Upgrade WP 3.1.1 Akhirnya Berhasil

By | April 10, 2011

Sudah lama saya dengan WordPress diupgrade ke versi 3.1. Sayangnya, beberapa kali saya mencoba untuk melakukan upgrade otomatis melalui Dashboard, berulang kali pula saya mengalami kegagalan. Padahal sebelumnya setiap ada perubahan core (update) baru dari WordPress yang diberitahukan melalui Dashboard saya selalu berhasil mengupdatenya. Entah kenapa untuk versi 3.1 ini selalu gagal.

Gagalnya hanya prosesnya yang tidak selesai meskipun telah menunggu lama. Ini tentu sangat berbeda dengan proses update versi – versi sebelumnya yang mungkin tidak sampai memakan waktu 5 menit untuk proses upgrade. Awalnya saya mengira koneksi internet saya yang bermasalah. Namun ketika saya mencoba di kantor dengan koneksi yang cukup baik, hasilnya sama saja. Saya tetap gagal dalam melakukan Upgrade.

Keinginan untuk mengupgrade makin sirna sejak membaca beberapa keluhan teman – teman blogger yang merasakan keanehan terhadap blognya setelah diupgrade ke versi 3.1. Persis seperti yang ditulis mbak Isnuansa disini.

Nah, hari ini kembali saya menerima notifikasi di halaman Dashboard tentang core baru 3.1.1. Karena memang WordPress yang saya gunakan sebelumnya masih versi 3.0.5 akhirnya saya mencoba untuk Upgrade ke versi yang baru. Saya pun mengklik link Update Automatically

Bismillah

2 Menit… Jreng – jreng, Berhasil. Alhamdulillah. Senang sekali akhirnya saya bisa diupdate wordpressnya. Dan persis seperti yang diberitakan bahwa di versi 3.1 itu memang ada Admin bar di bagian atas.

Wordpress

Wordpress

Sebenarnya selama ini saya hanya suka mengupgrade saja. Dari awal saya menggunakan CMS WordPress tanpa tahu kelebihan masing – masing versi. Pokoknya mah setiap ada notifikasi minta diupgrade ya saya upgrade :-D. Ternyata, berikut kelebihan versi 3.1 yang saya kutip dari blog today.co.id :

  1. Internal Linking-Klik tombol untuk link internal dan ia akan memudahkan anda mencari posting atau mencari dafatar konten yang ada.
  2. Admin Bar–Berisi beragam link hingga sejumlah layar admin yang berguna.  Sebagai default, admin bar ditampilkan ketika pengguna log in dan mengunjungi situs dan admin tidak  ditampilkan di layar sebagai blog single. Untuk instalasi situs lebih dari satu, admin bar menampilkan bareng ketika mengunjungi site dan juga di layar admin.
  3. Streamlined Writing Interface – Pengguna baru WordPress akan menemukan layar menulis lebih sedikit simple dari sebelumnya. Karena beberapa opsi disembunyikan sebagai default. Untuk menampilkan opsi cukup klik pada opsi layar (Screen Option) di pojok kanan atas untuk menampilkan kembali.
  4. Post Formats–Meta informasi yang dapat digunakan oleh themes untuk mengkostumisasi presentasi atau post.
  5. Network Admin–Memindahakan menu Super Admin dan laman terkait dari admin biasa ke layar Network Admin baru.
  6. List-type Admin Screens–Kolom lebih gampang di sortir dan paginasi menjadi lebih baik.
  7. Exporter/Importer Overhaul–Banyak perubahan dibagian jeroan termasuk penambahan informasi pemilik, kontrol lebih mudah untuk taksonomi dan istilah, dan dukungan lebih pas untuk menu navigasi.
  8. Custom Content Type Improvements–Memudahkan pengembang untuk generate halaman arsip (archive). Control menu menjadi lebih baik
  9. Advanced Queries–Memudahkan pengembang untuk meng-query taksonomi lebih dari satu dan area kostum.
  10. Refreshed Blue Admin Color Scheme–Membuat pengguna lebih fokus pada isi atau konten.

Lalu, update apalagi yang kita temukan di versi 3.1.1 ?

Kata Mas Alwi, untuk Update WordPress 3.1.1 ini ada perbaikan di versi databasenya (bagian wp-options) yaitu menjadi 17516 (db_version in wp_options) changed to 17516.  Perbaikan database ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan wordpress yang digunakan dengan rincian sebagai berikut :

  • Security hardening to media uploads
  • Prevent potential PHP crashes caused by complex hyperlinks
  • Correct minor XSS flaw on database upgrade screens
  • Fixed 26 tickets. A breakdown of bug fixes by component can be found on

Sayangnya, plugin Askimet saya deactive. Katanya ngga nemu folder Askimetnya. Apakah kalau kita install ulang plugin ini bisa kembali seperti sedia kala ya? Lalu, Sudahkah kawan – kawan mengupgrade WordPress kalian?

sumber gambar : kurapka.it

4 thoughts on “Upgrade WP 3.1.1 Akhirnya Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *