Indahnya Panorama Bangka Belitung

By | January 7, 2011

Belum bannyak yang tahu, bahwa selain Bali dan Senggigi, Wisata Bahari yang luar biasa ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bukan dalam rangka promosi *padahal iya* Salah satu propinsi muda di Indonesia ini menyimpan keindahan alam terutama pantai dan laut yang sangat indah. Saya pun bangga menjadi putra kelahiran propinsi ini meskipun memang sudah hampir 7 tahun saya tinggal di Pulau Jawa.

Kebanyakan orang mengetahui Bangka Belitung setelah Artika Sari Devi menjadi Puteri Indonesia tahun 2004. Itu pun belum banyak yang paham tentang wisata baharinya. Keindahan Panorama Bangka Belitung mulai dikenal sejak boomingnya film Laskar Pelangi. Boleh dikatakan, gara – gara film ini banyak yang terpesona dengan pantai – pantai di Bangka Belitung.

Tak pelak, karena Laskar Pelangi lah kemudian greget memajukan wisata oleh pemerintah propinsi mulai terlihat. Berbagai spanduk promosi, hingga pencanangan Visit Babel Archipelago 2010 dijadikan program utama untuk menggaet wisatawan baik asing maupun lokal. Sebagai putra daerah, wajar jika saya ikut mempromosikan tanah kelahiran saya ini.

Secara garis besar, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari 2 pulau besar, yakni Bangka dan Belitung. Selebihnya juga banyak pulau – pulau kecil di bagian barat (berbatasan dengan selat Karimata/ Kalimantan), bagian utara yang berbatasan dengan propinsi kepulauan Riau (Batam dan sekitarnya), juga pulau kecil di Selat Bangka antara pulau Bangka dan Sumatera (Palembang).

pada umumnya pantai di Bangka berpasir putih dan halus namun ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi. pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah. beberapa pantai yang terkenal di pulau bangka antara lain:

* Pantai Parai Tenggiri
* Pantai Matras
* Pantai Tanjung Pesona
* Pantai Rebo
* Pantai Batu Berdaun
* Pantai Pasir Padi
* Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
* Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
* Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan
* Pantai Tanjung Kelian,[Bangka Barat, Mentok]
* Pantai Tanjung Ular,[Bangka Barat, Mentok]

Khusus Pulau Belitung merupakan pulau yang indah dengan pasir putih, pemandangan unik dengan pantai pasir putih yang asli dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dan dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Salah satu pantai terbaik dan unik di Indonesia seperti:

* Tanjung Kelayang
* Tanjung Binga
* Tanjung Tinggi
* Pulau Lengkuas
* Pantai Punai
* Pantai Tanjung Pendam

Sebenarnya, tidak hanya wisata pantai yang ada di Bangka Belitung. Ada berbagai macam wisata lainnya yang memang belum cukup populer, bahkan bagi masyarakat Bangka Belitung Sendiri. Wisata – wisata tersebut misalnya :

* Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
* Wisma Ranggam Mentok
* Rumah Mayor Mentok
* Mesjid Jami’ di Mentok
* Tangga Seribu Mentok
* Museum Timah Pangkalpinang
* Mesjid Jami’ Pangkalpinang
* Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
* Taman Pha Kak Liang di Belinyu
* Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
* Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
* Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung
* Gua Maria di Belinyu, dan lain – lain

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Propinsi yang terkenal dengan julukan “Negeri Laskar Pelangi” ini? Saya tungggu kedatangan teman – teman :). Semoga di lain kesempatan saya bisa berbagi lebih banyak tentang wisata Bangka Belitung melalui blog ini.

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang

Lapangan Golf Girimaya, Pangkalpinang

Lapangan Golf Girimaya, Pangkalpinang

Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang

Parai Tenggiri, Sungai Liat

Parai Tenggiri, Sungai Liat

Clip to Evernote

15 thoughts on “Indahnya Panorama Bangka Belitung

  1. indobrad

    Wah, kalau Bangka sih identik dengan masa kecil saya karena saya menghabiskan waktu TK di Mentok. Adik saya bahkan lahir di sana. Bang Said asalnya dari kota mana?

    Sekarang saya pengen ke Bangka lagi. Belitung jugalah. hehehe

    Reply
  2. bangsaid

    Wah.. Om sudah menjelajah kemana saja?
    Saya di besar di Koba. SMA di Pangkalpinang, lalu lanjut kuliah ke Tangerang 😀

    Berapa lama tinggal di Mentok?

    Reply
  3. Darin

    Woow, fantastis bener! 😀

    Harusnya pemerintah lebih serius mengelola sektor pariwisata. Begitu banyak spot2 di negri ini yg belum terolah dgn baik, ya, seperti Babel yang eksotis ini.

    Reply
  4. Kaget

    Temen2 saya bilang Bangka belitung itu surga bagi wisatwan negeri tetangga, tapi saya belum sempat kesana.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge