Membuat Template WordPress

By | February 14, 2011

Hari ini mencoba tutorial di Bloggingly tentang membuat template WordPress dari awal, bukan hanya mengedit template yang sudah ada. Lumayan panjang memulai dari persiapan software (program) hingga proses coding (pengkodean) masih – masing elemen Template WordPress.

Ini pengalaman pertama. Bersyukur bahwa saya sudah memahami tag HTML dan CSS yang dibutuhkan dalam membuat Template. Saya baru tahu ternyata struktur template itu tidak semudah membuat template software PHP maupun ASP yang sudah pernah dibuat. Ada banyak komponen semacam halaman Index, Sidebar, Single Post, Header, dan lain sebagainya. Dan semua dijabarkan mendetil dalam 8 Langkah Membuat Template WordPress di blog tersebut.

Berikut langkah – langkah yang disampaikan di Bloggingly :

Saya sudah mengikuti dari awal, Mencoba mengganti CSS sesuai keinginan saya, Menempatkan Header yang sudah di desain di Corel Draw, Sampai mengganti Tata Letak halaman posting. Faktanya semua berhasil dan lancar. Tapi saat mengklik Halaman di bagian Menu, ternyata muncul error untuk halaman Single Post dan Archive. Wahh, ini Bugs πŸ™‚

Parse error: parse error in C:xampphtdocsomegawp-contentthemeslatihanthemespage.php on line 24

Akibatnya Template yang sudah saya buat tadi tidak bisa saya pakai dan coba di Blog ini. Karena tetap penasaran, akhirnya saya mengganti template yang lama (Pegasus) ke template yang baru ini (Urban Jeans). Urban Jeans ini sebenarnya sudah lama diinstal, hanya saja belum sempat digunakan karena ada beberapa bagian yang saya merasa kurang “sreg” dengan tampilannya.

Bersyukur setelah mengikuti tutorial dari Bloggingly, saya berani memodifikasi beberapa bagian sehingga jadilah sesuai keinginan saya seperti yang teman – teman lihat saat ini. Tema Baru, semoga makin semangat ngeBlog dan tentu makin semangat mencoba membuat ulang template WordPress *penasaran*.

6 thoughts on “Membuat Template WordPress

  1. Kaget

    Sudah coba pake WAMP Server? Yang ini saya rasa lebih mudah dari pada XAMP.
    Eh, blog ini kok berasa berat loadingnya ya?

    Reply
  2. bangsaid

    @Mas Kaget
    Sama aja koq mas WAMP server dg Xampp πŸ˜€ MungKin proses Instalasi Wamp memang tdk seribet Xampp. Oya, masa berat siy? Ini saya akses lewat HP ga ada masalah.

    Mohon report yg lain jg, apa juga merasa berat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *