Ke Saung Angklung Udjo, Langsung Bisa Main Angklung!

By | May 31, 2014

Bandung tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner, alam, maupun belanja. Ada hal yang cukup menarik di Bandung, yakni wisata budaya yang dapat membuat kita semakin cinta dan bangga dengan Indonesia. Namanya, Saung Angklung Udjo. Pertengahan April kemarin setelah menerobos masuk Gedung Sate di hari kerja *jangan ditiru, saya dan rombongan siswa – siswi kelas 5 SDIP Al-Amanah Tangerang berwisata ke Saung seni tradisional sunda tersebut.

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka 118 Bandung. Tak sulit menemukannya meski tidak di pinggir jalan raya, banyak penunjuk jalan yang bisa menggiring kita sampai dengan selamat di tujuan. Seingat saya *soalnya tidur – tiduran di Bis, Bis yang kami tumpangi mengarah dari Resto Alas Daun (sekitaran Gedung Sate) menuju terminal Cicaheum Bandung. Dan tiba – tiba saja sudah sampai :-D.

Sebagai tempat pertunjukan seni, tentu saja di Saung Angklung Udjo kita disuguhkan berbagai kesenian tradisional Sunda. Mulai dari wayang golek ‘Si Cepot’ hingga bermain angklung bersama – sama seluruh pengunjung. Jadi baiknya, kita tiba di Saung Angklung Udjo sebelum atau minimal pas di saat pertunjukkan akan dilaksanakan. Sayang sekali kalau terlambat, karena bisa – bisa kita mendapat tempat duduk paling belakang sehingga menjadi tidak maksimal dalam menikmati pertunjukan.

Pertunjukan yang pertama adalah Wayang Golek yang bercerita tentang peperangan dan membuat pengunjung sukses tertawa terpingkal – pingkal dengan aksi dalang yang kocak dan piawai memainkan wayang. Dilanjutkan dengan pertunjukan Helaran yang dilakukan oleh anak – anak yang unyu – unyu yang rata – rata masih di bawah 10 tahun. Helaran berlatar musik sunda lengkap dengan angklung dan calung. Menurut brosur yang di dapat saat membeli tiket, tradisi helaran merupakan ritual dalam melangsungkan syukuran misalnya untuk anak yang baru di khitan/sunat. Mengiringi helaran, berbagai tarian khas sunda (seperti tari topeng dan tari merak) pun dipertunjukkan.

Kesenian Helaran ~ Dipentaskan oleh anak - anak

Kesenian Helaran ~ Dipentaskan oleh anak – anak

Selanjutnya ada Arumba (Alunan Rumpun Bambu) dan angklung mini. Disini musik angklung dimainkan oleh anak – anak diiringi oleh band juga memainkan lagu – lagu terkenal baik di Indonesia (lagu – lagu daerah) hingga lagu – lagu dari mancanegara. Dan asyiknya lagi, setelah semua pertunjukan dipentaskan, setiap pengunjung akan dipinjami satu buah angklung. Disinilah kita akan bermain angklung bersama dipandu oleh teteh (panggilan kakak perempuan sunda) yang cantik – cantik (Waktu saya kesana namanya Teh Ira dan Teh Amel). Hebatnya lagi, kita semua tiba – tiba jadi bisa bermain angklung. Mungkin karena teteh – teteh tersebut 😀 *abaikan.

Saung Angklung Udjo ini sudah berdiri sejak 1966 *jaman ibu saya baru lahir. Didirikan oleh Udjo Ngalangena (seorang legenda Angklung) beserta isterinya Uum Sumiati dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Saung Angklung Udjo tidak hanya menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal seperti saya, namun juga mancanegara. Selain pertunjukan, di Saung Angklung Udjo juga tersedia fasilitas penginapan (guest house) dan toko cindera mata yang menjual macam kerajinan tangan mulai dari gantungan kunci, , tas, sandal, boneka wayang golek, hingga set angklung untuk berlatih di rumah.
Nah, jika ingin datang kesini kita dikenakan biaya mulai dari Rp 60.000,-/orang di hari biasa atau Rp 75.000,- di akhir pekan untuk menyaksikan sekali pertunjukan pada jam khusus (Waktu kesana jam 13.00). Untuk sewa kamar penginapan berkisar antara 300 ribu hingga 750 ribu.
Pertunjukan Angklung

Pertunjukan Angklung

Lebih lengkap lagi, teman – teman yang ingin berkunjung bisa menghubungi terlebih dahulu Saung Angklung Ujdo di nomor telepon 022 – 7271714 atau 022-7101736. Atau juga bisa mengunjungi laman website di www.angklung-udjo.co.id
Sumber Gambar : indonesia.travel
Insya Allah akan di-update dengan foto – foto dokumen pribadi yang nyempil di komputer sekolah 😀
Clip to Evernote

15 thoughts on “Ke Saung Angklung Udjo, Langsung Bisa Main Angklung!

    1. bangsaid Post author

      seneng ya sudah kenal Angklung dari TK. Saya taunya pas SD dan ga pernah tau cara memainkannya karena di sekolah cman jadi panjangan saja

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Iya, waktu saya ngumpul dengan teman2 dari ASEAN, bahkan di Malaysia ada pelajaran khusus untuk ANgklung

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge