Akhirnya BCA dan Mandiri Bisa Saling Transfer

By | October 9, 2011

image

Bank Mandiri dan BCA adalah dua bank terbesar di Indonesia. Saking populernya, banyak orang yang memiliki rekening di kedua bank tersebut. Ada banyak alasan, mulai dari jaringan atm-nya yang banyak, kantor cabang yang tersebar luas, sampai pada pelayanan transaksi perbankan yang lengkap.

Hanya saja, satu kelemahan dari keduanya yakni tidak bisa saling transfer secara real time menggunakan fasilitas atm. Padahal ini dirasa perlu sebab selain keunggulan-keunggulan di atas, kedua bank juga banyak digunakan oleh pelaku bisnis online. Wajar kalau kemudian pelaku bisnis online harus punya kedua rekening tersebut agar transaksi makin lancar.

Kedua Bank dinilai angkuh satu sama lain sebagai rival sejati sehingga tertutup jalur akses yang menghubungkan keduanya. BCA pede dengan jaringan Prima-nya, Mandiri pun merasa cukup dengan akses ATM Bersama di Artajasa. Meskipun para nasabah termasuk saya di dalamnya berharap suatu saat keudua Bank bisa akur soal transfer atm ini.

Dan penantian itu segera berakhir.  BCA dan Bank Mandiri akan segera menyambungkan jaringannya sehingga
nasabah bisa transfer via ATM. Kerjasama ini seperti pengakuan Presdir BCA Bapak Jahja Setiaatmadja yang dikutip detik.com, telah berlangsung dan akan diresmikan tanggal 11 Oktober nanti. Tentunya rencana ini disambut antusias oleh nasabah.

Switching antar atm BCA maupun Mandiri dilakukan melalui jaringan Link (Jaringan 4 besar Bank Negara) dan Jaringan Prima (Jaringan BCA dan kawan-kawannya). Sepertinya BCA akan masuk ke Link, sedangkan Bank Mandiri akan masuk ke jaringan Prima. Dan kalau ini terealisasi dengan baik, tak hanya transfer ke Mandiri nasabah BCA akan bisa mengirimkan uang secara realtime online ke nasabah BNI dan BTN yang juga belum masuk ke jaringan Prima melalui jaringan Link.

2 thoughts on “Akhirnya BCA dan Mandiri Bisa Saling Transfer

  1. Said Rahman

    5000perak. Beberapa hari setelah dpt ini saya coba pake Paspor BCA saya di Mandiri ATM utk transfer ke Mandiri. Tapi sepertinya blm bisa.

    Transfernya harus lewat atm BCA jg

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *