Edit Dokumen Lewat Browser dengan Ms Office Web App

By | March 2, 2011

Sebagai pengguna Gmail, tentu sudah akrab dengan aplikasi Google Docs. Aplikasi ini merupakan Editor Dokumen sekaligus media penyimpanannya di web (on the cloud service). Tentunya dengan layanan ini kita dapat membuka file dimana saja termasuk mengeditnya. Google Docs menyediakan fasilitas untuk menyimpan, mengubah, juga membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, dan form.

Rivalnya, Microsoft Corporation pun akhirnya ikut – ikutan menyediakan layanan serupa. Setelah akhir tahun lalu disediakan untuk beberapa negara, Microsoft pun meluncurkannya bulan kemarin untuk hampir 150 negara di dunia termasuk Indonesia. Layanannya dinamakan Microsoft Office Web App (MsOWA) yang terintegrasi dengan akun Windows Live atau Hotmail. Bedanya dengan punya Google, MsOWA tidak menyediakan layanan pembuatan Form, tapi menambahkan layanan One Note (buku Catatan) online.windowslive

Hari ini saya mencobanya. Teman-teman pun bisa mecobanya dengan mengklik link ini : http://office.live.com/?docsf=1. Seperti di Google Docs saat kita menerima Email yang mempunyai Attachment file dokumen, spreadsheet, dan Presentasi kita dapat langsung mengeditnya melalui layanan MsOWA karena Windows Live menyediakan pilihan link untuk mengunduh atau mendownloadnya.

Aplikasi MsOWA terintegrasi dengan layanan Windows Live lainnya, yakni Sky Drive. Layanan ini memungkinkan kita menyimpan berkas – berkas milik kita di internet. Microsoft juga menyediakan aplikasi drive khusus yang dapat diinstal di komputer atau laptop kita, dimana berkas yang kita masukkan ke dalamnya akan otomatis terunggah (upload) ke layanan Sky Drive di internet. Apalagi jatah yang disediakan Sky Drive sebesar 25 GB cukup lapang 🙂

excel web

Tampilannya mirip Microsoft Office 2010

Berikut fitur lainnya yang disediakan MsOWA

Upload Document

Disamping membuat langsung dokumen melalui MsOWA, kita juga dapat mengunggah berkas yang sudah kita buat sebelumnya melalui Ms. Office atau Open Office dengan fasilitas Upload Document yang disediakannya. Setelah terunggah, kita juga dapat membag (share) berkas tersebut denga pengguna lainnya.

Edit a doc right in your browser

MsOWA juga memungkinkan kita untuk mengubah sebuah dokumen yang telah tersimpan di dalam Sky Drive, baik dokumen milik kita sendiri maupun dokumen orang lain (Tentunya sudah seizin pemiliknya). Tak lupa Microsoft juga menyediakan fasilitas notifikasi siapa saja yang telah mengubah dokumen yang kita miliki.

Work together in real time

Sama seperti di Google Docs, kita dapat mengubah file bersama – sama meskipun jarang antar user berjauhan.

Read your docs on your smartphone

MsOWA dapat juga diakses dari smartphone. Namun sayang, jika kita menggunakan smartphone Microsoft tidak menyediakan fasilitas untuk mengubah ataupun membuat berkas baru. Yang dapat dilakukan hanya membaca berkas – berkas tersebut.

Tentu saja fasilitas MsOWAdi smartphone  ini sangat bermanfaat bagi mereka yang bekerja mobile. Selain itu, mungkin saja kita tak perlu lagi menginstal Microsoft Office yang harganya lumayan (Kecuali kalau teman – teman menggunakan produk bajakan) di Laptop atau PC. Cukup bermodal browser, semua fasilitas Microsoft Office standar sudah dapat digunakan. Selain itu, Microsoft menginjinkan kita mencari berkas – berkas lainnya yang tentunya dishare terlebih dahulu oleh sang empunya.

sebagian gambar diambil dari : teknojurnal.com

6 thoughts on “Edit Dokumen Lewat Browser dengan Ms Office Web App

  1. mas-tony

    selama ini saya belum memaksimalkan fasilitas ini, ternyata menarik juga setelah liat ulasannya

    Reply
  2. bangsaid

    Sama mas… saya juga. Lebih sering memanfaatkan Google Docs untuk share dan edit data saya secara online

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *