Tanjung Kelayang, Pantai yang Sempat Akan Dipopulerkan

By | March 11, 2011

Tanjung Kelayang tak hanya ada di Pulau Bangka. Di tetangganya, Pulau Belitung, juga terdapat sebuah pantai bernama Tanjung Kelayang yang terletak di kecamatan Sijuk kurang lebih 27 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Seperti juga di Bangka, untuk berwisata ke pantai ini, mau tidak mau harus menggunakan transportasi mobil carteran karena tidak ada angkutan umum dengan rute khusus ke tempat ini. Masyarakat Bangka maupun Belitung memang lebih senang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Maklum saja, jarak tempuhnya tidak begitu jauh.

Tanjung Kelayang Belitung

Tanjung Kelayang Belitung

Karakteristik pantai Tanjung Kelayang seperti kebanyakan pantai di Bangka Belitung, berpasir putih. Panjang pantainya mencapai 15 kilometer. Karena laut birunya yang terbilang dangkal dengan ombak yang cukup tenang, Tanjung Kelayang dapat menjadi tempat wisata pilihan keluarga. Tak perlu khawatir jika membawa anak – anak.

Tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa ada dua pantai dengan nama yang sama di dua pulau berbeda dalam satu propinsi. Namun menurut masyarakat setempat, Pantai di Belitung ini dinamakan Tanjung Kelayang karena tumpukan batu granit di tengah laut yang menyerupai burung kelayang. Tumpukan batu yang jelas terlihat dari bibir pantai ini memang mirip kepala burung. Banyak juga pengunjung yang menyempatkan untuk berenang dan singgah ke tumpukan batu yang mirip pulau ini. Konon, jika batu jatuh dari tempat maka pertanda kiamat segera tiba 🙂

Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang tidak sepopuler tetangganya , Tanjung Tinggi yang dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Namun tahukah sekitar tahun 1988 lalu sudah direncanakan sebuah mega proyek wisata di tempat ini. Adapun penggagas tempat yang sempat ditujukan sebagai tempat pelesiran konglomerat Indonesia, Singapura, dan Malaysia tersebut adalah Om Tommy Soeharto. Entah kenapa, proyek tersebut tidak dilanjutkan dan malah terbengkalai hingga sekarang.

Jika berkunjung ke Tanjung Kelayang, kita akan mendapati sebuah bangunan tidak jadi yang kini hanya tinggal kerangka dan semak belukar mengelilinginya. Bangkai Resort ini tentu merusak sedikit keindahan alam Tanjung Kelayang. Namun hingga saat ini, belum ada perhatian dari pemerintah daerah setempat 🙂

Clip to Evernote

10 thoughts on “Tanjung Kelayang, Pantai yang Sempat Akan Dipopulerkan

  1. Joko Sutarto

    Indah sekali, Mas Pantai dan batu-batuannya. Jadi pingin traveling ke sana suatu saat. He He 🙂

    Mitos tentang batu itu serius, Mas akan kiamat? 😀

    Hem, kalau di kampung saya di Lamongan juga ada batu mirip kodok makanya disebut Tanjung Kodok. Kalau yang ini mirip dengan burung, ya?.

    Reply
  2. bangsaid

    @Joko Sutarto: Ayo pak.. ditunggu 🙂 Kalo yg mirip kodok jg ada di Pantai Remodong. Nanti saya cerita2 deh. Mitosnya Tanjung Kelayang emang kek gitu. Wajarlah kalo kiamat batunya jatoh 😀

    Reply
  3. Dasril Iteza

    wah kayaknya saya kurang dapat informasi nih, nggak nyangka di Bangka juga ada pantai dengan nama sama dengan yg di belitong,… xixixixiixiix..

    Reply
  4. dieng

    “sempat akan” berarti belum jadi dipopulerkan dong, bang?
    wah sayang banget. sepintas pantainya mirip pantai di thailand yg ada di film the beach..

    Reply
  5. bangsaid

    ya.. sempat akan karena dulu mau dibangun Cottage dan ga selesai.
    Entahlah kalo sekarang ada yang minat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge