Cara Ampuh Menagih Hutang

By | March 16, 2013

Teman saya kang Iswandi bilang bahwa “Menagih Hutang” adalah pekerjaan yang sangat berat. Entah kalau pendapat teman – teman. Tapi saya sangat setuju dengan pernyataan beliau. Walaupun dengan teman sendiri bahkan keluarga, jika sudah berhubungan dengan uang akan sangat sensitif. Terkadang ada saja alasan atau yang membuat kita jadi agak berat menagihnya. Saking beratnya, perusahaan banking sampai menyewa orang – orang ‘sangar’ (Baca; debt collector) untuk menagih piutang mereka.

Bayar Hutangmu, segera!

Bayar Hutangmu, segera!

Padahal, menagih hutang itu hukumnya wajib. Karena hutang yang tidak ditagih akan menyebabkan teman kita yang berhutang tersebut menjadi pribadi yang tidak amanah. Selain itu, dengan tidak menagih hutang sama saja kita merendahkan kemampuan yang berhutang.

Meskipun demikian, ada cara – cara yang baikย  yang bisa kita lakukan untuk menagih hutang :

  • Pastikan ketika meminjam, ditentukan waktu pengembaliannya. Agar ketika waktunya tiba, teman kita sudah mempersiapkan uangnya. Jika perlu ketika proses peminjaman dan penyerahan uang disaksikan oleh 2 orang saksi dan dicatat. Mencatat hutang juga merupakan kewajiban (saya lupa ayat Qur’annya).
  • Sebaiknya menagih hutang dilakukan dengan cara yang baik, bertatap muka, berkata – kata yang baik, dan tidak di depan umum. Jika dilakukan dengan kasar bisa – bisa teman tersinggung.
  • Jika kemudian teman belum mampu membayar, perpanjanglah tempo pembayarannya. Perlu disepakati juga agar teman menjadi lebih disiplin. Jika memang tidak mampu membayar seluruhnya, kita bisa memudahkan dengan membayar secara tempo (cicilan).
  • Namun jika memang dirasa teman benar – benar tidak mampu, apa boleh buat. Jadikan sedekah dan ikhlaskan. Mudah – mudahan jadi amal ibadah :-D. Namun yang perlu diingat, sedekah ini memang benar – benar kepada yang layak.
  • Jika yang berhutang tidak menunjukkan i’tikad baik untuk mengambalikan, segera cari orang yang adil untuk memutuskan. Bisa minta tolong keluarganya atau teman dekatnya. Dan buat pelajaran di kemudian hari agar tidak lagi meminjamkan uang kepadanya.
  • Oya, ketika memberikan pinjaman jangan memberi terlalu banyak atau berlebihan. Jangan sampai malah kita jadi kehabisan uang untuk kebutuha sendiri.

Demikian tips menagih hutang dari saya. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰

9 thoughts on “Cara Ampuh Menagih Hutang

  1. penuliscemen

    kalau saya sih keseringan biar temen itu sendiri yang sadar akan utangnya Mas. tapi lain hal kalau nilainya gede sih. Tapi kalau saya yang punya utang, pasti kepikiran terus ๐Ÿ˜€

    Reply
  2. bangsaid

    kadang ada juga teman yang butuh disentil baru inget utangnya mas ๐Ÿ˜€

    Reply
  3. Fefen

    Baru tahu klo nagih utang itu wajib..heheh. Soalnya sy mmg lg mo nagih utang yg udh 1 thn nggak di bayar. Mksh ilmunya..salam

    Reply
  4. Cumi MzToro

    Suka ngak enakan kalo mau nagih ๐Ÿ™‚ tp jarang kasih pinjaman yang nominal nya gede, paling antara 100 – 1 jt an aja sech

    Reply
  5. bangsaid

    Sama kayak saya. Tapi kalo kita udah tau nagih hutang itu wajib, brarti harus

    Reply
  6. John Frank

    perhatian :::::

    Kami bersertifikat , dapat dipercaya , handal, efisien ,
    dinamis dan cepat handal , bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Jumlah maksimum pinjaman kita meminjamkan adalah 50.000.000 .
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi :

    * Pinjaman Pribadi ( pinjaman

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *