Servis Ringan & Servis Berat Sepeda Motor

By | February 18, 2011

Hari ini si Vega diservis, rutin seperti bulan – bulan sebelumnya. Yang membedakan, bulan ini Vega diservis ke servis center resmi Yamaha. Lho, brarti sebelum-sebelumnya di bengkel tidak resmi donk? Yupz, betul sekali.

Ada berbagai alasan yang membuat saya servis sepeda motor ke Bengkel tidak resmi. Terutama terkait kenyamanan. Biasanya sepeda motor saya di servis oleh teman saya yang juga mekanik. Beliau dulunya punya bengkel yang lumayan, hanya saja entah apa sebab sekarang beliau membuka servis di rumah saja. Enaknya servis dengan beliau, saya tak perlu menunggu lama. Cukup menitipkan sepeda motor saya beserta surat-suratnya. Untuk beraktifitas, beliau merelakan salah satu sepeda motornya saya bawa.

Ini sangat membantu mengingat kesibukan *sok sibuk* saya yang tidak memungkinkan jika harus menunggu seperti di Bengkel Resmi. Selain itu, saya lebih gampang menyampaikan keluhan – keluhan terkait hubungan saya dengan Vega. Apalagi, beliau ini bisa diajak kompromi untuk mencari spare parts yang murah namun berkualitas.

Sebelumnya sejak awal mengendarai si Vega, saya selalu servis ke Bengkel Resmi. Tapi ya itu tadi, karena saking sibuknya saya jadi sulit mengatur jadwal rutin memasukkan Vega ke tempat perawatannya karena Sabtu Ahad, bengkel Resmi tutup.

Bulan Desember lalu karena kebetulan juga sedang tidak begitu bersemangat ke kantor mengendarai sepeda motor serta bertepatan dengan kehadiran sahabat saya dari Pangkalpinang, Vega saya titipkan ke teman saya tersebut unuk diservis di Bengkel Resmi. Ada banyak parts yang diganti termasuk rantai dan Roda gigi (Gear Set). Tapi baru juga satu pekan, saya mengalami musibah Putus Rantai di bilangan Cipete. Sungguh Apes… Untungnya tak jauh dari lokasi kejadian ada Bengkel kecil.

Rupanya empunya Bengkel juga asli Bangka. Bedanya beliau Tionghoa asli. Awalnya beliau mengajak saya berbicara bahasa Hokkian karena mengira saya juga etnis tionghoa. Setelah panjang lebar saya jelaskan, meskipun kulit saya nampak lebih putih *bersinar* dibanding beliau, dan mata saya tak begitu sipit, saya orang Melayu. Dan akhirnya dalam waktu satu pekan Vega berganti rantai dua kali. Hebat!! Ini yang bikin kapok saya servis ke Bengkel Resmi.

Nah, kenapa pula bulan ini Vega dibawa ke Bengkel Resmi lagi? Ini lantaran si Vega sudah waktunya di-tune up. Sedangkan teman saya yang biasa nyervis sedang tidak di tempat. Agar tidak mengulang kejadian bulan Desember tersebut saya mencari Bengkel Resmi lain di daerah Cibodas. Syukurlah dapat…

Dan abang montirnya kali ini ramah sekali. Mau menjelaskan macam – macam. Karena itu, saya pun tak segan mengamati beliau membongkar mesin si Vega. Padahal saya sudah pasang ancang – ancang di ruang tunggu dengan sebuah Buku. Olehnya saya ditunjukkan leher karburator yang kotor.

“Ini nih mas… kalo pake Premium,” jelasnya.

Benar, saya melihat dengan mata kepala sendiri kerak di leher karburator. Ini akan mempengaruhi tarikan mesin baik saat pertama dihidupkan, maupun saat berjalan dengan kecepatan cukup tinggi *bukan ngebut*. Sebegitu pengaruhnya perbedaan antara Pertamax dan Premium. Dari penjelasannya saya juga tahu bahwa kalau sepeda motor Injeksi malah sangat disarankan untuk menggunakan Premium.

Dulu sih saya pakai Pertamax memang. Tapi setelah harganya mencekik leher dan makin menggila sejak awal Februari saya berhenti total menggunakannya serta beralih ke Premium sahaja. Yang penting si Vega tetap bisa jalan.

Saya juga jadi tahu kalau dalam batas tertentu sepeda motor harus Ovrhaul (Servis Berat). Dasar katro ya… Saya memang cuman bisa “pake doank”. Untuk si Vega saya disarankan setelah setiap kelipatan 30ribu km. Eh tapi setelah saya tanya ke salah satu teman saya malah setiap 12ribu kilometer sepeda motor harus menjalani Overhaul.

Saya betah berlama-lama mengamati abang montir membongkar pasang spare parts nya. Tapi saya yakin setiap bulan dalam jangka waktu satu tahun jika rutin mengamatinya, saya tidak akan nekat menyervis (baca: membongkar) si Vega. Sangat tidak disarankan, meskipun saya pernah kuliah di Teknik Mesin πŸ˜€

6 thoughts on “Servis Ringan & Servis Berat Sepeda Motor

  1. anugrha13

    jujur saya paling males klo berurusan dgn bengkel. karena sy ga ngerti onderdil dan alhasil klo ke bengkel pasti disuruh ganti ini itu dan akhirnya menguras dompet sy πŸ™

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *