Minum Susu itu Sehat, Minum Susu itu ‘Gaya’!

By | July 4, 2012

Jargon 4 sehat 5 sempurna mungkin sudah jarang sekali kita dengar. Namun dari dulu kita tahu, susu merupakan penyempurna pola makan yang sudah 4 sehat tersebut karena ada begitu banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Minum Susu

Minum Susu

Apa saja manfaat susu ?

Sebelum mengetahui manfaat susu, kita perlu tahu apa saja nutrisi yang terkadung di dalamnya. Dari kebanyakan iklan di televisi, mineral di dalam susu yang paling terkenal adalah Kalsium dan Lemak. Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan lemak sebagai cadangan tenaga. Sebegitu pentingnya kandungan kalsium dan lemak sehingga banyak produsen susu berinovasi menghadirkan susu yang rendah lemak dan tinggi kalsium.

Tapi di luar dua mineral tersebut, Ada lebih dari 400 macam nutrisi yang terkandung dalam susu. Ada banyak sekali vitamin muali dari vitamin A, vitamin D, vitamin B12, Vitamin B2, dan Vitamin C. Selain itu, susu juga mengandung mineral lainnya seperti posfor, zinc, asam amino, Iron, sodium, potassium, karbohidrat, niacin, protein, dan lain – lain yang semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Karena kandungan nutrisi yang sangat kaya tersebut, susu memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Dikutip dari kumpulan.info, beberapa manfaat susu antara lain :

  • Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
  • Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
  • Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
  • Mencegah diabetes tipe 2.
  • Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
  • Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk.

Melihat manfaat yang luar biasa tersebut, melalui blog ini saya mengajak teman – teman untuk selalu minum susu. Yah, meski saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan soal susu :-D. Sedari kecil, saya sudah terbiasa mengkonsumsi susu. Bahkan kata ayah saya, sejak usia 3 bulan saya sudah minum susu formula. Namun di usia SD, saya trauma melihat cicak masuk kedalam kaleng susu kental manis saya sehingga sejak saat itu saya jijik minum susu, terlebih susu vanilla yang berwarna putih. Begitu besar manfaat susu yang saya tahu, tidak juga mengurangi ketraumaan saya padanya. Hingga kemudian ketika Ospek saya dipaksa minum susu. Dan sejak itu, saya akhirnya malah ketagihan dengan susu. Sepertinya tidak minum susu sehari, ada yang kurang. 🙂

Ada banyak jenis susu di pasaran. Saya sendiri terkadang berganti – ganti merek susu tergantung suasana hati. Tapi, ternyata dari sekian banyak jenis susu ada beberapa yang masih diragukan kehalalannya. Halal tidaknya susu tersebut bergantung pada proses produksinya dan zat – zat yang ditambahkan di dalamnya. Tentu sebagai seorang muslim sudah seharusnya saya memilih produk susu yang halal untuk dikonsumsi. Karena itulah kemudian saya hanya membeli susu yang sudah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

Sayangnya hingga saat ini, konsumsi susu di Indonesia sangat rendah. Seperti yang ditulis Republika.co.id, Konsumsi susu Indonesia hanya 11,09 liter per kapita per tahun masih di bawah Vietnam. Frekuensi minum susu pun menurun seiring bertambah usia. Ditambah lagi kampanye minum susu pun hanya terbatas pada usia balita. Banyak faktor memang, mulai dari rendahnya kesadaran masyarakat tentang manfaat susu sampai pada rendahnya daya beli masyarakat sehingga susu masih dianggap sebagai hal yang mewah.

Oleh karena itu, inovasi susu tidak hanya terbatas bagaimana menjadikan susu bercita rasa tinggi, bermanfaat, halal, serta sehat. Tapi juga bagaimana susu, sang penyempurna tersebut, dapat hadir di seluruh meja makan masyarakat Indonesia. Selain itu diperlukan usaha untuk mengubah gaya hidup masyarakat yang gemar mengkonsumsi soft drink yang tidak bermanfaat bahkan berbahaya, berganti menjadi minum susu.

Karena minum susu itu Sehat, minum susu itu Gaya!  🙂

 

sumber gambar : republika.co.id

21 thoughts on “Minum Susu itu Sehat, Minum Susu itu ‘Gaya’!

  1. Sugeng

    Susu, sampai sekarang masih aku minum untuk mencegah toxin. Maklum tempat kerja selalu berhubungan dengan toxin dari asap knalpot motor.
    Ngontes juga ya, sukses deh.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply
  2. Said Rahman

    آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

    ( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)๏ђέђέђέђέ๏( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)

    Reply
  3. tomi

    susu nya sapa mas yg bisa diajak bergaya 😀

    saya tiap pg minum susu looh.. bener mending beli susu daripada softdrink

    Reply
  4. bro eser

    @Sugeng, kalau saya malahan ngga cocok kalau minum susu bro,…. langsung mules-mules kalau minum susu… Btw lama juga ngga ketemu didunia maya, eh ngga tahunya ketemu di blog orang

    Reply
  5. bro eser

    Berbeda dengan saya yang tidak bisa mengkonsumsi sus, ngga tahu ada masalah apa dengan perut saya….. Btw sukses buat kontesnya bro

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Hahaha… masasiy?
      Saya malah cepet laper kalo minum susu ya. Bawaannya pengen makan terus

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *