Memilih Mouse yang Baik untuk Komputer dan Laptop

By | November 4, 2012

Setahun terakhir sudah menghabiskan 5 buah Mouse πŸ˜€ Payah ya *Hehehe. Mouse atau bahasa Indonesia nya Tetikus (Meski kurang populer), sangat dibutuhkan untuk menggerakkan kursor. Baik mereka yang bekerja dengan PC maupun dengan Laptop membutuhkannya.

Maklum, ada harga ada rupa. Mouse yang saya pakai memang dua diantaranya gratisan dari pembelian Cartridge printer di #Indocomtech tahun lalu :-D, satu punya isteri, dan dua membeli di toko komputer tak jauh dari rumah dan harganya juga tak lebih dari 25 ribu rupiah. Jadi wajar jika kualitasnya tidak semumpuni yang diharapkan.

So, saya pun mencoba browsing sana sini untuk mencari tips memilih mouse yang baik. Cukup pengalaman habis puluhan ribu untuk mouse yang hanya seumur jagung. Memang sebelum membeli mouse terakhir saya sudah memutuskan untuk membeli mouse wireless mengingat kebanyakan kerusakan mouse berada pada kabelnya, Tapi ketika melihat kualitas mouse yang dijual, saya mengurungkan niat tersebut.

Pada dasarnya ada beberapa jenis mouse (hampir sebagian besar adalah mouse optik) yang banyak digunakan saat ini : Retractable, Wire, dan Wireless Mouse. Nah untuk mereka yang mobile, Retractable (mouse dengan kabel dapat digulung) sangat cocok. Pasalnya panjang kabel dapat diatur sesuka hati. Tapi saya punya pengalaman pahit. 3 dari 5 mouse yang saya pakai adalah jenis ini. Dan semuanya rusak hanya dalam waktu hitungan sebulan sampai dua bulan. Masalahnya di kabel. Karena kabelnya tidak cukup tebal dan sering ditarik ulur, akhirnya semua tamat riwayatnya.

Β 

Mouse dengan kabel memang cukup ribet karena harus mengikat kabelnya bagi pengguna laptop, tapi tidak untuk pengguna PC. Mouse jenis ini paling awet dari sekian banyak mouse yang saya pakai.

Jenis terakhir adalah mouse yang mau saya beli :-D, jenis tanpa kabel (wireless). Jenis ini sangat simple dan tidak akan menemukan masalah dengan rusaknya kabel. Hanya saja harganya tentu jauh lebih mahal dari jenis lainnya. Memang ada beberapa merk yang menawarkan harga lebih murah. Tapi, harga ngga pernah bohong deh, mending beli yang agak sedikit mahal namun berkualitas.

Memilih Mouse yang Pas

Setelah mengetahui jenis – jenis mouse ada beberapa pertimbangan yang juga dapat membantu memilih mouse yang baik :

  • Pertama soal Harga. Sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Meskipun saya menyarankan untuk membeli yang sedikit lebih mahal namun bisa dipakai lebih lama. Merk seperti LogitechΒ  memang berharga lumayan. Tapi usia pakainya bisa lebih dari 1 tahun.
  • Kedua soal Ergonomis. Jangan mentang – mentang desainnya unik dan lucu, kemudian kita beli. Eh, ketika dipakai malah tidak memberikan kenyamanan dan membuat tangan menjadi pegal – pegal.
  • Ketiga, soal Frekuensi Pemakaian. Saya baru tahu bahwa umur mouse dipengaruhi banyak klik yang kita lakukan. Jadi kalau memang pemakaiannya sering, lebih baik memilih mouse yang bermerk terkenal. Syukur – syukur yang memberikan garansi.
  • Keempat, soal Tekstur. Memilih mouse dengan tekstur dop (tidak mengkilap) setidaknya mengurangi resiko mouse jadi kotor.

Di luar itu semua, perawatan mouse juga perlu diperhatikan. Pastikan tangan kita bersih sebelum memegang mouse. Semoga tips – tips di atas membantu πŸ™‚

sumber gambar : popgadget.net

25 thoughts on “Memilih Mouse yang Baik untuk Komputer dan Laptop

  1. reachschools.org

    Pertimbangan untuk menggunakan wireless mouse juga bisa menjadi bahan pertimbangan lho.Biasanya kita juga dibuat risih dengan kabel-kabel, termasuk kabel mouse

    Reply
  2. Said Rahman

    CΜΌ.Ν€Μ½-Μ―Μ«Μ½Ν„.́̽ɔ̼ wew cΜΌ.Ν€Μ½-Μ―Μ«Μ½Ν„.́̽ɔ̼ wew cΜΌ.Ν€Μ½-Μ―Μ«Μ½Ν„.́̽ɔ̼ wew cΜΌ.Ν€Μ½-Μ―Μ«Μ½Ν„.́̽ɔ̼

    Keren juga tuh sampe punya 2 Mouse

    Reply
  3. bang-is

    @Said Rahman, haha emang lebih nyaman pake wireless. Bang-Is dah lama pake wireless, cuman mesti stok batere-bila pake batere.

    Sempet kagok, keabisan batere mouse wireless (soalnya ndak biasa no mouse). πŸ™‚

    Reply
  4. Iman

    Saya termasuk yang sangat ketergantungan sama mouse, jadi di laptop kalau nggak pake ini rasanya gimana gitu. Thanks tips nya berguna banget πŸ™‚

    Reply
  5. rijal

    saya saat ini baru menggunakan mouse wire less.pertama sih lumayan tapi menggunakan batre alkalin cukup 1 bulan abis baterainya.
    jadi mouse wireless lebih boros dibaterai

    Reply
  6. ivanantonia1

    Ane termasuk orang yang butuh mouse pas main game semacam Counter Strike saja. Hehe…
    Ane dapet wire mouse ‘gratisan’ pas beli laptop, umur mousenya hampir 4 tahun, bahkan sampai sekarang masih berfungsi.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Wah… awet tuh. Mungkin gratisan tapi bermerk ya

      Reply
    1. bangsaid Post author

      Şέ³tΓ»Δ΅Γ›ΓΌΓΊΛ˜…….!!!!

      Reply
  7. M. Opik

    Pengalaman pake model yg gulung gitu ga pernah awet mas, kalau mau awet sampe taunan pake yg model suka dipake di PC yg item ga banyak macem2nya πŸ™‚ harganya kalau ga salah mulai 50ribuan & udah sy pake ampir 2 taun ga rusak2

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Betul… tapi kalau kabel kesininya ribet. Akhirnya pake wireless ajah πŸ˜€

      Reply
  8. Pingback: Parenting Yang Baik | Anakku Harapanku Dunia Akhiratku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *