Yang Gratisan memang Terbatas

By | March 18, 2013

Beberapa hari yang lalu, website ini mengalami Down dan tidak bisa diakses. Setiap mengakses halamannya termasuk halaman Admin, akan diteruskan ke homepage hostingnya yang menjelaskan bahwa web ini mengalami CPU Exceeded (istilah mereka). CPU Exceeded ini batas penggunaan CPU yang berbeda dengan bandwith a apalagi space hard disk. Dengan pembatasan CPU Exceeded, ternyata akses ke blog/ website kita dibatasi karena dapat mempengaruhi kinerja CPU server, begitu penjelasan dari TOS hosting providernya.

Beginilah nasib menggunakan jasa hosting gratisan. Selain kita harus taat aturan yang berlaku, ternyata ada banyak batasan – batasan yang mungkin mempengaruhi kreativitas. Memang sejak pindah dari jasa gratisan Host1Free, saya menggunakan jasa id-Hostinger, penyedia hosting gratis Indonesia. Sangat membantu dan mudah sekali mendaftar kemudian menggunakan jasanya. Sayang, kesini – kesini ternyata ada banyak pembatasan yang mengakibatkan akhirnya blog saya disuspend beberapa saat.

Mau tidak mau, saya menghubungi admin id-Hostinger karena saya tidak dapat mengakses CPanel sekalipun. Padahal saya belum sempat membackup data blog saya 🙁 Alhamdulillah adminnya berkenan mengaktifkan kembali blog saya dengan catatan saya berjanji melakukan optimasi terhadapnya. Dan seperti yang teman – teman temukan sekarang, web saya akhirnya bisa dikunjungi kembali.

id-Hostinger bagus, cuma ….

Saya berani bilang, layanan id-Hostinger cukup bagus. Space Disk nya cukup besar, Bandwithdnya juga. Sayang ternyata ada batasan yang diterapkan. Apa saja?

1. batas hits dan atau visitors harian
– Hosting gratis : visitor 500 per hari dengan hits / visitors rate 60%
*Nah, 500 visitor sehari? Blog saya jauh lebih besar sepertinya, heheh

2. batas penggunaan resource cpu server
– Hosting gratis : diizinkan menggunakan maksimal 10% resource cpu server selama 60 detik

Untuk blog saya mungkin jatah segitu memang kurang sehingga akhirnya saya mendapat beberapa kali peringatan CPU Exceeded dan blog saya disuspend. Jumlah visitor yang dibatasi membuat kita menjadi kurang kreatif dan tentu menurunkan semangat nge-blog. Tapi beralih ke layanan premium id-Hostinger masih belum lebih murah dibandingkan jasa provider hosting lain. Beginilah nasib kalau ingin eksis tapi kurang modal *hahaha. Saran saya, untuk blog atau website dengan kunjungan seadanya (belum terlalu ramai) memang cocok menggunakan layanan gratis dari id-Hostinger.

Akhirnya, saya sedang memepersiapkan untuk kembali menggunakan jasa hosting berbayar. Mudah – mudahan ada teman yang bisa memberikan masukan jasa hosting murah namun layanannya maksimal *maunya 😀.

20 thoughts on “Yang Gratisan memang Terbatas

  1. Willy Permana

    Saya pribadi pakai jasa qwords.com untuk blog pribadi dan rumahilmu.or.id untuk website kantor. Cukup murah, tapi fitur optimal (tidak berani bilang maksimal 😀 )

    Reply
  2. bangsaid

    Oke… dicoba nanti mampir kesitu deh bang 😀
    Thanks ya

    Reply
  3. Jefry

    kalau batas visitornya cuma 500/hari sepertinya tidak akan ada gunanya bila space yang diberikan tersebut besar hingga 2G

    Reply
  4. bangsaid

    Ya.. Şέ³tûĵÛüú˘…….!!!!.
    apalah artinya visitor maksimum 500 😀

    Reply
  5. Kimsanada

    Yakk…
    Ini satu lagi saya nemu bukti.. Kalo yang namanya gratisan, seringkali nggak memuaskan..
    Mending bayar sekalian.. Cenderung lebih jelas benefit yang ditawarkan.. hehee

    Reply
  6. bangsaid

    ( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)๏ђέђέђέђέ๏( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)
    Betul3x

    Reply
  7. Roberto Kaban

    iya..senasib kita mas, saya juga ada blog yg hosting di idhostinger, cpu exceeded jg.emang kayaknya harus beralih ke hosting yg berbayar agar kecewanya sedikit berkurang..:(

    Reply
  8. dhiya

    iets..iest..numpang lewat gan..jangan buru2 dulu mau ke premium..Gratisan belum tentu jelek..
    sy jg mengalami nasib seperti anda..namun GUA tu yg premium gan "BAYAR"..

    "melebihi batasan CPU"..lalu dimana letak kesalahannya?

    penyebab Melebihi Batasan CPU sebenarnya adalah ada pada aturan Ini ” HIT Visitor ”
    walaupun Team ID mengatakan
    ada 2 penyebab yaitu

    Reply
  9. Asep Dahlan

    Mereka membatasi secara Strict, dan sering juga cari-cari kesalahan Client. Ujung-ujungnya nyaranin Client supaya Move on ke Paket Berbayar. Eh pas udah pake Paket Berbayar tetep aja ada masalahnya, inilah itulah, alesannya ada aja. Ujung-ujungnya di suruh Move on ke Paket yang lebih tinggi lagi. Pas udah pake Paket termahalpun tetep aja ada kendalanya. Namanya juga bisnis, harus pinter dong ngejebak Client demi meraup surplus.

    By : Mantan Pegawai di sono

    Reply
    1. bambang

      idhostinger jelek pak
      parah banget
      mau hostinger mau niagahoster sama aja
      layanannya gak profesional

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *