Insya Alloh Tahun ini Kompak Ber – Idul Adha

By | October 29, 2011


Tak kurang dari sepekan lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha. Seperti tahun – tahun sebelumnya, aku juga tidak akan mudik untuk lebaran haji tahun ini. Sudah 7 tahun artinya saya berlebaran haji di tanah rantau.

Sungguh nuansa yang sangat berbeda lebaran haji di Tangerang jika dibandingkan dengan di kampung halaman saya di Pulau Bangka. Di sana, lebaran haji tak ada bedanya dengan lebaran puasa (Hari Raya Idul Fitri). Kueh – kueh tersedia di meja, ketupat lengkap dengan rendang – opor – maupu Malbi, juga berbagai jenis soft drink disediakan oleh semua rumah. Seperti lebaran puasa juga, masyarakat muslim di daerah saya saling bersilaturrahim dan bermaaf – maafan satu sama lain .

Perbedaannya, saat lebaran haji ada yang namanya pemotongan hewan kurban. Entah tahun ini ada berapa banyak sapi dan kambing yang dikurbankan di kampung saya. Soalnya berbeda dengan disini, masyarakat disana masih mempunyai pendapat bahwa Kurban hanya dilakukan sekali seumur hidup. Padahal kan sunnahnya setiap tahun sekali. Oleh karenanya, jika melihat kondisi ekonomi masyarakat yang cukup mapan, seharusnya kurban di daerah saya marak.

Alhamdulillah nya, tahun ini lebaran haji akan dirayakan serempak di Indonesia. Hal ini telah diputuskan dalam sidang itsbat tadi malam oleh Departemen Agama yang dihadiri berbagai organisasi massa Islam seperti Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Persis, Jamiyatul Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah dan lain-lain sehingga Idul Adha akan jatuh pada tanggal 6 November 2011 nanti.

Seperti yang dikutip dari Hidayatullah.com, Ketua Badan Hisab dan Rukyat Ahmad Jauhari melaporkan, ijtima` menjelang awal Dzulhijjah 1432H jatuh pada Kamis 27 Oktober bertepatan dengan 29 Dzulqlaidah sekitar pukul 02.56 dan saat matahari terbenam posisi hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dengan ketinggian antara 4 derajat 25 menit sampai 6 derajat 34 menit. Tanpa alat yang canggih pun hilal dapat dilihat di berbagai daerah di nusantara. Oleh karenanya, tahun ini pelaksanaan Hari Raya Idul Adha akan serempak dirayakan di Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan wukuf insya Alloh akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2011 sehingga dipastikan hari Arafah jatuh pada tanggal tersebut dan umat muslim bisa melaksanakan Puasa Arafah.

8 thoughts on “Insya Alloh Tahun ini Kompak Ber – Idul Adha

  1. Said Rahman

    Hehe… Berdoa aja mas. Semoga hikmahnya persatuan warga negara kita semakin baik dari hari kehari

    Rindu jg Indonesia yg damai dan tenteram seperti dulu

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.