Ibu, Ayah… Kalian Memang Luar Biasa

By | December 9, 2012

Setelah diwisuda 5 Desember kemarin, akhirnya saya resmi menyandang gelar S.Kom (Sarjana Komputer). Hal yang sangat membahagiakan adalah kedatangan kedua orang tua saya di acara wisuda tersebut. Dimana saya tahu, keuangan mereka tidak begitu baik untuk berangkat bersama jauh-jauh dari Pulau Bangka tercinta. Belum lagi mempersiapkan oleh-oleh tidak hanya untuk saya dan para tetangga, tapi juga untuk adik saya yang bersekolah di BSD.

Awalnya memang hanya salah satu yang bisa hadir. Tapi 5 hari menjelang wisuda ayah malah menelepon dan memberi kabar kalau mereka tidak jadi datang karena ada sepupu dan tetangga yang menikah yang juga perlu dibantu. Sebenarnya saya sedih. Tapi ya sudahlah. Masih ada Istri yang dapat menjadi pendamping di acara wisuda.

Tapi tiba-tiba siang hari ayah menelepon akan mentransfer uang untuk membeli tiketnya esok. Ah, saya senang sekaligus sedih. Senang karena tahu merela akan datang berdua, sedih karena sadar sampai seumur begini masih menyusahkan Ayah dan Ibu. Sehingga saya bertekad untuk mengganti uangnya setelah mereka sampai karena saya memang baru gajian tanggal 4.

Pertolongan Allah luar biasa. Tiba-tiba nama Bu Sri muncul sebagai orang yang berhak menerima uang Arisan. Berhubung sebelumnya ketika saya dapat, saya menyerahkan uang hak saya kepada Bu Sri yang saat itu sangat membutuhkan. Kali ini uang tersebut berpindah ke tangan saya. Dan saya mempunyai dana lebih untuk mengganti uang orang tua saya serta untuk mengajak mereka jalan-jalan ketika nanti berada di Tangerang.

Tapi orang tua saya memang luar biasa. Saat saya akan mengganti uang mereka malah dikembalikan. Akhirnya saya membelikan barang untuk oleh – oleh saja. Kalau sudah begitu mereka tidak akan menolak. Ibu saya belikan hape baru, ayah saya belikan ikat pinggang, adik saya belikan tas, juga oleh-oleh lainnya.

Ayah dan Ibu memang luar biasa. Saya pun tak mampu membahagiakan mereka di Auditorium. IPK saya yang 3.52 tidak cukup untuk mengantarkan saya berdiri di podium sebagai lulusan terbaik 🙂 (Masih ada yg lebih baik). Tapi apa respon mereka.

“Ibu sudah bangga dengan kelulusanmu nak. Akhirnya perjuanganmu yang luar biasa merantau sendiri di tanah orang berbuah sudah. Kamu sudah membahagiakan kami dengan kelulusanmu. Semoga ilmumu bermanfaat,” kata wanita yang sebenarnya tidak melahirkan saya ini.

Ahh… Ibu, Ayah, kalian memang luar biasa.

19 thoughts on “Ibu, Ayah… Kalian Memang Luar Biasa

  1. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Terima kasih mas Gie 🙂

    Reply
  2. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Semoga mas 😀

    Reply
  3. Muflich Kamil

    wah keren.,
    tapi btw., kalimat "kata wanita yang sebenarnya tidak melahirkan saya ini." agak ngganjal..

    maksudnya itu bukan ibu kandung ?

    *maaf kalo banyak tanya, sekedar pengen tau.. kalo ga boleh juga ga apa mas 😀

    Reply
  4. tomi

    selamat bangsaid… sukses terus.. ortu nya pasti sudah bangga sekali

    btw tangerangnya dimana mas? sapa tau bisa kopdar mas

    Reply
  5. applausr

    seneng banget bisa lulus… dan lebih seneng lagi kalau nanti sudah kerja dan bisa mandiri. Apalagi bisa memberikan sedikit hasil usahanya ke orang tua… luar biasa pasti..

    itu hebatnya orang tua, tidak banyak berharap pada anaknya…

    Reply
  6. bangsaid

    amin…
    Terima kasih mas Tomi. Saya Tangerang nya di Jatiuwung, Kota Tangerang.
    Boleh kapan2 Kopdar 😉

    Reply
  7. bangsaid

    Itu dia… sekalipun saya sudah kerja, tiap saya kasih uang Ibu saya pasti nolak. Ada juga dikembalikan ke istri saya.
    Jadinya saya lebih suka kasih barang saja

    Reply
  8. Mas Andank

    terharu mas saya bacanya. orang tua mana yang nggak bangga kalo anaknya bisa sukses kuliah. brarti kan pengorbanan bapak dan ibu mas nggak sia-sia. semoga saya juga bisa lulus dengan IPK seperti mas. Amin

    Reply
  9. bangsaid

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ
    Bisa mas. Yg penting usahanya maksimal

    Reply
  10. fajar

    luar biasaaaaaaaa,,
    sebagai kakak yg juga bukan kakak kandungmu, aku turut berbahagia utk abang said (adik yg selalu pengen dipanggil "abang") 😀 proficiat abang 😀 bangga punya adik sepertimu ^_^

    Reply
  11. ibnu ch

    selamat bang said, semoga ilmunya bermanfaat…wow emejing ipk nya 3 lebih. . .saya kayaknya gak bisa dapat segitu, …
    semoga tahun depan aku bisa menyusul.amien. sukses bang ,,,

    Reply
  12. bangsaid

    الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
    Di Transkrip nilai dapet predikat kelulusan Cum Laude.
    Ga sia – sia perjuangan 4 tahun 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *