yang menarik-mencolok-mudah diingat, untuk memberitahukan sesuatu. Ini sebenarnya bukan definisi pribadi, melainkan saya comot dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kalau Blog memiliki tagline sudah tak asing ya. Nah, kalau kita secara pribadi punya? Seperti apa?

Memori di Kelas Inspirasi ~ Sehari Mengajar Seumur Hidup Menginspirasi

Blog bangsaid.com ini sudah beberapa kali mengganti tagline hingga akhirnya saya sedikit betah dan narsis dengan tagline “Ganteng ~ Muda ~ Gaul”. Namun setelah ditelisik sepertinya tagline tersebut lebih cocok dengan pribadi ketimbang blog sebagai tempat untuk berbagi cerita (baca: menulis banyak hal). Tapi, apa saya pede memakainya sebagai tagline pribadi? Saat ini belum *hahaha. Saya lebih memilih tagline “An Inspiring Teacher” sebagai tagline diri saya.

Kenapa? Alasan utamanya adalah karena saya guru. Memilih kata-kata inspiring membuat saya menjadi selalu ingin lebih baik setiap harinya. Namanya menginspirasi, tentu harus menebarkan kebaikan dalam hidupnya. Inilah salah satu motivasi hidup saya. Bukan karena banyaknya ilmu yang kita miliki, tapi seberapa besar kebermanfaatan kita bagi manusia lainnya. Agama saya mengajarkan “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Dengan menjadi guru, manfaat sudah pasti dimiliki. Namun bagaimana manfaat tersebut menjadi inspirasi bagi orang lain (khususnya anak-anak didik) untuk juga memberikan manfaat bagi yang lainnya.

Oya, tagline tidak sama dengan Motto ya. Kalau motto lebih kepada semboyan atau kata-kata yang dijadikan prinsip. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Apa tagline kalian?

7 thoughts on “Be an Inspiring Teacher

  1. Zizy Damanik

    Benar. Kalau punya sesuatu yang bisa bermanfaat buat orang lain, harus kita share, apa gunanya disimpan kan?
    Tagline blog saya, tidak mau aneh-aneh, saya pakai yang sangat mencerminkan saya, an emotional mommy…
    Zizy Damanik recently posted…Tiga Cerita Baru Tentang VayMy Profile

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge