Wisata Outbond di Pantai Bedukang

By | February 15, 2011

Bedukang adalah nama jenis ikan di laut yang mirip dengan Ikan Lele di Sungai. Ikan bedukang berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan Lele, namun tetap dengan kumis khasnya yang panjang. Ikan Bedukang juga paling sering dimasak “Lempah Kuning”, makanan Khas Bangka Belitung, bersama Nanas Muda.

Entah ada hubungan apa antara Ikan Bedukang dengan Pantai Bedukang di desa Bakam, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Apakah di Pantai ini banyak Ikan Bedukangnya, saya tidak begitu paham. Yang Pasti Pantai Bedukang berlokasi di Bangka Island Outdoor (BIO), sebuah lokasi wisata alam bebas di Kabupaten Bangka.

Sekitar tahun 2002 saya dan teman – teman Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) sempat melakukan penelitian di BIO. Kami juga sempat mengadakan Outbod, mencoba fasilitas Outbond yang lumayan bagus seperti Wall Climbing, ayaking, jungle trekking, mangrove walk, alpine tower, mountain cycling, dsb. Di BIO juga disediakan paket wisata bebas per kelompok, bahkan juga ada tenda personal yang disiapkan untuk mereka yang ingin menikmati malam di pinggir pantai.

Tapi itu dulu, tahun 2002. 9 Tahun kemudian saya tidak tahu lagi bagaimana kabar BIO. Setiap pulang ke Bangka, saya belum sempat mengunjungi BIO lagi. Tapi sepengetahuan saya, BIO memang belum ter-menej dengan baik.

Selain wisata Outbond, kawasan pantai Bedukang juga lumayan menarik. Batu Karang Tajam di pinggir pantai menjadi pesona tersendiri yang memebedakan dengan kawasan pantai lainnya di Sungai Liat karena kebanyakan karang  pantai di Kota Sungai Liat memiliki permukaan yang halus. Pantainya juga dipenuhi dengan ilalang yang semakin menambah eksotisme kawasan wisata Pantai Bedukang ini. Di tengah laut sekitar 50 meter dari bibir pantai terdapat 3 buah pulau karang kecil, yang masing – masing konon katanya memiliki “penunggu” dengan mitos tersendiri.

sumber foto : Riwan Kusmiadi

6 thoughts on “Wisata Outbond di Pantai Bedukang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *