Jadi Blogger Harus Aktif (Catatan Blogiliciuos 2012 Tangerang)

By | October 4, 2012

Meskipun sudah lama ngeblog (Kalau hitungan ngeblog di Multiply sudah sejak 2005), saya belum pernah sama sekali mengikuti kegiatan – kegiatan yang sering melibatkan Blogger semacam OnOff Id, sampai kopdar komunitas blog tertentu. Bahkan untuk kopdar dengan teman blogger yang sudah lama dikenal di dunia maya 🙂 Hingga saat ini teman yang awalnya kenal di dunia blogging, kemudian naik ke level kenalan langsung, masih dalam hitungan jari.

Sebagai blogger saya hanya menulis dan menulis. Dulu bahkan saya belum mengerti manfaat berkunjung ke blog orang lain, termasuk meninggalkan komentar di postingam teman blogger. Katro, bisa dibilang begitu. Masa aktif yang lama tidak menjamin seseorang paham betul. Contohnya saya, yang baru merasakan manfaat blogging dua tahun terakhir sejak memutuskan memiliki blog dengan domain sendiri (self hosting).

Karena kurang pengalaman itulah kemudian, ketika IdBlognetwork menyelenggarakan event Blogilicious saya memutuskan harus ikut. Terlebih Tangerang merupakan salah satu kota diselenggarkannya kegiatan tersebut.

Saya mendaftar dan akhirnya datang meski hari pertama saya sudah ketinggalan dua sesi mengingat hari Sabtu kemarin ada meeting di sekolah hingga waktu dzuhur. Pengalaman pertama ikut kegiatan blogger sangat menyenangkan, terutama bisa bertemu dengan blogger dari satu kota serta dari kota – kota lain. Sayangnya tak satupun blogger kota lain (Jogja, Solo, Lampung) yang hadir yang saya kenal. Entah merekanya yang kurag terkenal atau sayanya yang memang kurang gaul.

image

Ada banyak materi dan ilmu yang saya dapat di hari pertama yang paling menarik adalah materi Blogpreneur yang disampaikan oleh bang @suamimalas. Lain kali akan saya share di blog bagaimana memanfaatkan blog untuk mendapatkan penghasilan. Ada juga materi dari Blogger senior sekaligus mantan wartawan, mas Budi Putra.

Selain materi, ada juga lomba twitpic, live tweet, hingga lomba ngeblog. Saya hanya ikut live tweet dan belum beruntung. Sebenarnya saya juga menyiapkan postingan untuk lomba ngeblog. Sayangnya karena istri mendadak masuk rumah sakit dan di rawat akhirnya postingan yang belum selesai tersebut batal diikutkan lomba.

Hari kedua saya datang setelah materi Blog Monetizing selesai. Itu pun dengan perasaan was – was meninggalkan istri dan mertua di rumah sakit. Saya hanya mendapatkan materi desain blog saja.

Secara keseluruhan yang saya ikuti, event blogilicious ini penuh manfaat. Ahh… seandainya bisa ikut full semuanya selama dua hari. Tapi sayang, di hari kedua entah karena panitia berusaha kejar target perserta sebanyak – banyak, alhasil yang datang kebanyakan abege labil berisik yang cukup mengganggu mereka yang benar – benar serius mengikuti event tersebut. Semoga event berikutnya lebih bagus.

Pesan saya buat teman blogger, jangan ragu untuk gabung komunitas blogger di daerahmu sekaligus ikuti kegiatan-kegiatan yang mereka selenggarakan. Insya Allah, manfaatnya banyak sekali 🙂

10 thoughts on “Jadi Blogger Harus Aktif (Catatan Blogiliciuos 2012 Tangerang)

  1. Isnuansa

    Aakk, ada Reza suami malas. Nggak pakai "pe" deh kayaknya…

    Sayangnya saya lagi sakit, jadi nggak bisa hadir, hiks hiks..

    Reply
  2. niklox

    bang said, tolong publish kan dunk, penipu online ini, nama blognya "royalcell07.blogspot.com. modusnya mngirimkn sms berisi hrg2 brg elektronik, sdh byk yg ketipu krn dia.

    Reply
  3. Darin

    Saya juga ikutan lho bang di hari pertama, meski telat banget. Bang said yg mana ya? Hehhe
    Ketemunya cuma sama Andi sakab n tomi purba 🙂

    Reply
  4. Said Rahman

    Saya hari pertama dateng habis makan siang 😀
    Pake Jaket Bayern Muenchen ^_^

    Wah, sayang banget ya. Padahal niat saya ikut Blogilicious pengen tatap muka sama blogger2 se-Indonesia yang udah saya kenal di dunia maya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *