Waspada, Penipuan Berkedok Toko Online di Batam

By | June 25, 2011

Facebook saat ini tidak lagi hanya menjadi jejaring sosial atau tempat mencari teman yang sudah terlampau lama putus komunikasi. Facebook juga digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan promosi online. Promosi di facebook cukup menguntungkan, karena selain gratis sebagai pemilik toko online kita dapat mencari calon konsumen yang sesuai dengan target.

Produk Elektronik Harga Murah

Produk Elektronik Harga Murah

Tapi sayangnya, akhir – akhir ini marak sekali penipuan yang mengatas namakan Online Seller di Facebook. Banyak dari teman – teman saya yang mengaku tertipu oleh sebagian penjual nakal. Tidak hanya berjualan gadget tapi banyak lagi barang lain yang hanya display saja. Apalagi ternyata banyak penjual memberikan harga yang sangat murah dibanding pasaran dengan alasan barang BM (Black Market).

Sebenarnya dengan harga jauh dari normal, sebagai pembeli yang cerdas kita sudah harus berpikir keras. Toko mana sih yang mau menjual barang secara rugi. Tapi parahnya banyak yang tertipu dengan lokasi penjual yang ada di Batam, khususnya barang dagangan elektronik. Padahal, tidak semua barang di batam itu murah lho. Misalnya elektronik, ada beberapa produk yang ternyata harganya tak jauh beda dengan yang ada di Jakarta.

Memang, untuk pembelian produk elektronik di Batam ada yang namanya sistem free trade zone. Ini artinya semua barang elektronik akan mendapatkan diskon 10% dari harga normal. Tapi sayangnya ini hanya berlaku di Batam. Artinya, jika ingin mendapatkan harga lebih murah, kita harus membeli barang langsung ke Batam.

Bagaimana dengan pengiriman Barang ke luar Batam ?

Di Batam jika kita ingin mengirimkan barang khususnya elektronik ke luar daerah ada biaya – biaya tambahan dan pajak di luar biaya pengiriman. Besarnya pun bervariasi antara 17,5 – 22%. Jadi kalau harga handphone Rp 1 juta ditambah 17,5 persen maka menjadi Rp 1,175 ribu. Ini belum termasuk biaya pengiriman.

Lantas, bagaimana mungkin sebuah Tablet berharga normal 7juta bisa dijual dengan harga 3-4 juta? Ini jelas sebuah penipuan.

Untuk membedakan toko asli dan penipu, berikut beberapa tips yang dapat saya berikan :

  • Harga Murah. Dengan diskon lebih dari 15 % saja sepertinya sudah tidak masuk di akal bukan. Apalagi jika diskon sampai dengan 40% hingga 50%. Mau dapat untung dari mana?
  • Alamat tidak Jelas. Untuk hal ini mungkin kita dapat bertanya dengan teman yang ada di Batam. Tapi jika mentok, cukup search di Google. Jika teman – teman menemukan 1 alamat yang digunakan oleh banyak toko online, sudah pasti ini penipu. Kadang meskipun toko ada di alamat yang di cantum, harganya tidak akan jauh berbeda.
  • Menggunakan Nomor HP. Kita harus waspada dengan toko online yang menggunakan telepon mobile bukan telepon tetap. Kita bisa memastikannya di Google dulu apakan nomor tersebut pernahh bermasalah di dunia maya.
  • Nama di nomor rekening beda bank juga berbeda. Meskipun sama, kita tetap harus waspada. Lebih baik memang untuk rekening dengan atas nama perusahaan.
  • Tidak ada sistem pembayaran lain selain Transfer. Biasanya penipu online tidak mengijinkan kita menggunakan Rekening Bersama.
  • Penuh Janji manis. Misalnya banyak testimoni yang berlebihan. Ingat testimoni bisa dibuat, termasuk oleh akun lain. Kan kita semua paham setiap orang bisa punya lebih dari 1 akun Facebook.
  • Banyak kejanggalan. Bermacam kejanggalan entah itu testimoni yang berlebihan, nomor yang digunakan nomor HP, atau bentuk ancaman “Kalau tidak suka ya tinggal remove”.  Atau ada beberapa yang berjanji barang bisa langsung dikirim asal transfer dulu 50%.

Semoga informasi di atas menjadikan kita waspada terhadap berbagai bentuk penipuan khususnya di dunia maya. Esok, saya akan coba posting daftar Online Seller bermasalah.

150 thoughts on “Waspada, Penipuan Berkedok Toko Online di Batam

  1. tamzil

    Welcome to website sinarabadii.webs.com
    0852-86222555, 081998004747. hatih-hatilah terhadap website ini & no HP tsb yg menawarkan barang jangan langsung percaya, saya adalah korbannya. semoga dia mendapat balasan yg setimpal dengan perbuatannya bahkan lebih dari itu!

    Reply
  2. doni

    WASPADALAH TERHADAP WEBSITE INI:

    http://www.mitraindahelektronik.com

    Jangan pernah tergiur promo harga super murah HP Blackberry, Ipad, Laptop, Kamera Dll jika anda tidak mau jd korban penipuannya,,,

    Website yg menyuguhkan ratusan barang menarik super murah ini telah menipu ratusan korban (Dealer & User) utk daerah hampir semua kota di indonesia,,,

    WASPADALAH

    Reply
  3. godam

    berhatilah dgn situs ini http://my-elektronik.com/ nomor telepon 085-343-818-727 mengaku atas nama dimas anggara, penipu ini sangat lihai sekali, ia berani membeli domain dan membuat web palsu, alamat kantor yg tertera di web Jl.Gajah Mada No.3-5 Komp.Duta Merlin Blok D.No.8-10.Jakarta Pusat ternyata adalah toko alat olahraga, dan menurut security yg menjaga t4 tersebut tdk mengenal sdr, dimas

    Reply
  4. Said Rahman

    Wah… Itu hampir dipastikan tipu2 gan. Harga barang Irrasional

    SIUP nomor tsb selain Rezky Radja Celluler juga dipake sama Putri Celluler, Dimensi Hutama Global, Toko Nusantara Elektronik. Semuanya penipu gan

    Waspada

    Reply
  5. Adin

    kalau http://delimashopingelektro.com itu bneran ga sih ??? aku udah transfer uang nya, tapi dy minta uang pendepositan untuk id-card, dan kata nya akan dikmbalikan lagi uang nya, hanya sementara … itu benera ga ya …. mohon bantuan nya … Trimakasih 🙂

    Reply
  6. arie

    @doni, mau nambahin info tentang mitra elektronik,sekarang atas nama Roni Leo untuk no hp dan Pin BB masih sama posisi dia di jakarta

    Reply
  7. hisyam

    Jadi bener Pa bhw: delimashopingelektro.com itu penipu???
    Aduh berarti sy salahsatu korbannya ini. Sy baru saja transfer uang utk pemesanan sebuah camera.

    Reply
  8. Aray

    BOOSS DAFTAR BLACK LIST YANG LENGKAP KAGAK ADA YEEE…DAH DI HAPUS YEEE….???? KOMEN BULAN BULAN APRIL , MEI , JUNI, JULI & SEPTEMBER , OKTOBER KAGAK ADEE…KEMANE YEEE…..????

    Reply
  9. bangsaid

    banget….
    NIPU itu mba. Jangan percaya. Testimoninya banyak yang pake tuh

    Reply
  10. Endah

    Gan klo primadonashop 7 ini penipuan gak sih soalnya gw udah transver 650.

    Reply
  11. ning

    @ Endah : semua testimony di situ dipake di byk online shop yg disebut2 di ulasan di atas.semua bahasanya jg copy paste krna kebetulan sy liat2 ol shop laen isinya kyk gitu. semua syarat pembelian jg memenuhi kriteria penipu yg ditulis oleh penulis blog ini. saya menemukan byk ol shop elektronik isinya sama persis, lokasinya di jkt, batam, manado

    Reply
  12. iLak

    Ada yg tau ? Megaabadielektronik.blogspot.com ??
    Menyesatkan itu, saya habis 4,2 dia seenaknya. Modusnya “berkelit dan nyrocos terus”
    Hati”.. Orang yg hidupnya MENIPU, slamanya gak akan lancar rejekinya. Semoga dia diberi hukum karma. Kasian anak bininya.

    Reply
  13. iLak

    Saya tambahkan.. Kalau transfer atas nama Rudi Hartanto bank BR*
    Dia memberikan informasi bahwa barang kita di sita bea cukai. Saya minta identitasnya, dikasih tp gak tau asli atau palsu. Alamat yg dikasih di jakbar. Tapi saya lacak ke kepolisian bahwa dr nomor telponnya di temukan kalo tinggalnya di sulsel.
    Sumpah dr sms nya berani bawa" Allah segala. Yg ditransfer sesuai kata dia, tp

    Reply
  14. Diah

    Gan mohon di Blokir di bekukan FB dari http://facebook.com/hartono.online
    no hp 08234-897-7757
    rek, BBRI a/n Wisnu Nugroho rek. no. 2032-01-001906-507

    Dia sering memakai nama Rahmat kartolo, atau Budi ahmad, ada alamat toko online pake blogspot juga tapi saya lupa.
    Mohon di laporkan, karena org ini sudah lama beroprasi sebagai penipu berkedok TOKO ONLINE dan sepertinya dia santai

    Reply
  15. olivia moningkey

    trus webside mana yg aman buat dipake belanja online, termasuk blackberry.
    klo ad tlg d rep. thankz

    Reply
  16. yuniar

    kl alamat Komplek Sriusaha Blok H No 5 Nagoya Batam, up. Herman…alamat ini bener ga ya? sbb ada keganjilan, dia ga mau kasih nomor hp ato kode pos…tlg bantuan infonya trutama yg tinggal di batam ato pernah berurusan/bisnis di batam…mqkasih sebelumnya

    Reply
  17. yuniar

    tlg bantuan infonya yah bro/sist…kl alamat Komplek Sriusaha Blok H No 5 Nagoya Batam, up. Herman…alamat ini bener ga ya? sbb ada keganjilan, dia ga mau kasih nomor hp ato kode pos…tlg bantuan infonya trutama yg tinggal di batam ato pernah berurusan/bisnis di batam…mqkasih sebelumnya

    Reply
  18. ad_dhit

    wahhh untung saya cek dulu domain web nya…ini sekedar info yg punya web nya mudah2an membantu….http://whois.domaintools.com/mitraelektroshop.com

    ini data pemiliknya berdasarkan domainnya…

    Registrant:
    lolita sari
    majene
    majene
    majene, sul-bar 90622
    ID

    Domain name: MITRAELEKTROSHOP.COM

    Administrative Contact:
    sari, lolita

    Reply
  19. junaidi

    mas sy rencana mau order jam tangan di JACKOTRIP SHOP sy mohon bantuan kira2 itu totko bisa dipercaya ngak mohon info trmksih

    Reply
  20. Riki

    gan tolong dicek wisnu wardana jalan bunga raya no 2 batam kota
    no telpnya 0858404315145

    Reply
  21. jean

    Bener gk century elektronik di pontianak itu penipu ? Tp ada pin BBnya nii

    Reply
  22. RudyH

    Web Toko Online yg Palsu ( penipu)
    Ciri ciri tambahan dari saya.
    Sekarang Jamannya testimoni, di web palsu ada kolom testimoni dari yg belanja(palsu) tapi kita kalo mau buat testimoni ga bs. karena mereka takut ketahuan jika ada testimoni yg asli. Coba bedakan dengan beberapa Toko Online yg bener2, pasti ada forum atau kolom tanya jawab ataupun kolom testi, dan kita ketik/bertanya sesuatu akan muncul dan di jawab.
    hunting barang murah di internet sepertinya masi sulit di Indonesia.

    Reply
  23. Nesha

    Mas mau nnya klo website erajayacellular.com itu penipu gak ya?? Mo beli nih….trus nagoya shop sprtinya bnyak testi” yg bilang oke tuh mas….trimakasih..

    Reply
  24. Ahmad Yanuar

    Hati hati dengan http://www.universal-elektronik.blogspot.com nmr HP 082377777379 dng PIN BB 27f35959 a/n Sigit Widodo. mereka mengaku dari BATAM dan mereka menawarkan via Broadcast BBM berbagai elektronik semua type BB. namuan semua itu adalah PENIPUAN. anda bisa add PIN tsb dan lihat apa yg mereka lakukan. Saya adalah korban dr Jakarta uang saya ludes dengan janji2 Sigit Widodo, mereka terorganisir dengan beberapa orang seakan akan mereka perusahaan online terpercaya. Semoga bermanfaat….

    Reply
  25. enny

    Gan klo nma fb Yosie Fitri tuh bner gag sich?tokox erajaya elektronika, tlong ksih infox gan..

    Reply
  26. Giovvani Felly

    phone-station.blogspot.com gmn gan? mohon balasannya yah thanks bgt ane soalny dah calling tuh orang tapi ane belom pesan barangnya mohon bantuannya thx

    Reply
    1. bangsaid Post author

      saya juga belum pernah… eh pernah ding. Liat iklan di Grup terus sms-an sama yang juawalan di grup. Transfer, barang dikirim deh.
      Tapi untuk belanja dari profil2 FB yang nawarin harga irrasional ituh, ga bakal deh

      Reply
  27. jueniver

    gan ak dpt promo dr bbm, jual hp harganya murah2 bget. pas aku tnyain alamat jejaring sosial ato website tokonya dia bilang gaada, dia cuma kasih alamt fbnya doang. katanya dia orang batam , tokonya namanya “MITRAELEKTRONIK”, penjualnya namanya marwan suganda, pliss mohon masukany gan

    Reply
  28. Darmadi

    Saya mau tanya gan ?
    Central phone shop online
    Alamat jl jodoh nagoya no.78 rt02 rw 04
    Atas nama andri budiman
    Mau cek kebenarannya gan please

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Lazada, jaknot, banyak kok gan. Pengen beli apa?

      Reply
  29. jojo

    Tolong d cek gans
    Nama toko ol-shop: CANTIKA shop
    29BC82F2 pin 
    No rek.tujuan transfer
    BANK BRI
    A/N : MEILISA
    NO.REK: 0949-0100-9569-502

    Nik:09.5403.171279.00165
    Nama:T RUSLIYADI
    Alamat: jl.JODOH NAGOYA no 78 RT 02,RW 04
    Kecamatan:batam kota
    Kotamadya

    Tolong dcek gans soalnya dy jual brang murah dluar hrga pasaran

    Reply
  30. dina

    gan mau tanya saya kira2 no ini 085299777394 itu nomor penipu gak yah ? trus rekeningnya mengatasnamakam Pendi Permana dia berlokasi di jalan ilham no5 kota baru Pontianak itu alamat konter bukan gan soalnya dia promosiin handpone2 gtu tp pas wktu itu nawarin kamera DSLR 3200 gan saya ragu tapi akhirnya saya krm uangnya gan apakah ada yg kena tipu dengan nama tersebut dengan atas nama pendi permana
    kontak bb nya ini gan 259ce3aa kalau ada yg tau hbungin saya yah gan soalny saya jarang online ini no saya gan 085727111697

    Reply
  31. agus

    Mohon dicek central celluler di jalan ilham no 5 kota baru pontianak apakah asli?

    Reply
  32. Dodi Irawan

    BAGI AGAN2 YANG BERBELANJA DI TOKO ONLINE BATAM ATAU HANYA MENGATASNAMAKAN KOTA BATAM DIMOHON UNTUK BERHATI-HATI JANGAN TERGIUR KARENA HARGA MURAH.. ADA BEBERAPA OKNUM YANG TELAH TERTANGKAP OLEH TEAM CYBERCRIME MABES POLRI SEMUA BERASAL DARI LUAR BATAM UNTUK ITU KAMI SARANKAN BAGI ANDA YANG INGIN BERBELANJA HENDAKNYA DI TELITI DULU KEBENARANNYA. SAAT INI SUDAH HADIR BATMON ATAU ( BATAM ONLINE SHOP MONITORING ) YANG BERGERAK DIBIDANG PENGAWASAN PENJUALAN ONLINE KHUSUSNYA KOTA BATAM. SEBAIKNYA ANDA MENGIRIMKAN EMAIL KE BATMON SEBELUM MELAKUKAN TRANSAKSI DENGAN DISERTAKAN NAMA WEB/BLOG/FACEBOOK DAN ALAMAT/TELP/BB/ DLL. SUPAYA TEAM MONITORING BERGERAK UNTUK MENGECEK KEBERADAAN TOKO TERSEBUT.

    Bagi anda yang ingin berbelanja silahkan kirim email ke : monitoring@batmon.org
    Bagi anda yang merasa di rugikan silahkan kirim email ke : penipuan@batmon.org

    Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita Semua.

    Reply
    1. bangsaid Post author

      betul… makanya jangan tergiur dengan harga murah

      Reply
  33. yulia

    Toko sentral phone alamat jl raden patah blok a1kompl. King plaza no.22 kota batam, bener ada ga Gan? N ga punya web

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Liat harganya mba. Rasional ngga? Kalau ragu mending pakai RekBer

      Reply
  34. vania

    tolong dong cek situs jual beli yang ini Pusatphonee.blogspot.com soal nya aku mau pesen tapi masib ragu.. soal nya takut ke tipu makasih

    Reply
  35. Johan F Ananda

    wah maksih bnyk bang informasi’a, ya bukan hanya di batam tapi saya masih agak ragu menggunakan jasa toko online dari semua wilayah..

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Tapi banyak jg yg meyakinkan kok. Mas bisa baca postingan saya yg lain tentang cara aman belanja online

      Reply
  36. elvina hayanti

    Kalo chantika shop ini gimana? Alamatnya di Jln.Cendana No 29 Jatibening 2 Bekasi Jawa Barat, Kota Bekasi. Pinnya 224AC26F, nawarin iphone 5s ori 2.000.000, dia bilang lagi cuci gudang sampe tgl 15 januari

    Reply
  37. jimi

    Ats nma Hj. sulistyowati msa nma direkening beda sma diktp..
    Nma bm nya Hj.Sulistyowati sumber resky celluler itu penipuan juga iya gan??

    Reply
  38. bang gun

    hati hati agan yang mau berbelanja hp di kaskus dengan nomor hp 087843007333, dengan nomor rekening atas mama bintang harfandi. saya korbannya, katanya hpnya seharga 1.5jt gan tetapi setelah saya transfer dia memeras saya 950rb lagi dengan alasan hp yang saya beli bm, alasannya untuk surat agar lolos dari razia gan, hati hati ae kena 2.5jt

    Reply
  39. Askar

    Agan central sellular penipu apa bukan gan yg beralamat di jl.ilham No. 05 Kota Baru, Pontianak (Kal-Bar) klw ad mohon infox di no. 081343943587

    Reply
  40. Andy Darwin

    Sentral Phone batam ini bagaimana yah ? ada yg pernah coba ? harganya terlalu menggiurkan seh..

    pemiliknya mengirimkan saya foto SIUP dan KTP nya… tapi ada yg saya rasa Janggal.. pas foto di SIUp dan KTP kog sama ?? backgroundnya jg merah
    setahu saya KTP backgroundnya MERAH dan foto di tempat sehingga tidak mungkin bisa sama fotonya…. ini saja kecurigaan saya..

    disuruh bikin penawaran resmi via Email / FAX dia ngotot tidak mau… kalau ada penawaran resmi bisa kita laporkan ke Polisi klo ada terjadi apa2…

    Reply
  41. vivi

    Gan klo PT.Barokah Bisnis olshop Alamat: jln.hr subrantas komplek metropolitan city ( MTC ) giant blok A No.17-18 tampan pekanbaru riau 28299. Aku udah transfer cma dia minta transfer lg 2,750.000 katanya aq suruh kirim uang lg untuk buka I’d. Nnti di transfer balik lg. Katanya Barang kami smpan dlu..barang gak bisa terkirim s’blm anda melakukan pendepositan,,?yg kami takutkan.jika kami krim gak ada I’d ..barang anda gak terdpftar d’beacukai..entr anda d’blng penada barang elegal..lbh panjang urusannya sis..? Apa bener itu ya?? Mohon bgt kasih tau aq jd pingin nangis

    Reply
    1. walidin

      harganya ga masuk akan, waspada penipuan gan, kros cek di situs-situs besar seperti lazada, zalora, atau situs terpercara lainnya

      Reply
  42. susi

    Kira2 benar gak ya bisnisnya ni ? Lg rencana mau pesan barang
    T.Barokah Bisnis olshop Alamat: jln.hr subrantas komplek metropolitan city ( MTC ) giant blok A No.17-18 batam 28299

    Reply
  43. Michelle Velicia

    TOKO SENTRAL SHOP DISTRIBUTOR HANDPHONE ORIGINAL/BM

    TOKO SENTRAL Shop Online
    Alamat di: Jl.Raden patah blok A1 Kompleks KINGS PLAZA no.22 kota batam,Kepulauan Riau 29454
    PIN BB : 24C658CD
    No Hp : 0899 4475 387 , 0857 5651 4616 , 0822 9247 3469
    No Rek BRI: 1820-0100-0798-50-9 A/N : RIAN MEYSANO
    BRII. BUDI SANTOSO. NO.REK.3693-01-001098-50-5

    Orang itu akan sering menelepon nomor anda jika belum membayar lunas dan memaksa untuk melunasinya dgn waktu yg sangat singkat, dan akan mempunyai banyak alasan untuk meminta anda mengirim pulsa dan berjanji akan mengganti saat barang sudah sampai, dia lebih suka tlpn drpd bbm dengan alasan karyawan tidak mengerti apa” tapi jika anda cukup pintar dan mengingat omongan nya anda akan tahu omongan nya akan berbeda” dan tidak masuk akal.. Hati” ya guys sekedar info aja..

    Reply
    1. aqaly

      Skrg namany bda sis jd toko wahana online shop. Dan mngrmkan ktp n siup sgla via bbm. Almt msh sma raden ptah blok a1.kmplek king plaza sis. Alhmdllh aku g jd bli dsna.

      Reply
  44. naufal

    Gan tolong cek centro elektronik yang alamatnya di jl.ilham No. 05 Kota Baru, Pontianak (Kal-Bar).

    Reply
  45. indah

    Iya saya jg br kena tipu stlh sy transfer sjumlah uang masak sy surth transfer lg 2jt bt jaminan bea cukai br kty barang mau dikirim tryta tdk, dia megatasnamakan PT.Gamaelektronik pekan baru dg pin BBM 28230B02, dg alamatJl. HR. Subrantas Komplek Metropolitan City (MTC)/ Giant Blok A no. 17-18 Tampan Pekanbaru Riau 28299 Bri: A/n dodo iskandar
    Rek: 0041-0105-2062-505 no hp.081341249333

    Reply
    1. bangsaid Post author

      Haduh…. yang tabah ya mba 🙁
      Semoga segera dapat gantinya yang lebih baik

      Reply
  46. kartika

    Gan tolong cek fb an Budiarto Halim, dy direktur PT erajaya swasembada, tp stlh q trf hp nya gk dkirim2 jg, dg alsn kekurangan uang lah cz hrg hp ny udh gk promo lg, tolong d cek ya apakah q kena tipu?

    Reply
  47. yuni astuti

    bagaimana klo BATAM SHOP ELECTRONIK SOLUTION soalnya saya mau pesan kamera 600D dan harga promonya 2.200.000
    pIN: 2A94A9AE
    NO: 085338455544
    Beratas nama MIA R
    Penanggung jawab perusahaan surat izin AGUNG DELFAJRIN
    ATAS NAMA TTD Sun.ARDI
    mohon bantuannya

    Reply
  48. anjar

    Kalo nayla sagita cell gmn gan ? Saya abis transfer 750.000 . trus d telfon katanya hp klebihan unit d box pngiriman trus minta transferan buat jaminan . pin bb 24cef5ac hp 082397419510 almat jln.raden patah blok a1 kom king plaza no 22 batam

    Reply
  49. Velia

    Hampir saja saya kena tipu.. hati2 sama ERAJAYA SWASEMBADA ngaku alamatnya di jl jend sudirman no 123B MP LT/2 PEKANBARU RIAU, INDONESIA 28000.. hampir saja ya mau memesan barang.. tpi sya sdikit ragu. Eh pas sya tanya alamat web nya. Dia jwb cek aja via fb BUDIARTO HALIM. padahal sya baca di atas bahwa budiarto halim itu penipu besar. Huhh hampir saja. Makasihh infonya ya

    Reply
  50. ridwan

    jangan percaya dengan wahan phon shop . dengan nama guntur. ini penipuan saya mengalaminya sendiri. dengan pin bbm D3828F62 tolong sebarkan ..

    Reply
  51. novie

    Gan bisa tolong cek kan olshop olivia celluler batam ini alamatnyaALMT. JL.TEUKU UMAR KOMPLEKS  NAGOYA HILL NO.28-29 LANTAI 2 BATAM KEP.RIAU. hrga hp yg d tawarkan sangat menggiurkan smua jnis hp d bwah 1 jt. Hanya ada pin bbm nya gan D5F4E47A

    Reply
  52. arbain muhammad

    globl eliktronik online shop dngn pin 2a42d8aa lwt bbm apkh sebuah penipuan alamat Pusat :Jln Ky Wahid Hasyim No 47A Jakarta Pusat
    Cab :Jln: Teuku Umar No:07 Batam kota
    Dekat kawasan Batam Center Kepri.
    U/pembelian Luar Batam/jakarta Kami Adakan Pengiriman Online Lwt Jne/Tiki.

    Reply
  53. Reva erviana

    Erajaya phone cell fb nova astriani itu ada ga ya,katanya lagi barang nya lumayan murah tolong kasih infonya,,makasih.

    Reply
  54. retno anbarini

    terima kasih untuk informasinya dan tips nya, bagaimana jika sudah terlanjur tertipu dalam jual beli online ini? apakah langkah yang harus kita lakukan? bisakah kita mendapatkan uangnya kembali?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *