Terasi Bangka (Belacan), Bumbu Khas yang Bikin Enak tiap Masakan

By | March 26, 2013

Tak salah banyak yang beranggapan lidah Bangka itu lidah cerewet. Banyak orang – orang Bangka yang susah beradaptasi dengan makanan luar daerahnya. Tetapi saya tidak termasuk di antaranya karena sejauh ini saya bisa makan masakan apa saja, termasuk jenis masakan Jepang dan Korea ๐Ÿ˜€ Kenapa mereka susah beradaptasi ? Kebanyakan mengaku masakan di luar Bangka tidak seenak masakan Bangka. Bahkan jenis apapun untuk beberapa teman yang ekstrim. Kurang Sedep lah, Ngga gurih lah, sampai ngga ada rasa.

Salah satu yang membuat masakan Bangka jadi bercita rasa tinggi adalah Terasi atau yang lebih dikenal dengan nama Belacan. Terasi adalah bumbu penting di Bangka, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Bumbu yang terbuat dari udang rebon ini dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih enak, gurih, dan lezat. Aroma khasnya sungguh menggoda dan mengundang selera.

Terasi Bangka (Belacan)

Terasi Bangka (Belacan)

Selain untuk campuran masakan (bumbu masak), terasi juga menjadi bahan baku utama Sambal Terasi *yaeyalah. Saya bahkan sampai sekarang selalu merasa ada yang tidak pas di lidah kalau makan tanpa sambal terasi ๐Ÿ˜€ Beberapa orang termasuk ibu saya lebih menyukai sambal terasi yang digoreng. Sedangkan saya lebih suka sambal terasi yang mentah atau di bakar.

Banyak juga yang mengaku bahwa terasi Bangka adalah terasi tersedap yang pernah ada. Rasa enaknya jauh melebihi rasa terasi dari daerah Indonesia lainnya termasukย  Cirebon. Terasi bangka beraroma agak tajam dan rasanya gurih karena memakai udang dan rebon segar. Berbeda dengan terasi daerah lain yang dicampur dengan pewarna dan zat – zat berbahaya (Pernah menonton tayangan investigasi terhadap terasi di Pantura).

Nah, jika anda berkunjung ke Bangka harus dipastikan anda membawa oleh – oleh Terasi Bangka. Namun jika belum kesampaian untuk jalan – jalan ke Bangka, teman – teman dapat memperoleh terasi Bangka di toko – toko Online yang menjual panganan khas Bangka.

ย 

Sumber gambar : google

Clip to Evernote

14 thoughts on “Terasi Bangka (Belacan), Bumbu Khas yang Bikin Enak tiap Masakan

  1. giewahyudi

    Saya termasuk yang kurang suka terasi, Bang. Membaui aromanya kadang pusing, padahal banyak orang suka terasi. Suka merasa aneh sendiri..

    Reply
  2. isnuansa

    Wuiihh, itu terasi segede kotak-kotak gitu? Berapa juta itu kalo dijual? Secara potongan kuecil-kuecil aja bisa seribu rupiah, itu segede itu…

    Reply
  3. Jefry

    walau baunya sendiri saya kurang suka kerana begitu menyengat di hidung namun saya akui masakan2 yang memakai terasi memang sangat enak dan jos gandos lah ๐Ÿ™‚

    Reply
  4. bangsaid

    ๐Ÿ™‚ Ga sendiri juga mas Gie. Ada banyak kok yang seperti itu karena ga terbiasa

    Reply
  5. indobrad (kopimana.com)

    terasi kan memang diciptakan masyarakat dari ikan/udang busuk krn saking miskinnya di bawah penjajah, itulah satu2nya sumber protein hewani yg bisa mereka dapatkan. tapi parahnya, sampe sekarang ikan/udang busuk plus zat pewarna itu masih dipake utk terasi2 murah di pasar. hiks.

    terasi bangka sih memang sedap kok. kamu bangkanya dari mana? dulu saya pernah lama tinggal di Mentok.

    Reply
  6. bangsaid

    Hahaa.. parah banget sejarahnya Om :))
    Kalo terasi bangka ga pake pewarna Om. Bukan kayak terasi sebelah ๐Ÿ˜€
    Saya Bangkanya di Koba, Bangka Tengah.
    Dulu sih sering ke Mentok. Sejak menetap di Tangerang udah ga pernah lagi kesana

    Reply
  7. nique

    terasi itu emang pemancing selera makan
    setidaknya buat kami, cuma gak boleh sering2, soalnya jadi pengen makan terus heheh e

    Reply
  8. Alris

    Waktu di kampung saya suka sambal yang diberi terasi bakar, uueenak tenan. Sewaktu di Ketapang, Kalimantan Barat, saya juga suka dengan terasinya.

    Reply
  9. Cumi MzToro

    Gw suka banget yg nama nya terasi.
    Sambel terasi atau tumis kangkung + terasi nikmat banget dan terasi bangka ini enak banget ๐Ÿ™‚

    Reply
  10. bangsaid

    Terasi bangka 'sedep'nya memang tiada dua.
    Hihihi *promosi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge